Dutormasi.com – Program pada aplikasi Microsoft Word adalah salah stu aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan dan diminati di dunia. Karena mempunyai banyak fitur-fitur dengan tampilan yang sangat mudah digunakan (user friendly). Sehingga software ini dapat membantu pengguna memudahkan dalam pengoperasiannya.

Sebelumnya kita telah mengetahui pengertian Microsoft Word pada artikel lainnya, kita juga tentunya juga harus mengetahui bagian-bagian Microsoft Word. Agar kita bisa mengoperasikan aplikasi dan belajar MS Word dengan mudah. Pada kali ini dutormasi akan menggunakan tampilan Microsoft Word 2019. Namun sebenarnya bagian-bagian dari tampilan ini tidak akan jauh berbeda dengan Word 2007, 2010, 2013 dan 2016.

Sumber : itkoding

Berikut ini tampilan dan bagian-bagian Microsoft Word beserta fungsinya :

1. Quick Access Toolbar (Toolbar Akses Cepat)

Toolbar akses cepat dapat kita temukan atau berada di pojok kiri atas jendela. Toolbar ini memiliki 3 tombol yang berbentuk icon yaitu tombol save, Undo & Redo serta Customize Quick Access Toolbar.

Fungsi toolbar akses cepat :

  • Save, untuk menyimpan setiap perubahan yang ada pada file dokumen
  • Undo, untuk membatalkan atau mengembalikan perubahan file dokumen yang terakhir. Terlihat tombol panah mengarah ke bawah untuk melihat setiap daftar perubahan file yang telah dilakukan.
  • Redo, untuk mengembalikan pembatalan apabila kita telah melakukan perubahan file dokumen yang terakhir.
  • Costumize Quick Access Toolbar, untuk mengkostumisasi atau kita bebas mengatur tombol yang ada pada toolbar akses cepat sesuai dengan kebutuhan pengguna inginkan.

2. Title Bar (Baris Judul)

Title bar merupakan bagian pada Microsoft Word yang berada di tengah paling atas aplikasi saat MS Word dibuka. Title bar berfungsi untuk menampilkan nama dokumen dan jenis dokumen yang sedang dibuka atau aktif pada bagian atas jendela aplikasi. Jika kita membuka file baru dan belum diberi nama maka dokumen secara default Bernama Document1, Document2, dan seterusnya.

Baca Juga :  Pengertian Microsoft Word Serta Fungsi, Sejarah dan Versi Tiap Tahunnya

Dan tidak hanya itu sajam fungsi title bar yang lain juga bisa digunakan untuk memindahkan aplika secara kesuluruhan dengan cara drag and drop menggunakan mouse.

3. Window Management (Kontrol Jendela)

Window Management dapat kita lihat di sudut kanan atas jendela dan terdiri atas 4 tombol. Fungsi pada masing-masing tombol tersebut antara lain :

  • Close, digunakan  untuk menutup jendela MS Word
  • Restore Down, digunakan untuk memperkecil jendela
  • Maximize, digunakan untuk menampilkan dan memperbesar jendela secara full
  • Minimize, digunakan untuk memperkecil jendela word dan menjadi icnon aktif pada taskbar
  • Ribbon Display Options, digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar ribbon, terdapat beberapa pilihan pengaturan yang bisa kita sesuaikan.

Ohh iyaam jika jendela MS Word dalam ukuran norma, maka tombol restore akan berubah menjadi tombol Maximize, dan begitu juga sebaliknya.

4. Ribbon

Ribbon adalah kumpulan menu bar yang memiliki tombol-tombol perintah pada MS Word dan telah dikelomppokan sedemikian rupa berdasarkan fungsi masing-masing untuk memudahkan penggunanya. Fungsi ribbon ini adalah untuk mengelompokkan fitur-fitur dari MS Word yang kemudian ditampilan secara teratur agar mudah diakses.

Di dalam ribbon terdapat beberapa bagian lain yaitu :

  • Menu bar, adalah barus menu utama yang ditampilkan secara mendatar di bawah title bar. Fungsi dari menu bar ini adalah untuk mengelompokkan menu berdasarkan dari kegunaannya. Menu pada Microsoft Word secara default teridiri dari 10 menu. Diantaranya adalah menu Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View dan Help.
  • Tombol pembuka dalog box, ada beberapa menu perintah yang memiliki tombol pembuka dialog box ini. Klik pada tombol terssebut sehingga akan tampil dialog box yang berhubungan dengan menu perintah tersebut.
Baca Juga :  Cara Menyimpan File Dokumen pada Microsoft Word

5. Ruler (Penggaris)

Ruler merupakan fitur pengukur pada halaman yang berfungsi untuk mengatur tata letak halaman baik itu teks maupun pada objek (gambar, table dan sebagainya). Dengan memanfaatkan fitur ini kita dengan mudah bisa mengetahui dan mengatur batas halaman, tabulasi, jarak teks dengan tepi halaman maupun dengan objek lainnya.

Letak itu sendiri biasanya terdapat di atas lembar halaman yaitu tepat dibawah ribbon. Tapi selain itu kita juga bisa menampikan ruler di samping halaman MS Word.

6. Worksheet (Lembar Kerja)

Jika kita membuka dokumen baru dan terlihat lembaran halaman berwarna putih maka itu adalah Worksheet. Worksheet biasa juga disebut sebagai lembar kerja, workspace atau teks area pada Microsoft Word. Worksheet dapat diibaratkan seperti kanvas. Bagian ini merupakan letak dimana untuk mengetik, mengedit, menambahkan gambar dan pekerjaan lain sesuai dengan kebutuhan kita.

7. Kursor

Sebelum kita menulis di lembar dokumen MS Word yang baru, kita akan melihat tanda garis tegak yang berkedi-kedip. Letaknya berada pada kiri atas worksheet. Kursor ini berfungsi untuk menunjukkan posisi pengetikkana tau posisi interaksi dengan layar saat ini. Ketika kita mengetikkan sesuatu maka teks akan keluar di lokasi kursos tersebut.

Kita bisa memindahkan kursor kita dengan menggerakkan mouse kemanapun yang kita inginkan. Misalnya untuk mengedit teks yang telah kita tulis.

8. Status Bar

Status bar terdapat pada bagian kiri paling bawah di jendela MS Word. Fungsi dari status bar adalah untuk menampilkan informasi secara real time mengenai perintah yan sedang aktif pada dokumen yang sedang dibuka. Informasi tersebut antara lain adalah :

  • Page … of …, menunjukkan jumlah total halam yang sedang ditampilkan dan pada halaman berupa (kursor) anda aktif.
  • … Words, menunjukkan jumlah kata yang ada pada dokumen.
  • English (United States), yaitu Bahasa yang digunakan pada MS Word tersebut maupun sebagai pengejaan kata (splling) terhadap teks yang diketik.
Baca Juga :  Cara Membuka File Dokumen MS Word (docx, dot dan doc)

9. Page View (Tampilan Halaman)

Bagian jendela yang satu ini terdapat pada pojok kanan paling bawah di ms word. Letaknya sebars dan bersebelahan dengan status bar. Secara default tampilan yang terlhihat pada layar kita adalah tampilan print layout. Bisa kalian lihat pada gabar tersebut bahwa tampilan print layout sedang aktif.

Pada toolbar Page View ada 5 macam pilihan tampilan yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Masing-masing mempunya fungsi tersendiri bagi penggunannya. Berikut lebih jelasnya apa perbedaan dari masing-masing tampilan di MS Word tersebut:

  • Read Mode, mode ini menampilkan halaman dokumen menjadi satu tampilan terdapat 2 lembar halaman secara berdampingan seperti layakna buku yang dijilid.
  • Print Layout, mode ini berfungsi untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari dokumen dan menampilkan tata letak halaman. Sehingga dapat memudahkan pengguna Ketika dokumen henda dicetak (di print).
  • Web Layout, mode ini berfungsi untuk menampilkan halaman dokumen seperti tampilan pada website. Dengan mengklik ini, halaman dokumen akan nampak melebar jika kalian memilih tampilan ini.
  • Slider zoon in & zoom out, untuk mengatur perbesaran atau pengecilan tampilan halaman dokumen dengan cara menyeret ke kiri unutk zoom out (atau dengan klik tombol +) sedangkan seret ke kanan zoom in (atau klik tombol ).

Bagaimana, apakah kalian sudah mengenal betul nih bagian-bagian jendela dari ms word? Tentu dengan postingan ini kita dapat mempelajari dan mencoba satu-persatu setiap menu yang ada maka kita akan terbiasa menggunakannya.

Semoga bermanfaat dan salam Dutormasi!!