6 Persiapan yang Perlu dilakukan untuk Lolos UTBK, Dipastikan Berhasil!

0
6 Persiapan yang Perlu dilakukan untuk Lolos UTBK, Dipastikan Berhasil!
6 Persiapan yang Perlu dilakukan untuk Lolos UTBK, Dipastikan Berhasil!

Dutormasi.com – Gimana ni? Apakah kalian sudah nyiapin buat UTBK? atau cuman kebayang-bayang tapi belum serius buat persiapan karena merasa UTBK masih jauh? Dutormasi kasih saran ni : yok belajar dari jauh-jauh hari dan jangan sudah dekat ujiannya baru buru-buru buat belajar, malah nantinya malah jadi stress lho.

Seperti yang kalian ketahui, bahwa peserta UTBK sangatlah banyak, jadi kalian perlu persiapkan diri kalian karena ada lebih dari 770 ribu orang yang harus kalian lawan. Oleh karena itu, agar kamu bisa lolos seleksi, kamu harus menyiapkan segala halnya mulai dari sekarang. Berikut beberapa hal yang harus kamu persiapkan :

1. Siapkan Mental

Ya benar sekali, mental merupakan hal paling penting untuk keberhasilan UTBK kamu. Banyak di antara kita yang terlanjur overthinking dan akhirnya buang-buang waktu buat memikirkan kegagalan dibandingkan keberhasilan. Seperti yang kalian sering dengar, ada orang menyebutkan kalimat seperti ini “Kayaknya nggak mungkin sih aku dapat lolos di UGM” atau “aku bakalan nggak sanggup ngerjain soal sebanyak itu”. Ya pemikiran seperti ini, harusnya kamu buang jauh-jauh ya. Percayalah, bahwa insecure terhadapat sesuat tidak akan membantu sama sekali. Jadi kamu hanya perlu fokus dengan apa yang ingin kamu capai, lolos atau enggak itu urusan belakangan.

Baca Juga :  Pancasila Dalam Perspektif Generasi Milenial

2. Membuat Target atau Rencana Belajar

Setelah mental siap, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah buat target belajar. Caranya yaitu dengan mengelompokkan terlebih dahulu mata pelajaran yang kamu kuasai dan tidak kuasai. Prioritaskan terlebih dahulu mata pelajaran yang sulit dimengerti atau mata pelajaran dengan jumlah sub-bab terbanyak. Sehingga kamu masih memiliki cukup waktu buat mengejar ketinggalan. Lalu, mapel tersebut kamu bagi lagi menjadi beberapa topik. Kemudian, tinggal atur jadwal belajar aja deh. Supaya belajar tidak membosankan, kamu dapat mengkombinasikan materi yang lebih ringan. Ya intinya jangan dipaksa kalau tidak kuat, berikan waktu buat istirahat.

3. Pahami Konsep

Kebanyakan siswa atau dari kita dalam belajar yaitu menghafal namun tidak memahami konsep. Perlu diketahui, kalau soal UTBK sangat jauh berbeda dengan soal PTS atau PAS. Tipe soal pun akan berbeda setiap harinya. Jadi kamu perlu merubah cara pandangmu, yang kamu butuhkan bukan hafalan namun nalar dan logika dalam memahami konsep dasar topiknya.

Saat mengerjakan soal TKA Saintek atau hitung-hitungan, tentunya kamu harus belajar dan paham konsep dasar seperti aljabar, peluang, eksponen, deret, algoritma dan lain-lain. Sedangkan untuk TKA Soshum, kamu bisa membuat peta konsep, urutkan dari topik utama, lalu subtopik, sampai yang paling detail dan rinci.

Baca Juga :  Review Brain Academy Center atau Primagama, Mana yang Terbaik?

4. Perbanyak Latihan Soal dan Tryout

Pracite atau mengerjakan banyak soal adalah solusi terbaik untuk lolos di UTBK. Kamu dapat mengukur kemampuanmu dalam memahami materi dengan mengerjakan Tryout. Dan kamu juga dapat mencari soal-soal lama UTBK, untuk mengetahui kisi-kisi soal UTBK itu seperti apa. Dengan begitu kamu akan semakin terbiasa menghadapi berbagai tipe soal.

5. Mengikuti Bimbingan Belajar

Ya cara lain mempersiap UTBK adalah dengan mengikuti bimbingan belajar. Ya tentunya apabila mengikuti bimbel kamu perlu mengeluarkan sedikit dana pribadi kamu buat belajar. Namun untuk kelulusan UTBK dan mendapatkan kampus yang diimpikan, mengeluarkan sedikit uang seharusnya bukan menjadi masalah. Jadi disini dutormasi merekomendasikan bimbingan online terbaik yang dapat kamu pilih menjadi tempat bimbel kamu yaitu Brain Academy. Terdapat ribuan soal, video pembahasan, modul cetak dan digital, konsultasi video call dan forum tanya jawab serta live teaching persiapan UTBK yang dapat kamu akses mulai dari 100 ribuan perbulan.

Selain itu kamu juga mendapatkan simulasi UTBK, kurang apalagikan? Brain Academy dilengkapi denga pembahasan dan rasionalisasi sehingga kamu akan lebih pede memilih program studi dan kampus. Kabar baiknya sekarang Brain Academy sedang diskon besar-besar an, dan kamu juga dapat memilih beberapa paket pilihan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu. Berikut adalah listnya :

  1. Brain Academy Online Reguler, dengan harga Rp220.000/bulan
  2. Brain Academy Online Premium, dengan harga Rp472.000/bulan
  3. Brain Academy Online Elite, dengan harga Rp846.000/bulan.
Baca Juga :  English Academy Center Hadir di Mahendradatta Denpasar

Setiap paketnya tentu memiliki perbedaan yang tentunya ada harga maka ada kualitas. Jadi sesuaikan saja dengan kemampuan dan kenginan.

6. Fokus, Disiplin dan Istirahat

Terakhir persiapan yang dapat kamu lakukan juga adalah fokus. Karena percuma apabila sudah bikin jadwal belajar, namun semangat dan fokus kamu hilang tengah jalan. Ingatlah kembali tujuan utama kamu, yaitu masuk ke perguruan tinggi negeri, kedua cari tempat yang nyaman dan membantu kamu untuk berkonsentrasi, ketiga pahami gaya belajar terbaik kamu. Apakah secara auditory, kinestetik atau secara visual?. Dan yang harus kamu lakukan lainnya yaitu membagi waktu istirahat, karna tidak baik juga apabila memaksakan diri dan malah membuat kamu jadi sakit dan stress.

Mungkin itulah beberapa persiapan yang dapat kamu lakukan untuk lulus di ujian UTBK. Semoga dengan artikel dapat membantu dan ak doakan semoga berhasil lolos di UTBK dan mendapatkan kampus yang kamu impikan.

Semoga bermanfaat dan salam dutormasi!!