Dutormasi.com – Diantara kalian pasti pernah tidak sengaja menghapus file atau folder di komputer? Dan itu tentunya membuat kamu panik. Apalagi jika file atau folder yang terhapus tersebut sangat penting seperti file backup toko online, backup postingan blog, backup database dan file yang penting lainnya.

3 Cara Mengembalikan File dan Folder Penting yang Terhapus | Terbaru 2021

Namun sobat dutormasi jangan khawatir. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan file atau folder yang terhapus tersebut. Di postingan berikut ini, dutormasi akan memberikan 3 cara mudah, Silahkan dicoba!

Cara Mengembalikan File atau Folder yang Terhapus Permanen

File atau folder yang terhapus dipenyimpanan komputer tentunya masih dapat kita selamatkan. Dan salah satu caranya adalah melihat di Recycle Bin. Berikut adalah langkah-lankah yang harus kamu lakukan untuk mengembaikan file yang di hapus tersebut.

1. Melalui Recycle Bin

Seperti yang telah dutormasi katakan, kamu tidak perlu panik jika file atau folder terhapus. Umumnya file atau folder tersebut akan masuk di Recycle Bin. Cara yang dapat kamu lakukan dengan mencari ikon Recycle Bin, atau jika tidak dapat menemukannya, langkah yang dapat kamu lakukan :

Baca Juga :  7 Text Editor Terbaik dan Terpopuler Tahun 2019

1. Pertama, klik tombol start kemudikan cari menu settings.
2. Di dalam menu settings, klik Personalization lalu klik Themes . Dan selanjunta cari menu Dekstop icon settings pada sebelah kanan layar.
3. Dan setelah terbuka, pastikan checkbox pada recycle bin telah dicentang. Kemudian Klik OK. Dan ikon Recycle Bin sudah muncun didekstop kamu.
4. Untuk mengembalikan file atau folder penting tersebut, kamu dapat membuka aplikasi Recycle Bin tersebut lalu pilih file atau folder yang ingin di kembalikan di dekstop kamu. Dan pilih Restore. Maka secara otomais file atau folder tersebut telah dikembalikan ke dekstop kamu.

2. Menggunakan Command Prompt

Cara pertama tadi memanglah sangat mudah. Namun bagaimana jika file atau folder yang ingin kamu kembalikan juka terhapus di Recycle Bin?

Maka dalam kasus ini, kamu perlu mengakses yang namanya Command Prompt. Fitur ini biasanya tidak tampil di dekstop maupun di menu start. Langkah yang harus kamu lakukan adalah :

1. Klik icon windows yang ada pada keyboard kamu, lalu ketik cmd
2. Kemudian bukalah cmd tersebut, dan ketikkan chkdsk X:/f. Gantilah X sesuai dengan nama drive dimana file yang dihapus tadinya disimpan.
3. Kemudan ketik ATTRIB-H -R -S /S /D X:*.*. seperti sebelumnya, ganti X dengan nama drive kamu. Proses recovery file dan folder yang terhapus akan berlangsung.

Baca Juga :  Cara Membuat Akun Instagram Bisnis Terbaru Untuk Bisnis Jualan dan Usaha Lainnya

Selama proses berlangsung, jangan melakukan penyimpanan, penghapusan, ataupun pemindahan file pada komputer kamu. Hal ini dilakukan menghindari adanya timpahan pada file file tersebut.

3. Menggunakan File History (Windows 10)

Cara mengembalikan file yan terhapus selanjunya adalah menggunakan fitur file History. Fasilitas ini hanya ada pada sistem operasi windows 10. Namun, kamu harus sudah melakukan backup agar cara ini dapat berfungsi. Jadi artinya cara ini dapat dilakukan untuk mencegah hilangnya file file kamu. Berikut adalah langkahnya :

1. Petama bukalah menu Settings lalu klik Update & Security. Kemudian klik Backup dan Add a Drive.
2. Setelah di klik, maka akan muncul daftar partisi hard drive maupun penyimpanan eksternal yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan backup-an. Kliklah partisi atau hard drive eksternal yang kamu pilih.

Note : Perlu diingat bahwa kamu tidak bisa meletakkan backup di dalam partisi yang sama jika komputer atau laptop kamu hanya memiliki satu partisi, maka gunakanlah hard drive eksternal.

3. Apabila ingin kami backup secara berkala, maka klik tombol di bawah teks Automatically backup my files.
4. Kamu juga bisa mengatur interval backup, direktori yang ingin di backup, dan durasi penyimpanannya dengan meng-klik tombol More Options berwarna biru yang ada di bawah tombol tadi.
5. Lalu untuk mengembalikkan backup yang telah anda buat,buka saja langsung menu search dan ketikkan File History. Kemudian klik ikonnya.

Baca Juga :  Cara Menghapus Riwayat/History Pencarian Youtube dengan Mudah pada Smartphone Android

Jadi itulah 3 cara mudah mengembalikan file atau folder penting yang terhapus dengan mudah terbaru 2021. Semoga dengan membaca ini dapat membantu kamu dalam mengembalikan file dan folder tersebut. Semoga bermanfaat dan salam Dutormasi!!

DUTORMASI

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.