Seperti yang kita ketahui, JNE memiliki fasilitas tracking yang mempermudah kita melacak paket pengiriman. Di sana akan menunjukkan status dari paket kiriman dengan istilah-istilah khusus. Salah satunya adalah nomor unik paket tersendiri. Nomor unik tersebut dikenal sebagai resi. Fungsinya mungkin teman-teman semua sudah tahu, bukan? Yup, untuk melacak lokasi terkini dari paket yang kita kirim.

Istilah-Istilah Status Pada Resi JNE

Saat kita melacak keberadaan paket menggunakan nomor resi, maka kita akan diperlihatkan status paket dengan istilah-istilah tertentu.

Setiap istilah yang ditampilkan untuk menunjukkan status paket tersebut, tentu memiliki arti yang berbeda.

Beberapa istilah dimaksud antara lain:

  • Received at origin gateway.
  • With delivery courier.
  • Received at sorting center.
  • Dan lain-lain

Memang tidak dapat kita pungkiri, bahwa sebagian di antara istilah tersebut mungkin mengandung istilah yang agak sulit dipahami, khususnya buat pengguna baru JNE.

Contohnya :

  • Received at origin gateway, yang artinya paket sudah diterima di gerbang awal pengiriman, untuk kemudian diteruskan lagi ke alamat kota tujuan.
  • Contoh lainnya status “with delivery courier“, yang artinya paket sedang dibawa oleh kurir untuk diantarkan ke alamat tujuan.
Baca Juga :  3 Website Inspirasi Logo Keren yang Jarang Diketahui

Nah, namun untuk kali ini, kita akan membahas lebih dalam khusus untuk istilah status “received at warehouse” saja.

Apa Arti dari Received at Warehouse JNE?

Arti received at warehouse adalah barang sudah diterima di gudang JNE kota tujuan. Artinya paket tersebut sudah berada di gudang atau cabang JNE kota penerima namun masih belum di antar ke alamat penerima oleh kurir.

Arti Received At Warehouse Pada JNE | Sudah Tahu?

Pada status itu juga tercantum keterangan nama kota gudang tersebut. Misalnya Received at Warehouse [Pekanbaru] maka barang sudah sampai di gudang Pekanbaru. Jika pengiriman sudah sesuai harusnya nama kota tersebut sama dengan kota dari alamat penerima. Hal ini menandakan bahwa paket kita sebentar lagi datang. Paket hanya tinggal menunggu untuk diantar oleh kurir menuju ke rumah kita. Saat diantar maka status akan berubah menjadi With Delivery Courier.

Berapa Lama Proses di Gudang?

Berdasarkan pengalaman kami, paket akan tiba di alamat penerima maksimal 1 hari setelah status tersebut muncul. Pada cek resi selalu tampil status dan waktunya. Jika waktu Received at Warehouse tercatat pada pagi hari 00.00 hingga 09.00 maka biasanya paket akan dikirim hari itu juga. Namun jika waktu yang tercatat sudah siang melebihi jam 12 maka biasanya paket dikirim besok.

Baca Juga :  5 Cara Kompres File PDF Menggunakan Aplikasi dan Website | 100% Mudah!

Selain itu, layanan JNE yang dipakai pun pengalaman saya juga bisa berpengaruh.

  • Pakai JNE Reguler, mungkin butuh waktu proses yang lebih lama.
  • Pakai JNE Trucking, mungkin butuh proses yang lebih lama lagi.
  • Sedangkan kalau pakai JNE YES, biasanya akan langsung diproses di hari itu juga.

Lalu, kenapa status paket sata terus di Warehouse?

Tentunya kurir yang udah sebesar JNE, akan ada masalah dalam penulisan pada paket, seperti alamat tidak lengkap atau masih rancu.

“Contoh, dikirim ke jalan A, tapi salah tertulis ke jalan B. Padahal di daerah tujuan tidak ada nama jalan tersebut.”

Jika kondisinya memang seperti ini, maka status JNE akan ada diperbarui lagi menjadi lebih detail. Misalnya menjadi bad address, box delay, atau yanglain sebagainya.

Apabila kamu mengalami masalah ini? Jangan khawatir, ada dua solusi yang bisa dicoba:

  • Datang Langsug ke kantor JNE.
  • Hubungi JNE untuk informasi lebih lanjut.

1. Datang Langsung ke Kantor JNE

Setiap paket yang ada di gudang, pada dasarnya bisa kita ambil sendiri kok ke kantornya, jika mau.

Baca Juga :  15 Website Membantu Kamu Dalam Mencari Beasiswa

Carabta Kita hanya harus mendatangi kantor JNE (yang digunakan sebagai gudang), lalu menunjukkan kartu identitas beserta nomor resi dari paket yang kita punya.

Solusi ini mungkin saja merupakan yang paling efektif. Apalagi mengingat status tersebut bisa beralih menjadi “pending“, sehingga lebih disarankan agar kita mendatangi kantor JNE-nya secara langsung.

2. Hubungi JNE untuk Informasi Lebih Lanjut

Apabila kamu sibuk, sehingga tidak bisa datang untuk mengambil paket sendiri, maka cobalah untuk menghubungi pihak JNE agar bisa mendapatkan informasi lebih lanjut.

Hal ini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, sebagaimana Anda melakukan chatting pada umumnya. Paling juga hanya butuh waktu 5 menit sudah beres.

Chat? Iya betul. Kita bisa menghubungi JNE melalui sosial media, tanpa perlu berkomunikasi via telepon. Seperti instagram dan lainnya.

Penutup


Received at Warehouse merupakan status yang normal pada pengiriman JNE. Jadi kita tidak perlu khawatir pada paket kita. Jika status tersebut sudah muncul berarti paket tersebut akan segera tiba. Namun jika melebihi estimasi waktu dari JNE sebaiknya segera tanyakan pada customer service JNE.