Dutormasi.com – Tangkapan layar atau dalam bahasa inggrisnya screenshot merupakan suatu gambar yang diambil oleh komputer atau handphone untuk merekam tampilan di layar.

Screenshot juga dikenal dengan sebutan screen capture yang dimanfatkan untuk menangka cuplikan video atau layar agar diarsipkan dalam bentuk foto.

5 Cara Screenshot pada Laptop dan PC Secara Cepat dan Praktis

Cara screenshoot di laptop tentunya sangat berbeda dengan smartphone, yang terkesan lebih praktis dan jenis keluaran android memiliki caranya masing-masing.

Perlu kamu ketahui, untuk menagmbil tangkapan layar pada laptop atau PC (personal computer) dengan sistem operasi Windows, kamu tidak hanya bisa menggunakan dengan satu cara saja loo. Berikut adalah beberapa cara screenshot di laptop dan PC yang dapat kamu lakukan :

1. Menggunakan Tombol Print Sceen (PrtScn)

Salah satu cara untuk menangkap seluruh layar, yaitu pencet Print Screen (PrtScn) pada keyboard kamu. Tangkapan layar tidak akan disimpan dalam berkas langsung, namun akan di salin ke dalam clipboard.

Maka dari itu, kamu harus membuka aplikasi pengeditan gambar seperti Paint, dan kemudian barulah screenshot tadi baru bisa dimasukkan kedalam penyimpanan kamu dengan cara save.

2. Menggunakan Tombol Windows Key + PrtScn

Baca Juga :  Fungsi Tombol F1 Hingga F12 Keyboard Komputer yang Jarang diketahui

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menekan windows key + tombol PrtScn pada keyboard kamu.

Setelah di tekan bersamaan, maka layar akan meredup dan menunjukkan bahwa layar siap untuk ditangkap layarnya, dan nantinya akan disimpan ke dalam folder gambar ==> tangkapan layar (screenshot).

3. Menggunakan Tombol Alt + PrtScn

Selanjutnya untuk menangkap layar dengan cepat adalah menekan tombol Alt + PrtScn secara bersamaan. Dan layar aktif akan secara otomatis disimpan, namun masuk kedalam clipboard. Untuk menyimpannya kamu memerlukan aplikasi editor seperti print dan lain lain.

4. Menggunakan Snipping Tool

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan windows dan digunakan untuk mengambil screenshot dengan format yang lebih fleksibel seperti panjang dan lebarnya tergantung pengguna inginkan.

Aplikasi ini dapat dicari di windows dan setelah dibuka, kliklah tombol new untuk memulai proses screenshot.

Dengan aplikasi ini kamu juga dapat mengatur waktu delay-nya sehingga apabila ingin tangkap layar akan mempermudah kamu dalam penggunaannya.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga – LightShot

Baca Juga :  7 Tips Memaksimalkan Memori Internal Kecil Pada Smartphone dengan Mudah

Dan cara terakhir yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Lightshot, Aplikasi ini menyediakan fitur dan opsi yang lebih dan dapat kamu pilih dan sesuiakan.

Lightshot juga merupakan opsi yang lebih baik untuk pekerjaan yang lebih profesional atau tangkapan layar yang membutuhkan pengeditan secara signifikan.

Jadi itulah 5 cara menangkap layar (screenshot) di laptop maupun PC. Semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu kamu mendapatkan tangkapan gambar dari layar kamu dan tentunya mudah dan praktis.

Apabila kamu suka, bagikan kepada teman teman kamu agar mereka mendapatkan manfaatnya.

Salam DUTORMASI!!

DUTORMASI


Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINIuntuk mendapatkan informasi lebih lanjut.