Dutormasi.com – Halo sahabat Dutormasi. Kami kembali lagi untuk memberikan ilmu yang bermanfaat. Pernah gak kalian cari-cari referensi di suatu jurnal dapatnya bahasa inggris semua? Pasti pusing ya harus translate satu satu, copy paste kesana kemari, membuka banyak tab dan membuat laptop menjadi lambat.

Nah sahabat dutormasi jangan khawatir. Ada beberapa cara agar document yang kita download dapat di translate dengan menggunakan aplikasi bawaan dari laptop kita lho, ya.. benar sekali Microsoft Word. Penasaran bagaimana caranya? yuk langsung kita simak.

1. Open Microsoft Word

Siapkan dahulu ya document yang akan di translate. Tidak masalah jika document itu berbentuk pdf maupun word. Kita akan mengubahnya menjadi document word dengan cara. Download dulu di ebook di situs terpercaya kalian. Disini saya mengambil jurnal algoritma matematika dan komputer. Dan buka dengan cara.

klik kanan -> Open WIth -> Choose another App -> More App -> Word

2. Review dan Translate

Setelah document terbuka di word langkah selanjutnya kita akan mentranslate nya dengan otomatis. Pada tab menu Review kita dapat mengklik translate disana dan terdapat 2 opsi yang diberikan. Translate Selection berfungsi untuk menterjemahkan yang telah kita seleksi sedangkan Translate Document berfungsi mentranslate semua tulisan yang ada di document.

Tab Review -> Translate -> Translate Document

3. Translate

Sudah dipilih salah satu dari 2 opsi tadi? Jika sudah, maka akan tampil tab baru di samping kanan sebagai konfigurasi translator kita disini kita akan memilih bahasa apa yang akan di translate dan diterjemahkan menjadi bahasa tujuan yang akan kita pilih. Jika terdapat dialog untuk melakukan save pada document, Save lah terlebih dahulu.

From = English -> To = Indonesian -> Translate

4. Document telah diterjemahkan

Setelah menunggu beberapa menit, Microsoft Word akan langsung membuat Word baru dengan semua document yang sudah ditranslate. Walaupun masih terdapat kata-kata yang masih belum sesuai setidaknya ini dapat membantu kita untuk mengartikan document tersebut lebih mudah. Dengan waktu yang sebentar kita dapat membaca semua tulisan dokumen tersebut dengan mudah seperti gambar dibawah ini. Keren kan?

Berikut adalah cara mudah untuk kalian yang bingung dengan cara mentranslate semua tulisan di document. Kita tidak perlu lagi pindah tab ke google translate untuk menerjemahkannya. Pastinya menghemat tenaga dan waktu dong ya. Semoga bermanfaat dan Salam Dutormasi!!.

Baca Juga :  6 Cara Membuat Effect Suara Lucu pada Android dengan Mudah

DUTORMASI

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.