Perbedaan Coding dan Programming? | 2021

0
Perbedaan Coding dan Programming? | 2021 Penulis Andrian Wahyu -10 Juni 20210
Buat kamu yang masih awam dengan Coding dan Programming pasti 2 hal ini memiliki artian yang hampir sama. Sebenarnya ini sah-sah saja, tetapi banyak juga perbedaan yang ada diantara keduanya. Istilah ini juga sering digunakan di dunia teknologi apalagi di dunia developer istilah ini sangat kental. Sebenarnya apa yang membedakan keduanya? Yuk kita simak
Online learning programming or coding on different computer languages for  mobile, desktop platform. web banner of training course and tutorial of  Stock Vector Image & Art - Alamy

Dutormasi.com – Buat kamu yang masih awam dengan Coding dan Programming pasti 2 hal ini memiliki artian yang hampir sama. Sebenarnya ini sah-sah saja, tetapi banyak juga perbedaan yang ada diantara keduanya. Istilah ini juga sering digunakan di dunia teknologi apalagi di dunia developer istilah ini sangat kental. Sebenarnya apa yang membedakan keduanya? Yuk kita simak

1. Coding

Coding php or html on laptop programming Vector Image

Coding adalah cara untuk menuliskan sederet kode untuk melakukan perintah tertentu. Biasanya koding berguna untuk menyelesaikan perintah yang sederhana. penulisan ini harus sesuai dengan aturan penulisan atau yang biasa disebut dengan sintax. Coding ini merupakan bahasa komputer yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi, situs web dll. Fungsi penting dari koding ini ialah agar bahasa mudah dimengerti oleh komputer dan dapat mengerjakan suatu perintah sesuai keinginan kita.

2. Programming

Programming and coding Royalty Free Vector Image

Programming adalah Suatu teknik untuk menganalisis sistem untuk membuat sistem dengan satu atau lebih bahasa pemrograman agar aplikasi itu dapat dijalankan dengan baik. Untuk membuat program yang kompleks dibutuhkan analisis yang baik oleh sebab itu seorang programmer harus bertanggung jawab secara penuh aplikasi yang akan dibuat. Berberda dengan coding, Programming membuat lebih dari satu perintah yang dapat dijalankan melainkan banyak perintah yang digabungkan menjadi satu menjadi sebuah program.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Mode Layar Terpisah (Split Screen) Android di Semua Smartphone

Coding vs Programming

Untuk yang masih belum paham dari pengertian. Disini kita akan coba jabarkan perbedaan-perbedaan antara coding dan programming seperti berikut inii:

  • Coding dapat digunakan di text editor sederhana, sedangkan programming membutuhkan IDE untuk melakukan debugging dan tester aplikasi .
  • Solusi yang dihasilkan dari Coding lebih sedikit dari Programming yang aplikasinya siap digunakan.
  • Coding merupakan proses yang ada dalam programming.
  • Coder harus memahami struktur sintax dan basic bahasa pemrogramannya, berbeda dengan programmer yang harus paham algoritma, dan struktur program yang akan dibuat.

Semoga dengan referensi diatas dapat memudahkan kita untuk membedakan Coding dan Programming. Ada banyak batasan yang membuat mereka tidak dapat disatukan. Sebelum menuju tingkat programming diharapkan untuk memahami dulu konsep dari coding agar saat menuju tingkat programming tidak sulit nantinya.

DUTORMASI

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami dan klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Kejurnas Skolastik & Literasi Ruangguru, Ikuti dan Rebut Total Hadiah Puluhan Juta Rupiah!