Dutormasi.com – Halo sahabat Dutormasi. Kembali lagi di postingan yang memberikan manfaat. Kita sudah di penghujung tahun dan masih belajar online kan? Sudah beredar kabar bahwa nanti kita sudah mulai belajar tatap muka. Tetapi selagi menunggu kuliah tatap muka jangan sampai tidak serius dalam belajar online ya. Pada kesempatan kali ini kita akan bagikan 5 Tips efektif belajar Online.

Beberapa dari kita mungkin merasa bahwa Belajar online ini sesuatu yang kurang penting bukan? Mulai dari belajar online, meeting, ujian, UTS, bimbingan semua dilakukan dengan online. Karena kurangnya pengawasan kita jadi kurang antusias untuk mengikuti pelajaran. Karena itu beberapa tip yang kita bagikan ini dapat membantu kamu lho untuk semangat belajar online ini. Apa-apa saja yuk kita simak bersama.

1. Bersiap-siap

Tidak hanya belajar di sekolah saja butuh persiapan. Sekolah online juga butuh persiapan, kita dapat contohkan saja seperti mandi di pagi hari. Selain membuat badan menjadi fresh pikiran juga ikut terbawa fresh. Jika perlu sebelum itu lakukan olahraga ringan agar tidak cepat merasa lelah. Dengan begitu, pelajaran mudah dipahami.

Baca Juga :  Fitur Terbaru Whatsapp untuk Membatasi Undangan Grup yang Tidak diinginkan

2.Tempat Nyaman

Ingin fokus belajar online harus menyiapkan tempat yang nyaman pula. Siapkan satu tempat untuk kamu bisa fokus dalam belajar, Jauhkan dari semua gangguan yang bisa merusak konsentrasi kamu. Dengan adanya tempat khusus ini juga dapat meningkatkan minat belajar tambahkan musik-musik ringan untuk mengiringi pembelajaran mu. Tetapi tidak disarankan saat meeting online ya.!!

3. Jauhkan Distraksi

Sering terpancing karena suara notif Social Media? sebaiknya hindari hal-hal seperti itu saat belajar online. Matikan data atau ubah ponselmu menjadi mode pesawat. Social media adalah salah satu distraksi paling utama setelah membukanya. Karena menurut data jika seseorang membuka social media hanya sekedar mencari hiburan dan biasanya lupa akan waktu. Instal aplikasi focus jika perlu untuk membantu mu fokus dalam belajar.

4. Bersihkan Tempat Belajarmu

Jika tidak dalam keadaan meeting online, kamu boleh untuk memakan cemilan kecil untuk tidak terlalu stress dalam belajar. Tapi ingat selalu jaga kebersihan di tempat belajarmu. Jika perlu bersihkan tempat belajarmu agar nyaman dalam belajar online. Jangan sampai serangga maupun bau menyengat mengganggu aktivitasmu.

Baca Juga :  24 Fungsi Tombol Keyboard yang jarang diketahui

5. Semangat

Salah satu bagian terpenting sebelum memulai belajar online. Semangat inilah yang akan membuat semua pelajaran begitu mudah, Sebelum memulai pelajaran pastikan kamu sudah siap dan termotivasi untuk belajar. Tidak ada lagi burnout yang akan menghalangi aktivitas belajarmu.