program Java Deret Fibonacci Menggunakan Pendekatan Bottom-Up dan Loop

0
program Java Deret Fibonacci Menggunakan Pendekatan Bottom-Up dan Loop
program Java Deret Fibonacci Menggunakan Pendekatan Bottom-Up dan Loop

Dutormasi.com – Deret bilangan fibonacci adalah serangkaian deret angka yang susunan angkanya merupakan penjumlahan dari dua angka sebelumnya seperti (0,1,1,2,3,5,8,13,21,…dst).¬† Rumus deret Fibonacci¬† ini bisa ditulis sebagai berikut N = N-2 + N-1, artinya suku ke-n perupakan penjumlahan dari dua suku sebelumnya.

Selain itu, dalam penggunaan loop for pada program deret Fibonacci, kita juga dapat menggunakan pendekatan bottom-up, yaitu dengan menghitung nilai-nilai deret Fibonacci dari indeks ke-0 hingga indeks ke-n secara berurutan. Pendekatan ini lebih efisien karena kita tidak perlu menghitung kembali nilai-nilai deret Fibonacci yang sudah dihitung sebelumnya.

Berikut ini adalah contoh program deret Fibonacci menggunakan pendekatan bottom-up dan loop for:

import java.util.Scanner;

public class Fibonacci {
  public static void main(String[] args) {
    int n;
    Scanner input = new Scanner(System.in);

    System.out.print("Masukkan indeks: ");
    n = input.nextInt();

    int[] fib = new int[n+1];
    fib[0] = 0;
    fib[1] = 1;

    for (int i = 2; i <= n; i++) {
      fib[i] = fib[i-1] + fib[i-2];
    }

    System.out.println("Nilai deret Fibonacci pada indeks ke-" + n + " adalah " + fib[n]);
  }
}

Pada program di atas, program meminta pengguna untuk memasukkan indeks pada deret Fibonacci yang ingin dicari nilainya. Kemudian, program membuat array fib dengan ukuran n+1 dan menginisialisasi nilai pada indeks ke-0 dan ke-1 dengan nilai 0 dan 1.

Baca Juga :  Program Array pada Java | Pengertian dan Contoh Array

Program kemudian melakukan loop for dari indeks ke-2 hingga indeks ke-n, dan menghitung nilai pada setiap indeks dengan menjumlahkan nilai pada indeks sebelumnya dan indeks sebelumnya dari indeks sebelumnya pada array fib. Setelah loop selesai dijalankan, nilai pada indeks ke-n merepresentasikan nilai deret Fibonacci pada indeks tersebut.

Program terakhir menampilkan nilai deret Fibonacci pada indeks ke-n menggunakan System.out.println("Nilai deret Fibonacci pada indeks ke-" + n + " adalah " + fib[n]); pada baris ke-14.

Penutup

Itulah program Java Deret Fibonacci Menggunakan Pendekatan Bottom-Up dan Loop. Semoga bermanfaat bagi kamu yang baru belajar bahasa pemrograman java.