Dutormasi.com – Halo sahabat dutormasi. Password merupakan suatu privasi yang harus kita jaga sebaik-baiknya. Selain data, banyak hal privasi lainnya yang seharusnya orang lain tidak boleh tau. Jadi untuk menghindari hal tersebut kita harus membuat password yang aman dan sulit diketahui oleh orang-orang. Dapat disimpulkan password merupakan hal yang terpenting untuk kita.

Password juga biasanya digunakan untuk masuk ke suatu akun baik social media, email, facebook, server dll. Password yang mudah ditebak pasti akan memudahkan peretas untuk melakukan aksinya untuk mengambil data-data penting ini. Data yang bersifat rahasia pun dapat mudah dibobol dengan mudah jika password yang dibuat keamanannya terindikasi sangat lemah. Sebelum hal yang tidak dinginkan terjadi, berikut ini cara membuat password yang aman:

1. Panjang harus lebih dari 8 karakter

Ini dapat menjadi acuan sebagai membuat password yang aman dan kuat. Panjang karakter dari password ini juga mempengaruhi agar sulit untuk diretas oleh orang.Semakin panajng karakter suatu password juga semakin sulit juga kemungkinan password tersebut bisa diretas oleh hacker.

Baca Juga :  6 Fungsi Lain Mode Pesawat (Airplane Mode) yang Jarang diketahui

2. Hindari kata yang sering digunakan

Salah satu cara hacker untuk meretas password adalah dengan mencocokan password tersebut dengan password yang sering digunakan oleh orang lain. Jadi dengan kemungkinan seperti itu , hindari pengguanaan kata-kata yang sering digunakan orang orang banyak.

3. Gunakan gabungan simbol, angka dan huruf

Gunakanlah simbol-simbol yang sulit untuk dipecahkan. Tidak masalah jika password tersebut dikatakan alay. Bahkan password yang alay sekalipun dapat meningkatkan kekuatan keamanan password yang kamu buat. Seperti contoh: 4qud4nQmu5eL4M4nya. Dengan password seperti itu saja sudah menyulitkan hacker untuk membobolnya. Tapi jangan sampai menyulitkanmu untuk mengingat password tersebut ya.

4. Hindari nama panggilan dan orang terdekat

Banyak sekali yang harus dihindari seperti memasukkan nama panggilan kita pada password, nama orang tua, pacar, ataupun orang terdekat. Tanggal lahir juga sangat rentan jika dijadikan sebagai password yang ingin digunakan. Gunakan password yang tidak memiliki sangkut paut dengandata pribadi kita.

5. Direkomendasikan password berbeda di setiap akun

Sangat direkomendasikan untuk membuat password yang berbeda disetiap akun. Tapi jika dikhawatirkan tidak dapat mengingat kembali password yang telah dibuat , sangat tidak dianjurkan.

Baca Juga :  Ponsel TikTok Baru Meluncur dengan Nama Jianguo Pro 3, Harga dan Spesifikasinya!!

6. Jangan mencatat/mengetik password di manapun

Ini juga sangat penting karena dengan mengetik password di memo ataupun buku catatan harian sekalipun. Karena pasti itu salah satu memudahkan hacker untuk membobol password tersebut. Adapun jika memberikan password berupa chat dengan teman segera hapus agar meminimalisir terjadinya pencurian data.

Berikut adalah cara membuat password kita dengan aman. Meningkatkan keamanan password sangat penting karena banyak data pribadi kita yang seharusnya dapat kita jaga dengan baik. Dengan menerapkan keamanan tersebut diharapkan kita dapat menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri dan orang lain. Semoga bermanfaat dan Salam Dutormasi

DUTORMASI

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.