Dutormasi.com – Pada kali ini kita akan membahas tentang sedikit tentang E-commerce dan 14 jenis layanan yang ada di dalam E-commerce. Sebelum itu apakah kamu sudah tahu apa itu E-Commerce? E-commerce adalah bentuk perdagangan yang melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, e-mail, website, perangkat terhubung internet di dalam jaringan internet ataupun intranet. Selain itu sebuah E-commerce setidaknya menawarkan empat belas (14) jenis layanan kepada pengguna. Hal itu meliputi Product Management, User Management, Cross Sell and Up Sell, Catalog Management, Payment Service, Personalization, Campaign Management, Loyalty management, Costumer Service, Search Service, dan terakhir adalah Reporting and Data Analysis.

Oke baiklah, disini kita akan membuat satu kasus marketplace dan kita cari apakah 14 jenis layanan tersebut sudah terdapat pada kasus marketplace. Dan kali ini dutormasi memilih marketplace Shopee. Berikut adalah 14 jenis layanan pada marketplace Shopee :

1. Product Management

Produk management terkait dengan fitur dan layanan e-commerce untuk manajemen produk barang dan jasa yang diperjual belikan secara online.Dengan adanya product management ini dapat memudahkan pengunjung untuk mencari barang yang mereka butuhkan,kemudian memudahkan penjual untuk mengelola barang yang mereka jual.
Contoh nya pada Aplikasi shopee terdapat fitur serch yang digunakan untuk mencari barang yang dibutuhkan oleh pembeli.

2. User Management

User manajemen terkait dengan fitur dan layanan ecommerce untuk manajemen user didalam aplikasi manajemen.
Di Shopee contoh dari User management adalah fitur saya (menjelaskan profil pengguna shopee)

3. Cross Sell and Up Sell

Terkait dengan layanan e-commerce dalam penawaran produk oleh penjual, cross sell lebih menekankan pada penawaran variasi produk misalnya produk Vivo,maka akan di jelaskan variasi dari produk hp Vivo tersebut.Vivo tipe A,B,C.Sementara up sell lebih menekankan pada penjualan produk dengan versi terbaik dari suatu produk , maka di Up Sell ini akan di berikan versi terbaik dari produk vivo.

Baca Juga :  6 Cara Membuat Effect Suara Lucu pada Android dengan Mudah

Contoh Cross Sell :

Up sell adalah produk terbaik dari suatu toko tersebut. Berikut contoh Up Sell:

4. Catalog Management

Terkait dengan layanan e-commerce yang memungkinkan untuk dilakukan manajemen katalog barang yang di jual secara online.Bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk memilih produk yang akan dibeli,mendapatkan Informasi ,perbandingan suatu produk seperti diskon,bonus dari suatu produk.

5. Content Management

Terkait dengan manajemen konten aplikasi web terutama website ecommerce yang memudahkan penjual dalam mengatur isi konten aplikasi e-commerce, dapat berupa artikel online, berita online hingga brosur katalog online.Seperti produk terbaru,berita seputar toko online tersebut dan penawaran lainnya. Di shopee contoh dari content management ini seperti fitur notifikasi pada aplikasi shopee.

6. Order Management

Terkait dengan fasilitas aplikasi e-commerce dalam pelayanan pemesanan barang yang dijual.Pada Aplikasi Shopee terdapat fitur keranjang yang digunakan untuk menampung barang yang sudah dipilih untuk kemuadiaan akan di checkout oleh pembeli

7. Inventory Management

Yaitu layanan e- commerse yang digunakan untuk memanajemen persediaan barang (stok barang dan return barang) dan termasuk biaya didalamnya.

8. Payment Service

Merupakan layanan e-commerce dalam manajemen pembayaran pada transaksi

9. Personalization

Layanan e-commerce yang membantu konsumen dalam memilih barang yang tersedia secara personalisasi atau pribadi dan mandiri.misal penyediaan Customer care melalui telepon,e-mail,chatting,video conference atau metode lainnya secara online.pada aplikasi shopee ada fitur chat yang merupakan contoh dari personalization,selain itu komentar dari pembeli juga termasuk contoh personalization.

Baca Juga :  Cara Membuat Channel Telegram Terbaru Lengkap dengan Pengaturannya

10. Compaign Management

Layanan ecommerce yang memungkinkan dilakukan marketing manajemen dalam bentuk iklan, publikasi, kampanye terhadap toko atau perusahaan penyedia barang dan jasa.

11. Loyality Management

Loyality management merupakan layanan yang memungkinkan pemilik usaha berinteraksi dengan konsumen dalam hal saran, keluhan, dan masukan dari konsumen.

12. Costumer Service

Custumer service merupakan layanan kepada para pelanggan berupa layanan kontak, email, chating, video chat dan lain-lain

13. Search Service

Merupakan layanan yang digunakan untuk memudahkan pelanggan untuk mencari barang yang dibutuhkan pada sebuah took online.

14. Report and Data Analysis

Layanan yang disediakan oleh aplikasi e-commerce kepada pemilik toko yang memungkinkan memperoleh laporan serta analisis terhadap barang dan jasa yang tawarkan

Jadi itulah 14 jenis layanan yang terdapat pada marketplace E-commerce Shopee. Semoga postingan bermanfaat dan dapat mengetahui jenis layanan yang ada pada E-commerce. Semoga bermanfaat dan terimakasih.Salam Dutormasi!!

Penulis : Nurhabibah