Dutormasi.com – Sebagian besar pegguna Windows, menutup setiap file dan program yang dijalankan, adalah sebuah keharusan sebelum kita mematikan PC atau laptop. Namun, bagaimana nih jika kita pengen cara lain yang dapat digunakan untuk mematikan laptop tanpa harus menutup semua program yang telah dijalankan.

Salah satu fitur yang Microsoft tawarkan adalah fitur sleep dan hibernate. Fitur tersebut membuat kita dengan mudah mematikan PC atau laptop tanpa harus menutup program dan file yang dijalankan satu per satu.

Namun, Microsot menghilangkan salah satu opsi fitur tersebut saat meluncurkan update Windows 10 terbaru. Tapi kabar baiknya, kita dapat dengan mudah memunculkan kembali pilihan opsi fitur tersebut.

Apasih itu Hibernate?

Hibernate merupakan fitur yang menggabungkan modus Shut Down dan Sleep yang didesain khusus untuk pengguna laptop. Saat kamu memilih opsi Hibernate ini, maka PC atau laptop kamu akan secara otomatis menyimpan keadaan PC kamu (seluruh program dan file yang sedang di buka) ke hardisk dan kemudian mematikan PC dan laptop kamu.

Baca Juga :  Cara Mengganti Nama Penulis (Author) di Microsoft Excel

Jadi saat kembali dinyalakan, seluruh program dan file dokumen yang sudah dibuka sebelum kamu Hibernate, akan muncul kembali.

Bagaimana Cara Memunculkan Kembali Opsi Hibernate?

Nah setelah kamu sudah mengetahui fungsi dari hibernate, maka selanjutnya bagaimana cara memunculkan opsi hibernate tersebut.

Berikut adala Langkah-langkah yang harus kamu lakukan :

1. Klik Ikon Cortana (Kotak Pencarian) yang berada di taskbar, kemudian ketik Control Panel. Maka hasil pertama kamu temukan adalah pengaturan control panel.

2. Setelah diklik, maka akan muncul jendela Control Panel. Pilihlah System and Security.

3. Di jendela halaman berikutnuya, kliklah tautan yang bertuliskan Change what the power buttons do pada pilihan Power Options.

4. Kemudian klik tautan yang bertulikasn Change settings that are currentlu unavailable. Gulir jendela ke bawah untuk menemukan shutdown settings. Kliklah kotak yang ada di samping Hibernate , maka kotak akan terceklis.

5. Setelah itu, tinggal klik Save Changes. Dan selesai

Bagaimana sangat mudah bukan? Semoga dengan artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat dan salam Dutormasi!

Baca Juga :  Perbedaan Coding dan Programming? | 2021