Dutormasi.com – Bagi kamu seorang mahasiswa tentunya tidak akan terlepas dari sesuatu yang namanya tugas. Meski terkadang tugas yang diberikan dosen memberatkan dan tanpa henti, tentunya itu bukan tanpa alasan. Dosen memberikan tugas segudang tersebut dengan tujuan agar ilmu yang kamu dapatkan lebih terserap secara maksimal.

Jadi bagi kamu yang masih ngeluh, yok berubah jangan ngeluh lagi. Seharusnya kamu sebagai orang terpelajar harusnya dapat membagi waktu menyelesaikan tugas tugas kamu. Dan tentunya yang paling utama kamu harus memiliki niat mengerjakannya. Bisa dimulai dari yang paling mudah, atau membuat jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan segera diskusi dengan teman kamu jika mengalami kesulitan. Berdiskusi dengan teman bukan berarti meminta jawaban ke teman kamu yaa. hehe. Arti diskusi di sini kamu harus membagi pandangan dan menerima pandangan (ilmu) yang belum kamu dapatkan dari teman kamu, jadi ada konteks take and give.

Dan yang harus kamu hindari adalah mengerjakan tugas sistem kebut semalam (SKS). Di samping tidak baik untuk kesehatan karena begadang, juga mengerjakan dengan sistem kebut semalam (SKS) hasilnya menjadi tidak maksimal.

Baca Juga :  Cara Upload Foto / Status di Instagram dengan PC | Terbaru 2021

Cara Mengubah PDF ke Word Mudah dan Cepat

3 Cara Mengubah PDF ke Word agar Dapat di Edit ! Mudah dan Cepat
3 Cara Mengubah PDF ke Word agar Dapat di Edit ! Mudah dan Cepat

Dibalik kesulitan itu semua, sadar gak sih kamu kalau referensi atau sumber tugas tentunya ada ber-format PDF? PDF singkatan dari Portable Document Format adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital.

Dokumen dengan format PDF tidak bisa kamu salin dan tempel pada halaman Word. Dan tentunya kamu semakin sulit mengetik ulang referensi atau sumber data kamu tersebut. Maka jalan satu-satunya adalah dengan cara mengubah atau meng-convert PDF ke Word agar referensi dan sumber tersebut dapat di salin.

Apabila permasalahan kamu sama seperti di atas, maka kamu sedang berada di postingan yang tepat. Karena pada artikel ini akan memberitahu kamu cara merubah PDF ke Word. Berikut adalah cara mengubah PDF ke Word agar bisa diedit :

1. Menggunakan WPS Office atau Microsoft Office

Cara pertama adalah meggunakan WPS Office atau Microsoft Office, jika komputer amu terpasang 2 software tersebut. Cara untuk WPS Office adalah sebagai berikut :

  • Buka terlebih dahlu aplikasi WPS Writterm kamudian buka file PDF yang akan di ubah ke Word
  • Kemudian masuk ke Menu Special Features dan klik PDF to Word. Microsot Office minimal versi office 2013 keatas caranya sama.
  • Buka file PDF di Microsoft Office, apabila muncul pop up maka klik saja OK dan tunggu hingga dokumen terbuka. Nah pada langkah ini, kamu sudah bisa mengedit langsung dokumen dan tinggal Save As dengan ekstensi atau format word yakni doc atau docx
Baca Juga :  2 Cara Menghapus Histrory atau Riwayat Pencarian Google Chrome dengan Mudah

2. Menggunakan Google Docs

Hampir semua orang tentunya sudah memilih akun google bukan? Google tidak hanya digunakan sebagi search engine saja, namun juga memiliki fitur yang namanya Google Docs yang sangat membantu. Caranya yaitu kamu hanya perlu masuk ke akun googlemu, lalu upload file PDF yang ingin diubah ke Word di Google Drive dokumen kami. Setelah selesai , bukalah dokumen PDF dengan Google Docs, kemudian save atau download sebagai docx. Atau secara rincinya, kamu dapat mengikuti langkah ini :

  • Masuk dahulu ke akun Google, kamudian masuk ke Google Drive
  • Upload file PDF ke Google Drive dan tunggu selesai
  • Setelah proses upload selesai, klik kanan pada file PDF yang baru di upload maka convert dan pilih Open With > Google Docs
  • Mulai di sini, susunan akan berubah, maka perbaiki saja dulu dan jangan lipa di save sebelum di convert
  • Untuk merubah file ke Word, klik File > Download As > Microsoft Word (.docx)
Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Meet di Laptop ataupun Handphone

3. Menggunakan Website seperti pdf2doc.com

Situs ini menyediakan fitur untuk convert PDF ke Word secara gratis, sebenarnya ada banyak situs sejenisnya seperti smallpdf.com atau ilovepdf.com dan caranya kurang lebih hampir sama, maka kamu bebas memilih situs yang mana. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Buka situs PDF to Doc di URL pdf2doc.com
  • Setelah masuk, pada bagian tab, kamu pilih PDF to Doc atau PDF to DOCX sama saja
  • Lalu klik tombol UPLOAD FILES dan pilih file PDF yang ingin di convert, dan kamu juga bisa mengupload banyak file PDF sekaligus
  • Tunggu proses sampai selesai, lalu klik download file yang sudah diconvert dengan klk tombol download atau download all jika mengunggah banyak file sekaligus.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengubah atau meng-convert file PDF ke Word. Semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu kamu dalam mengerjakan tugas.

Semoga bermanfaat dan salam DUTORMASI!!!