Dutormasi.com – Dalam dunia jaringan wesbite optimalisasi situs agar mendapatkan banyak pengunjung sudah sangat umum dengan prosedur SEO (Search Engine Optimization). Tujuan dasar dari sebuah website dibuat adalah promosi dan atau menunjukkan eksistensi perusahaan kita dimata publik melalui media website. Penggunaan SEO tidak hanya digunakan pada perusahaan besar saja, namun juga merambah kepada website UMKM, organisasi maupun komunitas. Namun sayangnya di Indonesia sendiri, SEO masih dipandang sebelah mata dan ada banyak sekali website yang di bangun (develop) oleh orang indonesia tidak Search Engine Friendly.

6 Free SEO Tools Terbaik Untuk Meningkatkan SEO pada Website

Dengan teknik SEO yang akan dijelaskan ini diharapkan akan memaksimalkan potensi pada website yang ingin kamu bangun, agar mendapatkan traffic sesuai dengan target marketing dan memurahkan budget pemsaaran. Dan tool SEO (Serach Engine Optimization) ini telah disediakan oleh Google, untuk mempermudah kita dalam pencarian kata kunci (keyword) dan konten yang efektif dan populer yang dilihat orang. Dan tools SEO tersebut akan dijelaskan pada postingan ini.

1. Ubbersugget

Ubbersugget merupakan sebuah tool dalam membantu kita untuk mencari keyword keyword yang bisa digunakan untuk website kita. Ubbersuggest merupakan tool cipataan dari Neil Patel yang memang dipergunakan untuk optimasi dari SEO (Search Engine Optimization). Ada banyak informasi yang diberikan oleh Ubbersuggest sehingga anda dapat mempertimbangkan dalam pemilihan keyword (kata kunci). Berikut adalah contoh percobaan ubbersuggest pada website marketplace JD.ID :

Pada JD.ID terdapat organic keywords 1.232.778 dan dinilai AMAZING oleh ubber suggest, dan terdapat 694.501 organic monthly traffic , domain score nya adalah 80 dan backlinks 2.102.792. Keyword yang sering dicari adalah jd.id, jual playstation 4 original, dan HK japan. Tidak hanya itu kamu juga dapat melihat ranking keyword yang sering dicari pada jd.id ini, sehingga kamu dapat membandingkan keyword yang ingin kamu gunakan dan dapat bersaing dengan jd.id.

2. SEMRush

SEMRush merupakan sebuah perangkat lunak yang berbasikan online yang diprogram untuk membantu pengguna dalam merencanakan dan melaksanakan upaya dalam hal SEO (Search Engine Optimization) ,serti penelitian media sosial dan periklanan video. SEMRush memberikan informasi berupa banyak Organic Search Trafiic yang dimiliki, Paid Search Traffic, Backlink dan Authority Score yang dimiliki website. Tidak hanya itu dengan SEMRush kita juga dapat melihat Top Organic Keyword, Main Organic Competitors dan keywords by country. Berikut adalah penggunaan SEMRush pada website JD.ID :
Pada situs marketplace JD.ID didapatkan Authority Score 71, Organic Search Traffic 2.5 M, Paid Search Traffic 22.7 K, dan Backlink 5M. Top Organic Keywords yang dimiliki adalah 79.563 dengan yang paling banyak di cari adalah Jd.id, jd.id medan dan huawei jd.id. Terdapat 31.454 Main Organic Competitors seperti iprice.co.id, blibli.com, lazada.co.id dan lain lain.

3. KWFinder

KWFinder adalah sebuah tools untuk riset kata kunci yang dapat digunakan praktisi SEO (Search Engine Optimization) guna dalam mencari kata kunci (keyword) untuk potensial tentang produk dan & layanan yang diberikan. Dashboard KWFinder ini dibuat minimalis dan efektif, tujuannya agar memudahkan pengguna yang masih awam. KWFinder memberikan beberapat fitur yang perlu kita pahami :
1. Trend : berapa kali suatu kata kunci diketik dalam 12 bulan terakhir
2. Search : rata-rata volume pencarian kata kunci dalam 12 bulan terkahir
3. BPK : biaya per klik pada kata kunci
4. PPC : level kompetisi untuk iklan PPC (0-100)
5. KD : kesulitan SEO dari 0-100, ini merupakan tingkat kesulitan untuk bersaing menggunakan kata kunci tersebut.
6. DA = Otoritas Domain (skor dari MOZ), mereka memprediksi seberapa baik peringkat situs web di mesin pencari.
7. PA = Otoritas Halaman (skor dari MOZ), mereka memperkirakan seberapa baik peringkat halaman situs web di mesin pencari.
8. MR = MozRank, memprediksi popularitas URL, skor yang lebih tinggi lebih penting.
9. MT = MozTrust, memprediksi seberapa dapat dipercaya URL.
10. LINK = tautan eksternal otoritatif yang menautkan ke URL khusus ini.
11. FB = berapa banyak Facebook membagikan tautan ke URL tertentu.
12. LPS = peringkat kompetisi SEO, semakin tinggi, semakin sulit.
13. EST.VISIT = Estimasi pengunjung dalam sebulan tergantung pada posisi yang diberikan oleh SERP.
Berikut adalah Percobaan menggunakan Tools KWFinder pada website JD.ID :
Website JD.ID memiliki DA 60 PA 53 dan backlink 763 k. Kemudian ada beberapa keyword yang sering digunakan pengguna dalam mencari JD.ID yaitu diantaranya adalah jd.id dengan search 232.000 , CPC/BPK $0,05, PPC 19 dan KD adalah 44. Kesuilitan keyword ini lumayan susah untuk bersaing dengan jd.id karna memilih score yang lumayan baik. Kemudian ada keyword jdid pada posisi kedua, jd id apk posisi ketiga dan kupon jd id pada posisi keempat dan seterusnya.

4. Answer The Public

Answer the public merupakan tools mencari keyword yang dalam bahasa inggris, atau artinya tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Answer the public ini hanya menyediakan beberapa pilihan bahasa asing, salah satuny adalah bahasa inggris. Riset keyword pada tolls answet the public sangat direkomendasikan karena cukup lengkap dan komperehensif. Dengan tools ini kamu dapat melakukan riset keyword untuk digunakan di blog atau website, answer the public memberikan saran kata kunci dengan 5W + 1H (what, where, when, why, who dan how). Dan juga memberikan keywords secara alphabetic dari a sampai z. Berikut adalah contoh tools ini pada situs JD.ID :
Pada jd.id mendapatkan keyword yang dapat sebagai berikut 12 questions, 7 prepositions, 10 comparisons, dan 207 alphabeticals. Dengan keyword ini, kamu dapat mengolah kata kata sehingga dapat menjadi one page(halaman pertama) pada search engine google.

5. Keyword Tool

Alat bantu riset keyword satu ini sepertinya paling banyak digunakan.Terutama apabila kamu ingin mencari long tail keyword untuk keperluan SEO (Search Engine Optimization). Dengan memakai long tail keyword tentunya akan sangat dibutuhkan karena mempunyai tingkat persaingan yang rendah. Hal ini akan berpengaruh pada web atau situs kami pada rangkin tertinggi saat di mesin pencarian. Keyword Tool ini tidak hanya bisa untuk riset kata kunci Google saja, namu juga dapat riset kata kunci Youtube, eBay, Play Store, Amazon, Twitter dan lainnya. Keywordnya pun juga bisa suggestion dan juga questions. Berikut adalah contoh penggunaan pada website JD.ID :
Pada website jd.id terdapat 364 uniqe keywords atau keyword suggestions, dan pada keyword questions terdapat 33 questions. Namun ini belum dilihatkan semua oleh keyword tool, untuk mendapatkan 2 kali lipat keyword yang bisa digunakan, kita dapat subscribe to keyword tool pro. Dengan keyword Tool Pro kita dapat melihat search volume, trend, cpc dan competion nya. Sehingga dapat memilih keyword yang lebih tepat.

6. Majestic

Majestic SEO memiliki indeks besar dan ter-update. Majestic Tool ini menjadi analisa link teratas dipasarnya. Tool ini memiliki yang namanya “TrustFlow” dan “CitationFlow”. Hal ini digunakan untuk memberitahu situs yang kamu pilih link-nya memiliki spam score tinggi.  Dan juga ada fitur “Clique Hunter” untuk menunjukkan situs yang memberi tautan (backlink) pada kompetitor kita. Dan ini mejadi cara kita untuk mendapatkan link building. Berikut adalah contoh penggunaan tool ini pada website jd.id :
Pada website jd.id memiliki external backlink 2.503.052 dan kebanyakan berasal dari Indonesia. Dan juga ada penjelasan berapa backlink dari follow dan nofollow. Nilai Trust flow pada website jd.id ini adalah 25 Link Quality dan Citation Flow dengan score 46 Link Volume. Namun untuk melihat data lengkap pada majestic tool ini, kita harus subscribe pro terlebih dahulu.
Jadi itulah 6 Free SEO Tools yang dapat kamu gunakan, semoga dengan penjelasan ini bisa kamu gunakan untuk meningkatkan SEO pada website atau blog kamu. Semoga bermanfaat dan terimakasih!!
Salam Dutormasi!!
Baca Juga :  17 Situs Inspirasi Warna Terbaik Untuk Seorang Designer