Dutormasi.com- Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai cara menghitung luas segitiga. Menghitung luas segitiga ini adalah program dasar bagi anda yang mempelajari bahasa pemrograman, maka sebab itu sangat disarankan anda mempelajari program ini terlebih dahulu. Oleh sebab itu, kali ini dutormasi akan berbagi mengenai cara membuat program luas segitiga bahasa c.

Program Menghitung Luas Segitiga Bahasa Pemrograman C

Untuk dasar mempelajari program ini anda harus mempelejari mengenai input dan output terlebih dahulu, anda bisa mempelajari materi tersebut di postingan saya sebelumnya mengenai Membuat Input dan Output Bahasa C atau bisa klik DISINI.

Program ini kuncinya hanya harus tahu mengenai rumus luas segitiga saja, karena nantinya anda harus menginput nilai dari rumusnya tersebut. Makanya sebelum kita membahas ke programnya ada bagusnya anda mencatat rumus luas segitiga nya terlebih dahulu.

Baca Juga : 

Baiklah agar tidak memperpanjang kata lagi, kita langsung saja ke pembahasan programnya. Baca baik baik pembahasan dibawah ini agar anda mengerti dan mudah memahami tahapan tahapannya.

Program Menghitung Luas Segitiga Bahasa C

1. Anda bisa membuka text editor seperti codeblock atau dev C++
2. Kemudian buat lah lembar kerja baru dengan menekan shortcut CTRL +N
3. Lalu anda bisa save terlebih dahulu lembar tersebut agar nantinya langsung bisa running. Anda bisa menekan shotcut CTRL+S.
4. Pastikan dalam pemberian nama file sesuai dengan nama program agar lebih profersional 
5. Format file juga harus berbentu .c jika menggunakan aplikasi codeblock tetapi kalau aplikasi Dev C++ berarti formatnya adalah .cpp
6. Ketiklah source Code Dibawah Ini
#include<stdio.h>
int main(){
int alas, tinggi, luas;
printf(“Program Menghitung Luas Segitiga n”);
printf(“Masukkan Besar Alas : “);
scanf(“%d”, &alas);
printf(“Masukkan Besar Tinggi : “);
scanf(“%d”, &tinggi);
luas= (alas * tinggi) / 2;
printf(“nLuas Segitiga nya adalah : %d”, luas);
return 0;
}

KETERANGAN : Saran saya jangan langsung di copy paste yaaaa, coba usahakan untuk diketik terlebih dahulu biar programnya bisa anda beransur ansur memahami program di atas.

7. Compile and run source code diatas
8 Maka Hasil Output program diatas adalah sebagai berikut
Program Menghitung Luas Segitiga Bahasa Pemrograman C

KETERANGAN : Pada program diatas anda akan diminta program untuk memasukkan besar alasnya terlebih dahulu, kemudian program akan meminta lagi untuk memasukkan besar tinggi segitiga nya. Karena rumus luas segitigas adalah luas = alas * tinggi / 2, maka program akan otomatis langsung menghitung sesuai dengan rumus yang anda buat diprogramnya.

Baca Juga :  Pecabangan If Bahasa C
 9. Nah jika hasil dari program anda sama dengan hasil program seperti saya diatas, maka program anda sudah selesai. Cukup mudah bukan ?
Baiklah, apakah anda mengerti dengan program diatas? Atau anda belum mengerti ? Yasudah biar kalian mengerti semuanyaa, saya akan membahas perbarisnya mengenai source code diatas.

Keterangan Source Code :

  1. #include Berfungsi untuk mengimpor fungsi-fungsi yang sudah didefinisikan pada file yang berisi fungsi yang sudah disimpan.
  2. <stdio.h> Library yang digunakan untuk operasi input dan output.
  3. int main () yaitu fungsi main yang mana program harus didalam fungsi main agar bisa dijalankan.
  4. int Type data yang merupakan angka bulat, bisa bernilai positif dan negative.
  5. printf Perintah untuk memuat kata untuk ditampilkan pada output.
  6. scanf Suatu fungsi masukan yang digunakan untuk menginput data numeric, karakter dan string secara format.
  7. %d Untuk membaca bilangan bulat.
  8. n Berfungsi untuk new line.
  9. ; untuk mengakhiri pada suatu program
  10. return 0 adalah status exit bahwa program sudah berakhir
Nah.. Bagaimana apakah sudah mengerti? saya kira tentu sudah mengerti karena pembahasan yang telah saya berikan sepertinya sudah cukup dan juga mudah dipahami. Tetapi kalau merasa ada yang janggal dan perlu ditanyakan jangan sungkan sungkan untuk bertanya kepada saya dengan menghubungi contact wa atau email saya pada menu contact pada footer website ini.
Semoga bermanfaat dan salam dutormasi!