Setelah kita mempelajari Cara membuka Microsoft Word dan Membuat File Dokumen Baru dengan bermacam-macam metode, maka kali ini kiata akan membahas cara membuka file dokumen yang telah kita buat pada MS Word. Tujuannya tentu untuk mengedit kembali file dokumen yang telah kita buat. Baik itu mau menambahkan sesuatu atau menghilangkan sesuatu yang ada pada dokumen.

File MS Word memiliki format bermacam-macam. Bagi pengguna aplikasi versi lama seperti MS Word 2003 dan sebelumnya, format file yang populer adalah doc. Sedangkan untuk Word 2007 dan versi setelahnya, format yang populer adalah docx. Selain doc dan docx, aplikasi ini juga dapat menyimpan dan membuka dot, rtx, dotx, txt maupun odt.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuka dokumen MS Word. Mulai dari cara lambat hingga cara yang lebih cepat. Bahkan di materi ini kita akan membahas cara membuka file word yang dipassword. Mari kita mulai dengan cara yang lambat terlebih dahulu.

Baca Juga :  Cara Membuka Microsoft Word dan Membuat File Dokumen Baru dengan Mudah

Membuka File Word Melalui Aplikasi Microsoft Word

Cara ini terbilang cukup lambat karena kita harus embuka aplikasiya terlebih dahulu. Kemudian menggunakan menu File > Open untuk mencari lokasi dokumen.

Berikut adalah cara membuka file Word atau docx melalui aplikasi MS Word

  1. Buka aplikasi MS Word seperti yang telah dijelaskan di materi sebelumnya.
  2. Setelah aplikasi terbuka, klik Open untuk menampilkan halaman Open backstage view. Ada tips lain untuk membuka jendela open tersebut yaitu dengan memanfaatkan tombol keyboard komputer Cukup CTRL dan O secara bersamaan maka kalian akan langsung dibawa menuju halaman Open Backstage View.
  3. Klik tombol Browse, untuk menampilkan kotak dialog file explorer.
  4. Di dalam kotak dialog tersebut, cari di mana file anda disimpan lalu pilih file tersebut.
  5. Lalu klik tombol Open. Maka dokumen yang telah kalian pilih tersebut akan otomatis terbuka dan kotak dialog akan otomati tertutup.

Membuka File Word dari Windows File Explorer

Cara ini lebih singkat yaitu dengan langsung membuka dokumen kita dari folder tempat file tersebut disimpan. Dengan cara ini kita tidak perlu membuka aplikasi Word terlebih dahulu.

Baca Juga :  Bagian-Bagian dan Tempilan pada Microsoft Word Beserta Fungsinya

Berikut ini adalah cara membuka file dokumen MS Word dari file explorer

  1. Buka File Explorer atau Windows Explorer. Bisa dengan cara klik kanan tombol Start lalu klik File Explorer. Atau lebih cepatnya dengan cara tekan tombol logo Windows dan E secara bersamaan.
  2. Setelah terbuka, maka cari file doc, docx atau dokumen lain yang ingin dibuka.
  3. Klik 2x file tersebut. Maka dokumen akan langsung terbuka.

Membuka File MS Word yang dipassword

Tujuan seseorang memberi password pada file MS Word adalah untuk memproteksi atau mencegah dokumen diedit orang lain. Jadi hanya orang-orang yang mengetahui password tersebut yang bisa membukanya.

Berikut ini adalah cara membuka file word yang dipassword atau di protect

  1. Pertama, buka file yang ada passwordnya dengan cara 1 atau 2 seperti yang telah dijelaskan di atas. Maka kotak dialog password yang langsung muncul ketika file dibuka.
  2. Kemudian ketik password untuk membuka file tersebut.
  3. Setelah password terisi, klik tombol OK. Maka kita dapat melihat dan mengedit file tersebut.
  4. Apabila ada dokumen yang diproteksi sehingga tidak bisa diedit akan muncul jenela Restrict Editing di sebelah kiri, Untuk bisa memodifikasinya tinggal klik Stop Protection. Lalu masukkanlah password pada kotak dialog Unprotect Document. Maka file sudah bisa dimodifikasi atau diedit kembali.
Baca Juga :  Cara Menyimpan File Dokumen pada Microsoft Word

Penutup

Setelah mengetahui cara membuka file docx atau doc, kita bisa mulai mengedit dokumen sesuai keinginan kita. Penggunaan password pada dokumen Word sangat cocok untuk jenis dokumen yang bersifat rahasia. Sehingga hanya orang yang mengetahui password sajalah yang dapat membuka dan mengedit file ms Word.