5 Tahapan Design Thinking

Seoarang penjahit yang bertugas memperbaiki atau membuat pakaian . Dapat kia lihat Penjahit tersebut tidak langsung mengambil kesimpulan sendiri dengan skill yang dia punya , akan tetapi ia memerlukan permasalahan yang ada pada pakaian tersebut seperti berapa ukuran pakaian yang pas dengan pemiliknya , atau membuat kantong baru agar menambahkan fungsi dari pakaian tersebut.

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa seorang designer juga memerlukan tahap penyelesaian masalah seperti kasus diatas

Berikut 5 tahap Design thinking pada:

1. Emphatize

Pada tahap ini, merupakan pendekatan kepada pelanggan. Apa yang mereka inginkan dan anda bisa langsung menemui mereka di tempat, bertemu mereka, dan Anda harus menjadi mereka , dengan begitu anda akan merasakan permasalahan pada pelanggan tersebut .

2. Define

Pada tahap Define , Anda akan menggabungkan semua permasalahan yang kamu dapatkan pada tahap Emphatize . Sehingga tahap ini merupakan tahap yang sangat penting untuk anda dan pelanggan sebagai tahap kesimpulan dari semua masalah yang anda dapatkan.

3. Ideate

Ideate Merupakan tahapan anda menemukan penyelesaian dari permasalahan-permasalahan yang sudah kamu tetapkan pada tahap define . Mencari ide yang banyak merupakan kewajiban anda sebagai seoarang analis designer , karena pada tahap ini akan menjadi penentu dari tahap-tahap sebelumnya .

Baca Juga :  17 Situs Inspirasi Warna Terbaik Untuk Seorang Designer

4. Prototype

Pada tahap ini anda akan membuat gambaran aplikasi yang akan anda kerjakan . Gambaran aplikasi tersebut tentunya harus terdapat ide-ide yang menjadi penyelesaian masalah pada tahap-tahap sebelumnya Sehingga pada tahap ini anda harus betul-betul melakukan koreksi dengan teliti agar dapat melakukan perbaikan lagi pada Prototype nya.

5. Testing

Pada Tahap terakhir ini anda akan melakukan pengujian terhadap produk yang anda kerjakan kepada pelanggan , hal ini akan menentukan keberhasilan anda melakukan semua tahapan design thinking .

Pada tahap ini jika pelanggan menemukan permasalahan pada produk tersebut , maka anda harus kembali pada tahap yang mungkin bisa menyelesaikan masalah tersebut , yaitu pada tahap Emphatize atau Define.

Dutormasi

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga :  WAJIB tau ! 4 Extension Google untuk para Designer