Dutormasi.com – Mengamankan HP android dari banyaknya tangan-tangan jahil teman memang sangatlah penting. Ditambah adanya banyak data penting yang bersifat pribadi di dalam hp kita.

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengamankan ponsel kita dari orang-orang iseng melihat isi yang terdapat di hp kita, dari menetapkan pemindai wajah, pemindai sidik jari, menetapkan sandi dan yang paling banyak digunakan adalah menggunakan kunci pola.

Namun bagaimana sih jika kita sendiri lupa kunci pengaman yang kita gunakan?

Cara Membuka HP Android yang Lupa Password

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, tapi disini dutormasi akan memberikan 4 cara untuk membuka kunci pengaman atau password yang tidak sengaja terlupa.

1. Menggunakan Fitur “Emergency Call”

Cara membuka HP Android yang lupa password pertama kali adalah menggunakan fitur panggilan darurat atau emergency call. Untuk pengguna hp android berbasis 5.0-5.1.1, terdapat fitur yang “Emergency Call”yang dapat digunakan untuk mengantisipasi lupanya kunci pengaman HP.

Namun, cara ini dapat berhasil apabila kamu menerapkan beberapa berikut ini dengan benar.

Untuk menggunakan fitur “Emergency Call”, kamu harus menekan panggilan darurat pada layar yang terkunci dan ketikkan tanda bintang (*) hingga memenuhi kolom karakter.

  • Selanjutnya kembali ke halaman layar awal dan buka pintasan untuk mengakses kamera
  • Kemudian tarik kolom pemberitahun yang ada di posisi atas layar dan HP akan meminta kata sandi kamu kembali
  • Tekan lama pada kolom tersebut hingga ada muncul tampilan “Paste” atau tempelkan dan lakukan proses ini berulang kali.
Baca Juga :  Cara Screenshot Situs Web Halaman Penuh dari Atas Sampai Kebawah

Hal ini dilakukan untuk membuat hp menjadi error dala m waktu sementara. Jika kunci pengaman kamu berhenti atau crash , kamu dapat mengakses ponsel kamu tanpa ada kunci pengaman yang sudah kamu lupakan.

2. Menggunakan Fitur ”Factory Reset

Menggunakan fitur ini berarti kamu akan menghapus semua data yang ada di dalam ponsel kamu. Factroy reset ini adalah cara yang digunakan untuk mengembalikan HP ke setelah semula atau setelah awal dari pabrikannya.

Cara ini hanya harus kamu lakukan apabila pemilik ponsel benar-benar lupa kunci pengaman dan akun e-mail yang digunakan pada ponsel tersebut. Namun cara ini cukup beresiko, sebab ponsel bisa saja mengalami error saat melakukan reboot.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan ponsel kamu dalam kondisi non-aktif :

  • Pertama tekan tombol “Home” , “Volume Up” dan tombol “Power” secara bersamaan
  • Tunggu hingga muncul tampilan “Recovery Mode”
  • Kemudian pilih “Wipe Data/Factory Reset” dengan menggunakan tombol volume, lalu gunakan tombol “Power” untuk menjalankan proses.

Setelah itu ponsel akan kemabli ke pengaturan awalnya, dan tentunya dapat kamu gunakan kembali. Tetapi untuk ponsel terbaru saat ini, fitur ini kemungkinan besar tidak berfungsi lagi. Hal ini dikarenakan ponsel terbaru lebih ketat tingkat keamanannya.

Baca Juga :  Pekerjaan di Bidang IT yang Paling Menjanjikan dan Paling DiCari

3. Menggunakan Fitur “Forget Pattern

Cara selanjutnya adalah menghapus pola melalui fitur forget pattern. Ponsel pintar atau HP memiliki tingkat keamanan yang sangat kuat untuk menjaga keabsahan pemilik.

Hal ini memang sangatlah menguntungkan bagi pemilik ponsel karena gadget tersebut tidak dapat dibuka kecuali dengan akun e-mail yang terkait didalamnya.

Fitur ini kamu hanya cukup mencoba berulang-ulang kunci pengaman pada ponsel hingga muncul pilihan “Forget Pattern.

Dengan memilih opsi tersebut, maka kamu akan diminta untuk memasukkan email serta sandi agar dapat melanjutkan proses reset password yang baru.

Setelah itu kamu dapat membuat kunci pengaman ponsel yang baru dan ponselpun sudah dapat digunakan.

4. Menggunakan Fitur “Safe Mode

Pada setiap perangkat yang menggunakan sistem komputerisasi, sering kali disematkan fitur “Safe Mode”untuk membantu mencegah gadget mengalami error.

Untuk ponsel pintar, menggunakan fitur ini dapat membantu kita membuka kunci pengaman pada ponsel. Namun, cara ini hanya dapat digunakan jika kunci pengaman kamu merupakan hasil dari aplikasi yang di unduh dari playstore.

Dengan kata lain, fitur ini dapat bekerja jika kunci pengaman yang digunakan berasal dari aplikasi bawaan ponsel.

Baca Juga :  Pengenalan dan Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak/RPL Lengkap !

Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup menekan tombol “Power” selama 30 detik. Setelah itu akan muncul tampilan “Safe Mode”dan ponsel kamupun dapat digunakan kembali.

Setelah ponsel berfungsi, hapuslah aplikasi pengunci kamu dan hidupkan ulang ponsel. Aplikasi pengunci akan terhapus dan kamu bisa menggunakan ponsel kamu kembali dengan tenang dan aman jaya.

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa cara membuka HP Andorid yang lupa password yang telah dutormasi paparkan. Ponsel cerdas (smartphone) memang sengaja dibuat dengan tingkat keamanan yang luar biasa, dan dibuat untuk antisipasi kejadi yang tidak pernah dikehendaki.

Jadi jika kamu mengalami masalah lupa password, kamu dapat menggunakan 4 cara di atas. Dan apabila kamu tidak mau repot unutk membuka kunci pengaman kunci ponsel kamu, lebih baik kamu megingat akun e-mail yang telah ditanamkan pada ponsel kamu. Seperti melihat notebook dan lain lain.

Semoga bermanfaat dan Salam Dutormasi!!