Ada 3 jenis pas foto yang umum atau biasa digunakan di Indonesia yaitu foto 2×3, 3×4 dan 4×6. Masing-masing pasfoto tersebut menggunakan satuan cm (centimeter) ketika dicetak. Foto 2×3 berarti 2cm x 3cm, pas foto 3×4 berarti 3cm x 4cm sedangkan pas foto 4×6 berarti 4cm x 6cm.

Namun apabila kita ukur lebih teliti pada hasil cetak dari studio foto terkadang ukurannya lebih kecil beberapa milimeter atau terkadang lebih besar beberapa milimeter. Benar bukan?

Lalu berapa sebenarnya ukuran resmi dari masing-masing ukuran pas foto tersebut dalam cm, mm, inci dan pixel?

Sebenarnya tidak ada aturan resminya untuk ukuran pas foto saat dicetak atau disimpan. Namun ada sebagian orang mengurangi tiap sisi sebesar 1 mm sebagai frame atau border putih. Dan ada juga yang tidak menggunakan frame putih tersebut, dan sebagainya. Jika kita cari di Internet maka akan ada banyak versi yang bisa kita lihat.

Namun sebagian besar studio foto menggunakan ukuran tersendiri yang cukup populer. Ukuran tersebut tentunya menjadi standar tersendiri di kalangan photo studio. Meskipun demikian tidak semua photo studio menggunakannya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah tabel ukuran masing-masing pasfoto dalam berbagai ukuran satuan cm, mm, inci dan pixel.

Ukuran Pas Foto 2x3, 3x4, 4x6 Sesuai Standar yang Digunakan
Ukuran Pas Foto 2×3, 3×4, 4×6 Sesuai Standar yang Digunakan

Ukuran Pas Foto Sesuai Standar Kalangan Photo Studio

Jenis FotoUkuran cmUkuran mmUkuran inciUkuran pixel (dpi 300)
Pas foto 2×32.16 x 2.79 cm21.7 x 27.9 mm0.85 x 1.11 inch255 x 330 pixels
Pas foto 3×42.79 x 3.81 cm27.9 x 38.1 mm1.11 x 1.50 inch330 x 450 pixels
Pas foto 4×63.81 x 5.59 cm38.1 x 55.9 mm1.50 x 2.20 inch450 x 660 pixels

Dilihat dari tabel ukuran di atas terlihat bahwa foto 3×4 dan 4×6 memiliki ukuran lebih kecil beberapa milimeter dari ukuran aslinya. Hal ini dimanfaatkan untuk menambahkan border putih atau frame di sisi-sisi foto sekitar 1mm. Namun pada foto 2×3 terlihat berbeda dengan yang lainnya. Lebar foto tersebut lebih besar dari ukuran aslinya (lebih dari 2cm). Tapi ukuran diatas juga tidak dapat dijadikan patokan, karna tergantung tempat studio kita saat foto, karna Sebagian juga tidak mengikuti ukuran standar di atas.

Baca Juga :  2 Cara Memindahkan Stiker Telegram ke WhatsApp dengan Mudah

Perlu diketahui Pixel dan DPI adalah 2 hal yang tak terpisahkan. Untuk menggunakan satuan pixel di atas maka kita juga harus mengatur dpi menjadi 300. Jika tidak mengaturnya maka biasanya dpi yang digunakan adalah 72dpi. Jika dicetak langsung maka hasilnya akan berukuran sangat kecil.

Untuk lebih jelasnya beserta cara menggunakan ukuran di atas, cara menyimpan dan mencetaknya mari kita bahas satu-persatu di bawah ini.

Cara Mengatur Foto 2×3 di Photoshop

Foto 2×3 merupakan jenis pasfoto yang paling kecil di Indonesia. Penggunaannya biasanya untuk keperluan buku nikah. Berikut cara megatur foto 2×3 di Photoshop :


1. Bukalah aplikasi Photoshop di laptop kamu.

2. Klik File > New.

3. Pilih satuan Pixels pada bagian Width dan Height.

4. Masukkan Width = 255. Sedangkan pada Height = 330.

5. Isi Resolution = 300. Pastikan resolusi yang dipilih adalah Pixels/Inch.

6. Lalu klik OK. Maka ukuran kanvas sudah sesuai dengan foto 2×3.

7. Kemudian masukkan foto yang ingin dijadikan pasfoto 2×3 di kanvas tersebut.

Baca Juga :  Cara Pasang Cloudflare Pada Website Kamu

8. Simpan jika kamu sudah selesai mengedit.

Jika kita ingin memperkecil ukuran foto menjadi pasfoto 2×3 maka sebaiknya gunakan aplikasi IrfanView. Aplikasi tersebut sangat ringan dibandingkan Photoshop dan lebih mudah digunakan jika tujuannya hanya untuk memperkecil foto. Atau kamu juga bisa menggunakan situs online untuk memperkecil ukuran foto.

Cara Membuat Foto 3×4 di Photoshop

Foto 3×4 biasa digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari ijazah, untuk melamar kerja, beasiswa dan lainnya. Ikuti cara di bawah ini untuk membuat foto 3×4 di Photoshop:

1. Klik File => New.

2. Pada Width dan Height pilih satuan menjadi Pixels.

3. Masukkan ukuran Width = 330 dan Height = 450.

4. Isikan 300 pada Resolution lalu pastikan memilih Pixels/Inch.

5. Klik Ok maka kanvas baru dengan ukuran 3×4 telah dibuat.

6. Masukkan foto anda pada kanvas tersebut. Atur hingga sesuai keinginan.

7. Simpan hasilnya jika sudah sesuai.

Cara Membuat foto 4×6 di Photoshop

Ini adalah pasfoto yang paling besar dibandingkan lainnya dan terbesar digunakan di Indonesia. Pasfoto 4×6 biasa digunakan untuk keperluan administrasi resmi seperti untuk membuat SKCK, untuk berkas CPNS dan lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Flashdisk beserta Fungsi, Cara Kerja, Sejarah , Kelebihan dan kekurangannya

1. Pertama klik menu File lalu pilih New.

2. Ubahlah satuan menjadi Pixels pada bagian Width dan Height.

3. Isikan 450 pada Width dan 600 pada Height.

4. Pastikan pada bagian Resolution menggunakan satuan Pixels/Inch.

5. Isi 300 pada Resolution.

6. Lalu klik OK. Maka kanvas dengan ukuran 4×6 telah dibuat.

7. Copy paste foto pada kanvas tersebut lalu edit sesuai keinginan.

8. Simpan hasil pengeditan apabila telah selesai.

Persentase atau Proporsi Wajah 25%, 50% dan 80% pada Pas Foto

Biasanya ada persyaratan selain ukuran yaitu persentase atau proporsi wajah yang digunakan pada foto. Seperti pada syarat CPNS bahwa foto harus memiliki proporsi wajah antara 25% – 50%. Artinya wajah kita minimal harus mengisi 25% dari lembar foto tersebut. Namun pada pendaftaran haji biasanya menggunakan proporsi atau persentase wajah 80%. Berarti bagian wajah lebih close-up atau lebih dekat yaitu batas bawah adalah bagian bahu.

Berikut contoh foto proporsi wajah berikut mulai dari 25%, 50% dan 80%.

Persentase atau Proporsi Wajah 25%, 50% dan 80% pada Pas Foto
Persentase atau Proporsi Wajah 25%, 50% dan 80% pada Pas Foto

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa ukuran pas foto sebenarnya tidak memiliki aturan baku atau resmi. Sesuai dengan jenisnya kita bisa bebas membuat pasfoto asalkan tidak jauh berbeda dengan ukuran dengan yang ditentukan. Dan biasanya ukuran standar sebagian studio photo itu berbeda beda. Misalnya 3×4 maka kita boleh menggunakan 2.8cm x 3.8cm di mana 0.2 cm digunakan untuk border putih atau drame di sisi-sisi foto. Atau kita juga bisa menggunakan ukuran full 3cm x 4cm tanpa border. Semunya tergantung siapa yang membuat atau mengedit foto tersebut.

Semoga bermanfaat dan salam Dutormasi!!