Dutormasi.com – kewirausahaan adalah orang orang yang mempunyai kemampuan dalam melihat dan menilai kesempatan kesempatan pada sebuah bisnis dengan mengumpulkan sumber sumber daya yang telah dibutuhkan yang berguna untuk mengambil keuntungan dari tindakan yang tepat guna memastikan untuk sukses.

Pengertian Kewirausahaan  Karakteristik dan watak Kewirausahaan

Untuk menjadi orang yang sukses dalam kewirausahaan anda harus memiliki karateristik dan watak seorang wirausaha, untuk itu kali ini dutormasi akan menjelaskan mengenai karakteristik dan watak tersebut.

Karateristik kewirausahaan atau wirausaha dapat anda temukan pada tindakan yang dilakukan seorang wirausaha dalam menjalankan bisnisnya. Sikap atau tindakan ini tentunya melingkupi sebagian besar dari tindakan mereka dalam kesehariannya. Oleh sebab itu sangatlah anda harus perlu tahu bahwa karakteristik apa saja yang harus dimiliki tersebut, yaitu :

9 Karateristik Wirausaha

1. Dorongan berprestasi

Semua wirausahawan tentu akan berhasil jika memiliki keinginan besar untuk mencapai suatu prestasi oleh sebab itu lah harus memuliki karateristik ini.

2. Bekerja Keras

Seorang wirausahawan tentunya harus mabuk kerja sehingga hal hal yang ingin menjadi sasaran atau yang dicita citakan akan menjadi tercapai.

Baca Juga :  14 Jenis Layanan E-Commerce Pada Marketplace JD.ID

3. Memperhatikan Kualitas

Seluruh wirausahawan harus memperhatikan kualitas produk mereka agar produk tidak bosan pada pandangan konsumen.

4. Sangat bertanggung Jawab

Seorang wirausaha harus sangat bertanggung jawab dalam menjalankan bisnisnya sepeti dalam berbisnis martabak. Jika, ada customer yang memprotes bahwa saat dia membeli martabak yang seharusnya rasa coklat dan keju namun di kasih oleh pekerja anda adalah coklat dan kacang, maka seorang wirausaha harus bertanggung jawab melakukan pembuatan ulang sehingga customer anda tidak kecewa.

5. Berorientasi pada imbalan

Maksudnya imbalan berupa laba yang memotivasi untuk lebih kuat dalam berusaha. Wirausaha haruslah mengharap hasil yang tidak hanya untuk mengganti kerugan waktu dan uang yang diivestasikan tetapi harus juga memberikan imbalan yang pantas bagi mereka yang ambil dalam melancarkan bisnis anda.

6. Optimis

Optimis dan konsisten harus lah dimiliki seorang wirausaha karena dalam berusaha tentunya memiliki banyak tantangan seperti bankrut, tidak ada pembeli maka wirausaha harus pandai pandai optimis dan percaya bisnis yang mereka jalankan akan sukses.

Baca Juga :  Definisi Kewirausahaan dan Wirausaha Lengkap

7. Berorientasi pada hasil karya yang baik

Maksud nya disini adalah seorang wirausaha harus lah membuat bisnis menjadi sesuatu yang baik. Misalnya saat seorang wirausaha membuka bisnis martabak, harus lah wirausaha mencari sesuatu hal yang belum pernah dibuat orang sehingga bisnis mereka menjadi unik dan disukai banyak orang.

8. Mampu mengongarganisikan

Seorang wirausaha harus pandai mengongarganisakan. Ini karena seorang wirausaha lah yang menentukan bisnis akan berjalan dengan baik atau tidak. Makanya diperlukan lah tindakan yang benar dan pikiran oleh seorang wirausaha.

9. Berorientasi pada uang

Selain harus pandai menjadi pemimpin, seorang wrausaha harus pandai berorientasi pada uang yang mereka dapatkan. Jangan sampai gara gara salah merorientasi uang sehingga bisnis menjadi bangkrut karena tidak ada uang yang dijadikan investasi kedepan

5 ciri dan watak kewirausahan

1. Percaya diri yaitu memiliki watak keyakinan, ketidak gantungan dan optimis.
2. Berorientasi pada tugas dan hasil yaitu memiliki watak kebutuhan untuk berprestasi, berorientasi laba, ketekunan dan ketabahan, tekad kerja keras dan mempunyai dorongan kuat.
3. Pengambilan resiko yaitu memiliki watak kemampuan untuk mengambil resiko uang wajar dan suka tantangan
4. Kepempinan memiliki watak perilaku sebagai pemimpin, bergaul dengan orang lain
5. Kerorisinilan dengan watak inovatif dan kreatif.

Baca Juga :  Eksploitasi Imajinasi dan Intuisi Untuk Kemajuan Usaha

Nah mungkin itu saja postingan kali ini, semoga dengan menbaca ini anda bisa menjadi seorang wirausaha yang sukses dan menjadi lebih baik kedepannya. Jangan lupa untuk dishare kan keteman teman anda jika anda menyukai postingan saya ini.

Sekian dan terima kasih. Salam Dutormasi !