Dutormasi.com – Halo sahabat dutormasi, kembali lagi kita berjumpa di postingan yang bermanfaat. Pada kesempatan kali ini kita akan melakukan bersih-bersih pada Windows 10. Pembersihan ini akan membuat laptopmu akan lancar seperti saat pertama kali menginstal ulang Laptop kamu. Beberapa cara tersebut kita tidak perlu melakukan instal ulang jadi kamu tidak perlu pusing data takut hilang dikarenakan install ulang. Berikut ini tips bersih-bersih agar System Windows lancar dan tidak lelet lagi.

1. Keep My Files

Fitur Keep My Files ini akan menginstall ulang atau lebih disebut mereset ulang sistem komputer. Tetapi dia akan tetap mempertahankan semua data pribadi. Cara ini akan memudahkan kamu jika takut melakukan install ulang. Caranya yaitu pergi ke menu Start -> Setting ->Pilih Update and Security -> Recovery dan pilih -> Get Started lalu tinggal pilih Keep My Files untuk tetap menyimpan file pribadi kita.

2. Restore Point

Fitur ini akan mengembalikan komputer ke versi pabrik. Jika kalian pernah melakukan backup secara berkala maka fitur ini akan mengembalikkan settingan seperti disaat kamu melakukan backup data tersebut. Cara ini cukup terbilang mudah karena tidak perlu melakukan reset pada System. Caranya yaitu pergi ke Start -> ketikkan Restore Point -> pilih System Restore.

Baca Juga :  3 Situs kontes design yang patut dicoba

3. Uninstall Program

Kalian pasti punya beberapa sistem yang tidak penting. Pada kondisi seperti ini hapuslah aplikasi yang tidak penting karena ini dapat memberatkan sistem pada komputer kamu. Dengan menghapus File yang tidak pernah digunakan ini akan meningkatkan kinerja komputer kamu. Caranya adalah Start ->ketikkan Remove Program -> klik program yang akan di uninstall -> pilih Uninstall.

4. Registry

Kalian tidak bisa menghapus sembarangan Registry. Dengan begitu kalian perlu aplikasi pembantu seperti Registry freeware untuk mengindentifikasi yang mana registry yang perlu dihapus maupun yang tidak boleh dihapus. Dengan begitu kita terhindar dari system yang error.

5. Program StartUp

Cara berikut adalah mematikan Program yang dijalankan sewaktu melakukan booting. Pernah merasa lama menunggu saat menghidupkan komputer? Bisa jadi ini adalah salah satu penyebab masalah tersebut. Caranya yaitu buka Task Manager / CTRL+Shift+Esc -> kemudian cari tab Startup -> pilih program yang ingin di disable -> Pilih Disable.

Bagaimana caranya cukup mudah bukan? Cara berikut buat teman-teman yang ingin performa laptop yang lancar tetapi masih takut untuk melakukan install ulang. Walaupun performa tidak akan 100% seperti baru diinstall ulang tetapi cukup untuk meringankan kinerja komputer kamu. Semoga bermanfaat dan Salam Dutormasi.

Baca Juga :  Inilah pengertian Linux dan Alasan Kenapa Programmer Lebih Memilih Sistem Operasi Linux

DUTORMASI

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami dan klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.