Apa Perbedaan Bahasa Pemrograman dan Bahasa Mark Up? | 2021

Dutormasi.com – Halo sahabat dutormasi. Kembali lagi di artikel yang memberikan banyak manfaat. Kebanyakan orang pasti masih bingung dengan perbedaan bahasa pemrograman dan bahasa mark up. Banyak yang masih mengatakan bahwa bahasa HTML itu masuk kedalam bahasa pemrograman padahal HTML itu masuk kedalam kategori bahasa Mark Up. Sebenarnya apasih perbedaan di antara keduanya. Yuk mari kita simak sama-sama.

1. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah suatu bahasa yang berisi perintah yang memerintahkan kepada komputer untuk menjalankan suatu program. Pemrograman biasanya terbagi dua yaitu: Bahasa tingkat rendah dan bahasa tingkat tinggi. Bahasa tingkat tinggi biasanya menggunakan bahasa inggris. Adapun bahasa tingkat tinggi yang sering developer gunakan yaitu seperti: C, C++, Java, Phyton dll. Sedangkan bahasa tingkat rendah biasanya ramah dengan bahasa mesin. Bahasa ini biasanya yang langsung terjun untuk berinteraksi dengan perangkat keras. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah bahasa Assembly, bahasa ini tergolong sulit karena harus memiliki kemampuan pengetahuan arsitektur tentang komputer.

Baca Juga :  7 Text Editor Terbaik dan Terpopuler Tahun 2019

2. Bahasa Markup

Bahasa Markup adalah bahasa yang berisi tag untuk mendefinisi elemen pada dokumen. Markup tidak bisa melakukan perintah suatu program. Markup dirancang untuk membuat struktur agar data dapat ditampilkan dengan baik. Adapun contoh bahasa Markup seperti HTML dan XML. bahasa ini hanya berfungsi sebagai kerangka dari sebuah tampilan.

Selanjutnya, berikut adalah perbedaan yang mencolok antara kedua bahasa tersebut antara lain:

  1. Pemrograman dapat melakukan aturan logika dan penkondisian, sedangkan bahasa markup hanya berupa tag untuk mendefinisikan kernagka tampilan.
  2. Bahasa Pemorgraman dapat membuat variabel, kondisional dan statement, sedangkan bahasa Markup tidak melakukan hal tersebut.
  3. Bahasa Pemrograman ditujukan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas tertentu dan bahasa Markup hanya ditujukanuntuk memberi informasi.
  4. Contoh Bahasa Pemrograman yaitu C++, Java, Phyton, Dart dan masih banyak lagi yang lain, sedangkan bahasa Markup terdiri dari HTML, XML, XHTML dan sebagainya.

Berikut adalah perbedaan Pemrograman dan Markup. Bahasa ini sangat berbeda jika kita memang paham strukturnya. Tetapi untuk orang awan ini cukup membingukan karena sama-sama dapat diedit di code editor dan IDE yang sama. Semoga postingan ini dapat membuat teman-teman paham tentang perbedaan Pemrograman dan Markup.

Baca Juga :  Pengertian Flashdisk beserta Fungsi, Cara Kerja, Sejarah , Kelebihan dan kekurangannya

DUTORMASI

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami dan klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.