Dutormasi.com – Dalam dunia jaringan wesbite optimalisasi situs agar mendapatkan banyak pengunjung sudah sangat umum dengan prosedur SEO (Search Engine Optimization). Tujuan dasar dari sebuah website dibuat adalah promosi dan atau menunjukkan eksistensi perusahaan kita dimata publik melalui media website.

8 Tools SEO dari Google untuk Meningkatkan Traffic dan Bisnis Digital Anda

Search engine mengambil 90 persen dari semua lalu lintas web. Dan sebagian besar pencarian bahkan jutaan hanya memilih salah satu dari sekian banyak. Jadi apabila situs kita mendapatkan diluar halaman pertama (Page One) maka besar kemungkinan pengunjung yang masuk ke situs anda hanya sedikit, karena banyak pengunjung hanya mencari sampai halaman pertama saja, dan tidak pergi kehalaman kedua dan selanjutnya. Oleh karena itu untuk meningkatkan peringkat website, haruslah menggunakan kata kunci (keyword) yang bernar, hubungan inbound, konten yang efektif dan banyak lainnya.

Ada 8 Tools SEO (Search Engine Optimization) yang disediakan oleh Google, untuk mempermudah kita dalam pencarian kata kunci (keyword) dan konten yang efektif dan populer yang dilihat orang. Berikut 8 Tools tersebut :

1. Google Webmaster Tools

Google webmaster tools merupakan fitur atau fasilitas yang diberikan oleh perusahaan besar Google untuk mempermudah kita dalam penggunaan situs dalam ruang lingkup mesin pencari atau search engine. Dengan adanya Google webmaster tools ini kita dapat mengamati tentang pergerakan dan aktifitas situs kita dalam mesin pencari. Ada banyak yang dapat kita lakukan di webmaster tools, diantaranya adalah :

  1. Fasilitas Konfigurasi
    Dengan adanya fitur konfigurasi ini kita dapat mengatur target geografis sesuai tujuan, URL parameter, tautan situs, pengaturan pengguna Google webmaster, perubahan alamat, dan sebagainya.
  2. Memberi informasi tentang aktifitas situs
    Dengan google webmaster kita dapat mengetahui adanya kesalahan perayapan (crawl) oleh google, kesalahan server dan kesalah server. Bahkan kita juga diberikan grafik tentang kesalah crawl yang dimiliki, mengetahui banyaknya URL website kita yang sudah diindeks Google dan lainnya.
  3. Meningkatkan kualitas dan pagerank situs
    Google webmaster ini mendukung upaya kita dalam meningkatkan pergerakan pagerank. Kita bisa melakukan penyempurnaan HTML dengan menghapus link rusak, duplikat konten, dan memperbaiki judul tag yang hilang.
Baca Juga :  Demokrasi Berselebungkan Otoriter

2. Page Speed Insight

Page Speed Insight merupakan fasilitas yang disediakan oleh google yang digunakan untuk memberikan laporan performa nyata pada halaman website yang kita miliki baik itu dalam perangkat seluler bahkan dekstop, serta memberikan saran dalam meningkatkan performa halaaman tersebut. Skor yang diberikan pada page speed insight ini dimulai dari 0 – 100 dari kedua perangkat tersebut.

3. Google Business

Google business merupakan sebuah tool dari google yang dapat kita gunakan dalam mengelola tampilan bisnis kita di halaman pencarian Google serta Google Maps. Dengan adanya fasilitas Google Business ini membuat pencarian website kamu akan disertai dengan informasi mengenai bisnis tersebut, seperti alamat, jam buka, telepon, layanan , dan lain lain di samping kanan layar pencarian.

4. Google Maps

Google Maps merupakan salah satu fitur google business sebelumnya yang bisa kita dapatkan. Dengan mencantumkan lokasi bisnis kamu di halaman website akan meningkatkan nilai SEO website kamu. Dan tentunya ini harus dikombinasikan dengan skema lokal untuk memberikan Google visibalitas lengkap tentang bisnis apa yang sedang dikerjakan/dijalankan. Saat kita mengelola lokasi pada bisnis kita, maka google akan mengirimkan kode verifikasi ke kantor pos yang kamu daftarkan untuk memastikan itu merupakan bisnis kepunyaanmu.

Baca Juga :  Ponsel TikTok Baru Meluncur dengan Nama Jianguo Pro 3, Harga dan Spesifikasinya!!

5. Google Analytics

Google analytics merupakan salah satu tools yang paling banyak digunakan oleh para blogger dan businessman, karena berfungsi untuk memberikan informas-informasi kepada para webmaster mengenai siapa dan bagaiman seorang pengunjunng memanfaatkan blog/website mereka. Dengan adanya google analytics ini kita dapat mengetahui berapa banyak orang sedang mengakses web kita, keyword apa saja yang paling banyak digunakan, cara kita mendapatkan pengguna, dan sebagainya.

6. Google+ (Google Currents)

Google Currents telah menjadi pengganti Google+ di layanan Gsuite. Google+ dihentikan pada April 2019 lalu. Google Currents adalah aplikasi jejaring sosial yang ditujukan untuk segmen korporasi. Biasanya, suatu perusahaan memang menggunakan satu platform tertentu untuk saling berdiskusi dan berinteraksi. Dengan begitu dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi internal, tanpa perusahaan tersebut membuat platform sendiri. Untuk memulai Google Currents kita terlebih dahulu mendaftarkan Business kita dan memasukkan domain yang kita miliki. Contoh kita memiliki domain dutormasi.com. maka email yang kita buat mridha@dutormasi.com .

7. GSuite (Google Workspace)

Google Workspace atau nama lamanya adalah Gsuite adalah kumpulan alat komputasi awan, produktivitas dan kolaborasi yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Google. Terdapat 3 perbedaan utama yang tampak pada Google Workspace dibandingkan Gsuite, yaitu fitur lebih terintegrasi, identitas brand yang baru, dan penyesuaian kebutuhan para pelanggan. Untuk mendapatkan Google Workspace ini kita dapat berlangganan, terbagi menjadi 3 yaitu business star ($4,20), business standar($9,60) , dan business plus($18).

Baca Juga :  Cara Membuat Folder Baru Windows 7, 8 dan 10 Untuk Para Pemula

8. Google Trends

Google Trends ini dirilis pada tahun 2006 dan samapi saat ini masih terus dikembangakan. Dengan adanya Google Trends ini kita dapat menampilkan tipik yang sedang banyak dibahas, mencari keyword yang sering dipakai, membandingkan beberapa performa dari antar keyword dan lain-lain. Untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization), google trends ini dapat kita gunakan untuk mencari keyword yang pas dan membuat artikel yang sedang banyak dibahas di dunia maupun di negara pilihan kita.

Jadi itulah 8 Tools SEO dari google yang dapat kamu gunakan. Semoga dengan teknik/tools SEO ini diharapkan akan memaksimalkan potensi pada website yang ingin kamu bangun, agar mendapatkan traffic sesuai dengan target marketing dan memurahkan budget pemasaran.

Semoga Bermanfaat dan salam DUTORMASI!!

DUTORMASI

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.