Faktor Faktor yang Mempengaruhi Harga Premi Mobil

0
Faktor Faktor yang Mempengaruhi Harga Premi Mobil

Dutormasi.com – Faktor faktor yang mempengaruhi harga premi mobil ini memang perlu Anda ketahui dan pelajari. Sebab, dalam menentukan biaya premi asuransi, maka setiap perusahaan asuransi tentunya memiliki faktor yang berbeda-beda dalam menggunakan data statistik yang tidak diketahui konsumen.

Namun, tentunya ada beberapa faktor yang memang sering digunakan dan bisa membuat Anda lebih menghemat biaya premi asuransi. Penasaran? Simak saja ulasan lengkapnya berikut ini.

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Harga Premi Mobil

Apabila Anda memang tertarik untuk mengasuransikan mobil kesayangan Anda, maka silahkan lakukan pengecekan total premi yang akan dibebankan kepada Anda terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan finansial Anda saat ini.

Nah, pada waktu melakukan pengecekan ini, Anda mungkin akan mendapati perbedaan biaya antara asuransi kendaraan yang satu dengan lainnya. Perbedaan biaya asuransi kendaraan ini tidak lepas dari berbagai faktor. Nah, berikut ini akan dijelaskan faktor faktor yang mempengaruhi harga premi mobil.

1.    Jenis Kendaraan

Hal yang menjadi pembeda dari harga premi mobil pertama adalah dari jenis kendaraan yang akan Anda asuransikan. Biasanya, semakin mahal harga kendaraan dan masa produksinya pun masih baru, maka harga dari premi asuransinya pun cenderung lebih mahal dari kendaraan lain.

Baca Juga :  Soal dan Pembahasan Quiz Algoritma DDA dan Breshman

Hal ini tentunya tidak lepas dari pengaruh harga mobil itu sendiri. Dimana generasi terbaru sudah pasti lebih mahal dari generasi terdahulunya. Sebab, generasi terbaru ini sudah disematkan fitur dan teknologi yang lebih canggih untuk meningkatkan pengalaman dalam berkendara.

2.    Skor Kartu Kredit

Faktor faktor yang mempengaruhi harga premi mobil selanjutnya adalah dari skor kartu kredit yang Anda miliki. Pihak perusahaan asuransi pun ingin mengetahui apakah Anda membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu atau tidak.

Jika Anda terbukti memiliki masalah dengan pihak bank mengenai pinjaman uang atau tunggakan kartu kredit. Maka, Anda akan mendapatkan premi asuransi dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan, mungkin permohonan asuransi mobil Anda pun akan ditolak.

3.    Tempat Tinggal

Perlu Anda ketahui, bahwa ternyata lokasi tempat tinggal mempengaruhi besarnya premi asuransi kendaraan. Jadi, semakin padat wilayah tempat tinggal Anda, maka akan semakin besar juga premi yang akan dibebankan.

Sebab, risiko terjadinya kecelakaan atau kerusakan pada mobil ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Anda yang bertempat tinggal di pedesaan. Nah, pembagian wilayah ditentukan berdasarkan zona areanya.

Baca Juga :  Inilah 11 Profesi Kerja dengan Gaji Terbesar Di Indonesia

Ada wilayah 1, wilayah 2, dan wilayah 3. Untuk Anda yang bertempat tinggal di Jakarta, maka Anda berada di wilayah 2. Untuk pembagian wilayah ini sebenarnya akan lebih memudahkan penilaian resiko yang akan menimpa kendaraan anda.

Dengan begitu, maka perusahaan asuransi pun bisa memberikan estimasi biaya untuk mengcover kerusakan pada mobil Anda, baik kerusakan besar maupun kecil.

4.    Catatan Mengemudi

Faktor faktor yang mempengaruhi harga premi mobil selanjutnya adalah catatan pengemudi. Bagi Anda yang sudah sering mengendarai mobil, tentunya catatan mengemudi menjadi bahan pertimbangan perusahaan asuransi dalam menentukan apakah Anda layak menerima asuransi mobil atau tidak.

Biasanya, perusahaan asuransi ini akan mengecek dari catatan tilang Anda yang ada di kepolisian atau di kejaksaan selama tiga tahun terakhir. Nah, catatan mengemudi yang buruk ditambah dengan skor kartu kredit yang buruk, serta history klaim asuransi mobil yang buruk bisa menjadi penyebab rate asuransi anda tinggi.

5.    Usia Kendaraan

Asuransi kendaraan memiliki peraturan tersendiri mengenai usia kendaraan yang boleh diasuransikan. Biasanya, semakin tua kendaraan, maka akan semakin mahal preminya. Hal ini dikarenakan risiko terjadinya kerusakan jauh lebih besar daripada kendaran yang baru saja dibeli.

Baca Juga :  Alta School Sekolah Online Untuk Usia Paud Sampai dengan Usia Kelas 4 SD

Mulai dari mesin, badan mobil, dan semuanya bisa dikatakan lebih rapuh ketika usia mobil sudah bertambah tua. Selain itu, spare part yang melekat pada mobil tersebut juga mempengaruhi besarnya premi. Jadi, semakin mahal dan langka spare partnya, maka akan semakin mahal pula premi asuransinya.

Nah, bagi Anda yang ingin meminimalisir pembayaran premi, maka sebaiknya asuransikan mobil Anda jika usianya sudah satu atau dua tahun penggunaan. Jadi, Anda tidak perlu mengasuransikan mobil tua, terlebih jika Anda jarang menggunakannya. Sebab, hal tersebut menjadi sebuah tindakan pemborosan.

Nah, inilah faktor faktor yang mempengaruhi harga premi mobil yang perlu Anda ketahui. Tentunya masih banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi harga premi asuransi mobil. Hal ini tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan asuransinya.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari asuransi untuk kendaraan kesayangan Anda, maka bisa memilih Asuransi Garda Oto. Mengapa harus asuransi Gardaoto.com? Sebab, asuransi ini sudah terbukti memiliki kualitas dan pelayanan terbaik di bidangnya. Bahkan, Asuransi Garda Oto telah mendapatkan Top Brand Award sejak 2007 hingga 2022 dari Majalah Marketing & Frontier.