Dutormasi.com – Bagi kamu seorang developer pasti tidak asing lagi atau sering mendengar TLS/SSL. Tapi kamu tahu gak apasih sebenarnya itu TLS dan SSL?

Apa Pengertian dan Pentingnya SSL/TLS pada Website serta Cara Kerjanya

TLS merupakan singkatan dari Transport Layer Security yang digunakan untuk mengamankan privasi data. Sedangan SSL merupakan singkatan dari Secure Sockets Layer yang mengarah pada jenis keamanan digital yang memperbolehkan komunikasi dienkripsi antara website dan web browser.

SSL pada dasarnya sekarang tidak lagi digunakan karna telah digantikan sepenuhnya oleh TLS.

Terus apasih pengertian dari HTTPS? HTTPS merujuk pada ekstensi HTTP. Website yang mengaktifkan SSL/TLS ini akan mendapatkan atau menggunakan HTTPS untuk membuat koneksi lebih aman.

  • SSL/TLS berfungsi untuk mengaman informasi yang bersifat sangat sensitif, contohnya data pribadi pembayaran, proses transmisi ataupun informasi login.
  • SSL/TLS merupakan sebuah alternatif dari text data transfer biasa di mana koneksi servet tidak dienkripsi. Dengan adanya sertifikat ini, maka para hacker akan sangat kesulitan untuk menembuh koneksi dan mencuri data yang kita miliki.
  • Bisa kita bilang, sebagian besar pengguna terbiasa dengan sertifikat SSL/TLS yang digunakan oleh para webmaster untuk mengamankan website dan tentunya menyediakan proteksi yang lebih bagi visitor atau klien terkait transaksi.
Baca Juga :  Pengertian Structured Query Language (SQL) Serta Komponen Komponennya !

Bagaimana Cara Kerja SSL/TLS

Cara kerja SSL dengan mengunci cryptographic key ke informasi perusahaan yang hendak diidentifikasi. Data yang dikirim akan terenkripsi dengan baik selama adanya proses transfer sehingga pihak ketiga tidak bisa masuk ataupun mencuri informasi yang sensitif.

Pada SSL/TLS tidak hanya da private key dan publik key saja, tapi juga yang namanya session key untuk setiap secure session yang unik. Saat user mengetikkan alamat URL yang diamankan SSL ke web browser yang sudah dilindungi, browser dan web server akan membuat koneksi.

Koneksi awal, public key dan private key akan digunakan untuk membuat session key. Kemudian mengenkripsi dan mendekripsi data yang sedang ditransfer. Session key akan terus valid untuk waktu yang terbatas dan hanya digunakan saat session tertentu.

Kamu bisa tahu website menggunakan SSL/TLS atau tidak nya dari adanya gambar atau icon gembok berwarna hijau diatas browser. Ikon tersebut dapat diklik dan kamu dapat tahu siapa yang menyimpan informasi sertifikat dan untuk mengelola pengaturan SSL/TLS.

Baca Juga :  15 Website Membantu Kamu Dalam Mencari Beasiswa

Kapan dan Mengapa Sertifikat SSL/TLS Harus Kita Aktifkan?

SSL/TLS ini tentunya wajib dipasang kapan pun ketika inforasi sensitif, seperti halnya username, password, email, proses pembayaran, sedang ditransfer atau dipindahkan.

Sertifikat ini bertanggung jawab untuk memsatikan bahwa hanya ada satu user atau organisasi saja yang diizinkan uploader yang dapat mengakses data yang sedang dipindahkan. Tentunya ini sangatlah penting mengingat ada banyak perangkat ataupun server yang harus dileati oleh suatu informasi sebelum akhirnya tiba sampai ketempat tujuan.

Berikut adalah alasa mengapa kita harus mengaktifkan SSL/TLS di website :

  • Kamu membutuhkan Authentication (otentikasi), server apapun bisa berpura-pura menjada server kamu, mencuri informasi yang dikirimkan lewat website kamu. Disini sertifikat tersebut akan memungkinkan untuk menampilan identitas server sehinggat visitor atau klien bisa tahu siapa kamu.
  • Mendapatkan Kepercayaan, jika kamu mengelola situs E-commerce maka meminta data penting dari pengguna, maka untuk mendapatkan kepecayaan tersebut, SSL/TLS merupan salah satu cara cukup efektif.
  • Patuh dengan aturan yang ditetapkan, pada beberapa industri dan bidang, anda diwajibkan untuk mengelola dan mempertahankan keaman dasar. Selain itum ada juga panduan Payment Card Industry (PCI) yang wajib kamu ikuti jika kamu memasukkan informasi kartu kredit via website. Untuk itu dibutuhkan sertifikat SSL/TLS.
Baca Juga :  Quick Format vs Format | Apa Perbedaannya?

Jadi itulah pengertian dari SSL dan TLS. Dan juga bagamana cara kerja dari SSL/TLS serta kapan kita harus mengaktifksan SSL/TLS pada website kita.

Semoga bermanfaat dan Salam Dutormasi!!

DUTORMASI

Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.