Dutormasi.com – Kalian pasti tidak asing dengan profesi yang satu ini , profesi ini biasanya disebut UI / UX design, pada generasi milenial saat ini kita tentunya harus lebih banyak mengetahui bidang- bidang yang cukup dicari beberapa tahun belakangan ini yaitu seorang UI / UX. Tapi sebenarnya UI / UX itu berbeda loh, mari simak pembahasannya dibawah ya…

Perbedaan, Tujuan, Elemen, Tools , dan skill yang dibutuhkan dalam UI / UX

 

UI ( User Interface )

UI Designer ( User Interface ) sebenarnya adalah bagian dari UX yang berfokus pada  tampilan visual design sebuah sistem. UI juga berfungsi untuk memperindah dan menarik perhatian pengguna pada segi tampilan ( interface )sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna atau yang biasa kita sebut ( user friendly )

UX (User Experience )

UX Designer (User Experience ) designer yaitu seseorang yang bertanggung jawab akan  kepuasaan pengguna (user) dan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi. Contoh ketika menggunakan aplikasi Tokopedia, jika kamu ingin membeli token listrik , maka saat kamu memasukkan nomor meter sistem akan langsung menampilkan nama pemilik no meter sehingga kita tau apa benar itu nomor token tujuan yang akan diisi. itu telah menghilangkan rasa khawatir user dan mempersingkat waktu dari pembelian. Pekerjaan sebagai UX designer yaitu melakukan riset bagi pengguna (user research), mendesain juga flow website atau aplikasi mobile, serta melakukan testing.

Perbedaan, Tujuan, Elemen, Tools , dan skill yang dibutuhkan dalam UI / UX

Jadi intinya  UI Design bertujuan untuk membuat tampilan yang berkesan dan nyaman dari segi visual  tampilan produk. Dan UX bertujuan memaksimalkan pengalaman pengguna saat menggunakan produk agar efektif dan efisien

Begitulah pembahasan mengenai User Interface dan User Experience. Bagaimana ?  apakah teman teman sudah mengerti ? semoga bisa dipahami yaaa teman teman, jika ada yang kurang dimengerti anda bisa membacanya dengan mengulang artikelnya. Jangan lupa jika merasa postingan ini bermanfaat silahkan anda share ke teman teman anda agar mereka juga mendapatkan hal yang sama dengan anda.

Baca Juga :  Psikologi Warna pada dunia desain

Salam Dutormasi !