5 Warna Dasar Dalam Ilmu Psikologi Pada User Interface

Dutormasi.com – Hallo Sobat Dutormasi . Jadi pada artikel kali ini , kami bakal berbagi pengetahuan umum tentang 5 psikologi warna dan maknanya dalam UI. Dalam membuat sebuah desain , butuh ketepatan warna dasar dan campuran yang pas untuk menghasilkan suatu karya seni desain yang sangat luar biasa . Sehingga terbentuk kolaborasi yang tepat antara warna , tata letak layout dan lain-lain.

Bukannya Tata letak yang bagus sudah membuat desain terlihat menarik? Tentu tidak . Bukan hanya teknologi saja yang semakin berkembang , tetapi kolaborasi dan campuran warna juga semakin hari semakin berkembang . Banyak campuran-campuran warna yang menghasilkan warna-warna baru.

Selain itu Warna juga sangat berpengaruh untuk semua user . Karena UI Designer harus meneleti dan memahami Behavior dari setiap user . Dan Penepatan warna dalam desain sangat mempengaruhi suasana hati seorang user .

Berikut 5 Arti dan makna warna yang bisa kamu jadikan referensi untuk menggambarkan desain mu:

HITAM

Psikologi Warna pada dunia desain

Hitam menggambarkan sosok yang sangat kuat dan pemberani . Akan Tetapi gabungan dari beberapa warna harus maksimalkan agar tidak terkesan gelap dan tidak mempunyai makna . Campuran dari beberapa warna tersebut bertujuan agar warna hitam lebih terlihat lebih elegan.

Baca Juga :  Desainer vs Illustrator, Apa saja perbedaan Desainer dan Illustrator?

PUTIH

Psikologi Warna pada dunia desain

Banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari kita melihat warna putih dan selalu dipandang positif (suci) . Oleh karena itu banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menggunakan warna putih sebagai warna dasar dari aplikasi yang mereka buat , agar user mendapatkan feel dan mood yang bagus .

BIRU

Psikologi Warna pada dunia desain

Warna biru dapat tergolong warna yang terkesan tenang dan aman , Seperti lautan dan langit yang indah . Namun penggunaan warna biru yang berlebihan tidak bagus untuk sebuah desain . Biru memerlukan warna capuran yang mampu membuatnya terlihat classic dan bernilai lebih, Seperti warna putih sebagai warna dasarnya.

KUNING

Psikologi Warna pada dunia desain

Kuning sangat identik dengan warna yang cerah dan bersahabat . Kebanyakan aplikasi menggunakan warna ini untuk mengikat dengan warnanya ketika sedang melakukan promo besar-besaran , atau untuk menu item terlaris pada umumnya.

MERAH

Psikologi Warna pada dunia desain

Sering kali kita mendengar warna merah terkesan dengan hal-hal yang berbahaya dan agresif . Akan tetapi jika kita memaknakan warna tersebut dengan benar , warna ini akan bernilai sangat penting dan mampu memberikan kekuatan yang sangat luar biasa.

Baca Juga :  Perbedaan, Tujuan, Elemen, Tools , dan skill yang dibutuhkan dalam UI / UX

Dutormasi

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.