Dutormasi.com -Keyboard adalah salah satu komponen penting pada laptop oleh sebab itu jika keyboard laptop rusak maka pengguna akan merasa kebingungan. Masalah pada laptop biasanya yaitu tidak berfungsi sebagian atau juga tidak berfungsi keseluruhan.

Biasanya untuk memperbaiki keyboard rusak begini kita harus mengetahui dulu penyebabnya, misalnya tersiram air, atau terkena debu dan lain lain. Namun, keyboard juga terkadang secara tiba tiba langsung eror sehinga tidak mengetahui penyebabnya.

Maka jika sudah begitu, otomatis kita harus mencoba langkah darurat sambil mengira ngira apakah penyebab dari kerusakan tersebut. Nah untuk beberapa cara tersebut, dutormasi telah melakukan list langkah darurarat yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki laptop sebelum bawa ke tempat servis.

1. Restart Laptop

Cara pertama yang kamu dapat anda lakukan adalah yaitu merestart laptop. Merestart ini dapat memperbaiki ratusan masalah pada Sistem Operasi secara langsung. Nahh, jika tidak bisa juga, anda dapat menekan tombol selama beberapa klik sampai laptop tersebut mati. Jika juga masih tidak bisa, yaudah lanjutkan list kedua saja.

5 Cara Jitu Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

2.Periksa Num Lock

Keyboard yang tidak berfungsi terkadang tidak sengaja biasanya terjadi karena kita sendiri juga. Salah satu umum yang terjadi adalah mengaktifkan num lock sehingga kita menekan kombinasi tombol tertentu, sehingga karakter keluar biasanya bebeda dnegan tombol yang ditekan.

5 Cara Jitu Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

Nahh untuk mematikannya anda hanya perlu menakan tombol”Fn” dan “Num Lock” di keyboard secara bersamaan. Nah untuk beberapa jenis laptop kamu dapat juga mengklik “CapsLock” dan “Num lock”.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Komputer : Fungsi, Komponen dan Contohnya Terlengkap

3. Masalah Driver

Masalah driver juga menyebabkan keyboard tidak berfungsi. Ini disebabkan biasanya karena menginstall software pihak ketiga sehingga terkena virus. Untuk mengeceknya buka device manager dan lihat lah bagian keyboard.

Kalau anda lihat tanda segitiga bewarna kuning, maka pastikan driver keyboard tersebut mengalami masalah. Silahkan download drivet terbarus disitus produsen laptop yang anda miliki.

4. Lakukan System Restore

Kemudian yang ke empat jika keyboard laptop anda tidak berfungsi maka cobalah melakukan system restore. Caranya untuk windows 8 dan windows 7, tinggal buka start menu kemudian search “Recovery”.

Dengan anda melakuakn cari ini anda akan kembali pada sebelum menginstall program tersebut. Berbagai program yang diinstal juga setelah itu akan secara otomatis hilang. Karena itu pastikan dulu anda back up yaaa.

5. Bersihkan debu dan kotoran pada keyboard

Cara terkahir yang dapat anda gunakan adalah membersihkan debu atau kotora di laptop anda. Karena debu biasanya juga merupakan penyebab kerusakan karena terseblib diantara tombol.

Baca Juga :  7 Bisnis untuk Mahasiswa Pemula yang Banyak dicari dan Menjanjikan

Cara membersihkanya anda tidak memiringkan atau membalikan laptop ke 45 derajat sampai 75 derajat. Kemudian gunakan pembersih khusus untuk keyboard biasanya vacum kecil untuk menyingkirkan debu.

Nah mungkin itu saja postingan kali ini, semoga dengan 5 cara jitu diatas. Laptop anda yang tadinya keyboardnya rusak, kini dapat digunakan kembali. Namun jika tidak, mungkin anda bisa membawa ke service agar dapat di periksa kembali.

Sekian dan terima kasih !