Dutormasi.com – Halo sahabat Dutormasi. Kami kembali lagi untuk memberikan ilmu yang bermanfaat. Sebelum melamar suatu pekerjaan, banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi bukan? Dari surat lamaran, data diri, ijazah , Curriculum Vitae, Resume dll. Ada yang hanya meminta surat lamaran, curriculum vitae, resume, fotokopi ijazah tetapi ada juga yang hanya meminta salah satu dari curriculum vitae dan resume tersebut. Apa sih perbedaan dari kedua dokumen diatas? Walaupun sama-sama menampilkan data diri tetapi 2 dokumen ini memiliki perbedaan yang signifikan ya…

Nah sahabat dutormasi jangan khawatir. Disini kami akan menjelaskan perbedaan dari Curriculum vitae dan resume yang sering diminta saat melamar suatu pekerjaan. Baca dengan seksama ya

1. Curriculum Vitae

Curriculum vitae adalah sebuah dokumen yang berisi tentang informasi data diri seseorang yang dapat ditata dengan beberapa halaman atau lebih. Tidak terdapat aturan halaman untuk penulisan CV ini karena penulisan CV dapat bergantung pada banyaknya pengalaman seseorang yang akan melamar tersebut.

Penulisan CV ini juga dapat dijelaskan secara rinci dan oleh sebab itu dapat terdiri dari 2 halaman bahkan lebih. Perjalanan hidup, riwayat pendidikan, biografi diri bahkan prestasi dapat ditambahkan pada Curriculum Vitae ini. Adapun beberapa referensi yang dapat digunakan sebagai acuan membuat

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Facebook Permanen Selamanya Terbaru

Curriculum Vitae ini antara lain:
a. Data Pribadi
b. Foto
c. Riwayat Pendidikan
d. Skills
e. Prestasi
f. Pengalaman

2. Resume

Resume adalah sebuah dokumen singkat, padat dan fleksibel. Biasanya hanya terdiri dari satu halaman yang dapat memuat semua ringkasan biografi, pengalaman, skill, prestasi dan pendidikan seseorang. Dokumen ini juga biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan tertentu.

Resume ini dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat menguatkan suatu kelebihan tertentu yang kita miliki. Resume biasanya juga dibuat untuk menjelaskan kelebihan yang dapat membuat perusahaan lebih percaya kepada anda untuk merekrut anda ke perusahaan.

Adapun beberapa referensi yang dapat ditulis di Resume antara lain.
a. Ringkasan data diri
b. Pengalaman
c. Kemahiran
d. Bahasa
e. Informasi pendidikan

Sekarang sudah tahu kan? Apa saja yang membuat mereka berbeda. Kedua dokumen ini memiliki perbedaan Tujuan, Halaman, Format, fungsi dan isi yang berbeda. Dengan begitu kedua dokumen ini dapat dibilang sangat berbeda antara satu dengan yang lain. Semoga bermanfaat dan Salam Dutormasi!!.

Baca Juga :  Cara Membuat Channel Telegram Terbaru Lengkap dengan Pengaturannya

DUTORMASI


Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.