Ini Cara Menentukan Kebutuhan Software ERP yang Efektif Untuk Perusahaan

0
Ini Cara Menentukan Kebutuhan Software ERP yang Efektif Untuk Perusahaan
Ini Cara Menentukan Kebutuhan Software ERP yang Efektif Untuk Perusahaan

Penerapan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) saat ini sudah mulai banyak dilakukan seiring berkembangnya teknologi digital. Sistem ini digunakan sebagai bentuk upaya meningkatkan nilai tambah dan memberi pelayanan lebih baik bagi para pelanggan dan calon pelanggan.

Penggunaan ERP sendiri meliputi perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan ragam aktivitas dalam operasional bisnis. Tujuan dari integrasi itu yakni memudahkan operasional perusahaan dengan cara mengimplementasikan sistem secara otomatis agar dapat mengurangi terjadinya human error yang dapat mengganggu jalannya operasional. Supaya implementasi software ERP berjalan sesuai rencana, Anda harus melakukan penyesuaian sistem dengan kebutuhan perusahaan agar penerapan ERP bisa berjalan secara optimal dan memberikan hasil terbaik. Software RedERP mampu jadi solusi sekaligus sistem ERP terbaik untuk Anda gunakan karena sifatnya yang fleksibel.

Bagaimana Menentukan Kebutuhan Software ERP yang Tepat?

Menentukan software ERP yang tepat untuk perusahaan bisa dibilang gampang-gampang susah. Anda harus mengetahui lebih jauh bagaimana perusahaan menjalankan operasional bisnisnya. Kemudian mengetahui apa saja kendala bisnis yang dialami perusahaan agar dapat menemukan solusi paling manjur bagi keberlangsungan bisnis Anda.

Baca Juga :  7 Hal Sepele yang Harus Dihindari agar Laptop Tetap Awet

Dari sini Anda dapat melihat gambaran apakah perusahaan Anda akan cocok menggunakan menggunakan software ERP atau tidak.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan ciri-ciri perusahaan Anda dalam menjalan prosedur bisnisnya. Lalu Anda bisa tentukan apakah perlu dilakukan penyesuaian dalam penerapan sistem ERP. Terlebih saat ini beberapa penyedia layanan ERP dapat melakukan kustomisasi ERP untuk menyesuaikannya dengan prosedur yang berjalan di perusahaan. Hal ini tentu memudahkan dalam konfigurasi dan menyelaraskan dengan sistem yang ada di perusahaan.

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan software ERP yang tepat, yaitu:

  1. Cara yang pertama Anda harus memahami apa yang jadi kebutuhan perusahaan Anda dan ini perlu dilakukan oleh tim. Libatkan manajer tiap departemen untuk memperoleh masukan. Pertimbangan ini sebetulnya bersifat intangible dan keputusan akhirnya ditentukan berdasarkan kesepakatan bersama para manajer.
  2. Selanjutnya cari tahu apa tantangan bisnis yang mungkin akan dihadapi perusahaan Anda kedepannya. Setiap perusahaan punya tantangan yang berbeda sehingga pastikan software ERP yang akan dipilih bisa membantu menghadapi tantangan tersebut.
  3. Konsultasikan segala solusi yang Anda harapkan kepada vendor penyedia layanan ERP dan tanyakan apakah fitur-fitur di dalamnya mampu menangani semua hambatan yang Anda tanyakan.
  4. Lamanya implementasi ERP ditentukan oleh berbagai faktor, mulai dari skala perusahaan, kompleksitas operasional perusahaan, hingga kecakapan vendor dalam menerjemahkan keinginan kliennya. Anda perlu menanyakan berapa lama software ERP akan siap running dan digunakan.
  5. Terakhir, pastikan anggaran yang dimiliki cukup untuk memenuhi kebutuhan implementasi ERP. Buat anggaran secara spesifik karena penyesuaian kebutuhan dengan anggaran membuat Anda harus pintar-pintar memilih modul yang tepat dan bermanfaat untuk bisa mengembangkan bisnis tanpa melebihi budget yang ada.
Baca Juga :  11 Tips Cara Cepat Belajar Komputer untuk Pemula

Kesimpulan

Cara menentukan software ERP yang cocok untuk perusahaan Anda terutama jika ingin diterapkan pada pabrik menjadi hal penting. Sebab, pengelolaan sumber dayanya bergantung pada ERP yang digunakan. Selain itu, ketetapan dalam proses analisisnya juga akan dapat mengoptimalkan proses implementasi ERP.

Software RedERP jadi pilihan terbaik untuk menyederhanakan segala operasional bisnis yang kompleks di pabrik Anda sehingga meningkatkan efisiensi, menghemat anggaran, dan memaksimalkan produktivitas bisnis.

Selain itu, Anda pun dapat mengoptimalkan aset yang ada pada perusahaan menggunakan software asset management dan semuanya itu terintegrasi dalam satu sistem. Untuk mengetahui modul-modul ERP apa saja yang Anda butuhkan, jangan ragu untuk menghubungi RedERP di webiste resminya. Konsultasikan sekarang juga, gratis!