Headshet merupakan salah satu perangkat elektronik antara mikrofof fan headphone. Alat ini digunakan untuk mendengan suara yang dihasilkan oleh perangkat seperti komputer dan hp. Jenis jenis headshet pun sudah sangat banyak variannya di sekitar kita. Namun kali ini dutormasi akan memberikan cara mengatasi HP android yang tidak terdeteksi heashet / rusak.

Masalah pada headshet biasanya disebabkan karena seringnya digunakan oleh seorang bermain game ataupun sering digunakan saat mendengarkan musik. Namun masalah ini bisa saja disebabkan oleh headshet atau sumber suaranya. Jika kamu memiliki masalah pada headshet yang tidak terdeteksi di HP Android, berikut adalah beberapa solusi malasah tersebut

1. Pastikan Headshet yang digunakan Tidak Rusak

Cara pertama adalah memastikan headshet tidak rusak. Kerusakan bisa saja dibagian konektor atau komponen. Cara termudah memeriksanya adalah mencoba menghubungkan headshet tersebut ke beberapa perangkat secara bergantian. Jika tidak terdeteksi, maka dapat dipastikan headshet yang kamu gunakan rusak.

2. Membersihkan Lubang Jack Audio HP

Permasalahan pada headshet juga dapat disebabkan oleh kotoran yang menumpuk pada lubang jack audio sehingga aliran listrik tidak berfungsi. Solusinya adalah tinggal membersihkan lubang  jack audio hingga bersih dari debu yang menempul. Gunakanlah cotton bad atau jack audio itu sendiri, saat membersihkannya.

Baca Juga :  15 Website Membantu Kamu Dalam Mencari Beasiswa

3. Mengganti Jack Audio

Pada Headshet terdapat komponen bersifat elastis, yaitu jack audio. Jika penyebab headshet tidak terdeteksi pada ponsel adalah jack audio, maka solusinya adalh menggantinya. Karena jack audio lama tidak memiliki sensor yang bagus. Dan apabila diganti, kemungkinan dapat memperbaiki penyebab headshet kamu tidak terdeteksi.

4. Periksa Menggunakan Perangkat Lain

Cara ini wajib kamu lakukan, yang mencoba headshet ke berbagai perangkat dan tidak hanya 1 perangkat saa. Hal ini akan memastikan headshet yang kamu gunakan rusak atau tidak. Jika rusak, maka kamu hanya perlu beli headshet baru saja.

5. Gunakan Headshet Lain

Jika ponsel kamu tidak bisa menggunakan headshet. Coba pastikan dulu yang menjadi masalah ponsel atau headshetnya. Kamu dapat mengecek menggunakan lebih dari 1 headshet agar dapat menentukan apakah ponsel kamu yang bermasalah atau tidak. Jika kamu menguji banyak headshet tapi juga tetap tidak berfungsi, maka masalahnya ada pada ponsel anda.

6. Periksa Pengaturan Audio

Tahukan kamu bawha pengaturan audio dapat menentuka besar level audio dari setiap penggunaan ponsel kamu, seperti media, notifikasi dan alarm. Nahh bisa saja level media pada pengaturan video kamu sekarang dalam volume kecil. Jadi kamu hanya harus memperbesar volume kamu.

Baca Juga :  Perbedaan Coding dan Programming? | 2021

Bagaimana teman teman? Udah tahukan 6 cara mengatasi HP android yang tidak terdeteksi headshetnya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu dan menambah wawasan kamu.

Semoga bermanfaat dan salam Dutormasi!!