Program Menghitung Operasi Pangkat Java  Pada Luas dan Volume Bola

Dutormasi.com-Kali ini kita akan mempelajari membuat program cara menghitung operasi berpangkat. Kamu pasti pernah dong mendapatkan sebuah tugas atau kasus dari dosen-guru untuk membuat program luas permukaan bola dan volume bola. Pada luas permukaan bola kita dapat menggunakan rumus 4 x π x r² dan volume bola adalah 4/3 × π × r³. Pangkat dua ataupun tiga ini dapat kita tulis dengan membuat perkalian variabel susai banyak pangkatnya. Contoh pangkat dua, r² dapat ditulis r * r dan pangkat tiga,  r³ ditulis r * r * r. Tapi bagaimana kalau pangkatnya sudah banyak, misalnya 5125. Tentu tidak mungkin dong kita akan melakukan perkalian sebanyak itu dalam kode. Oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah fungsi atau method pangkat untuk menghitungnya.

Pada bahasa pemrograman java sudah menyediakan fungsi pangkat yang dapat kamu gunakan kapan saja. Fungsi atau method ini memiliki dua parameter, yaitu angka yang ingin dipangkatkan dan pangkatnya. Berikut fungsinya :

Math.pow(angka, pangkat);

Okee kita langsung saja masuk ke program menghitung operasi berpangkat dan disini kita akan menginput nilai menggunakan kelas Scanner. Apabila kamu belum tahu apa itu Scanner, ada baiknya kamu terlebih dahulu membaca postingan dutormasi sebelumnya yaitu Pemrograman Input/Output pada Bahasa Pemrograman Java. Pertama buatlah kelas baru dengan nama operasipangkat, kemudian ikuti kode berikut :

import java.util.Scanner;

public class operasipangkat {

    public static void main(String[] args) {
        Scanner input = new Scanner(System.in);
        double r;
        double phi = 3.14;

        System.out.println("Program Menghitung Luas Permukaan Bola dan Volume Bola");
        System.out.print("Masukkan Nilai Jari-jari (r) : ");
        r = input.nextDouble();
        System.out.println("Luas Permukaan Bola : " + 4 * phi * Math.pow(r,2));
        System.out.println("Volume Bola : " + (4 * phi * Math.pow(r,3))/3);
    }
}

Kode program diatas, akan menghasilkan output : Luas Permukaan Bola = 1256,0 dan Volume Bola = 4186,667 , apabila kita memberi inputan jari-jarinya adalah 10.

Program Menghitung Operasi Pangkat Java  Pada Luas dan Volume Bola

Bagaimana teman teman? Sangat mudah bukan? Sekarang kamu tak perlu risau lagi kalau ketemua program yang bilangan berpangkat. Kamu dapat menggunakan fungsi ini untuk mempermudah pengerjaan program kamu. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga :  Kumpulan Soal Perulangan For Java serta Jawabannya | Penjelasan Lengkap dan Terbaru
Salam Dutormasi !!