Dutormasi.com – Halo sahabat Dutormasi. Masih semangat mendalami ilmu baru? Harus selalu semangat ya… Karena kita kali ini akan mempelari bahasa pemrograman baru yang cukup populer pada saat ini yaitu bahasa pemrograman Dart. Sebenarnya apa Dart ini dan kenapa bahasa Dart ini dibuat. Lebih lengkapnya akan langsung kita bahas dibawah ini.

Dart adalah salah satu bahasa pemrograman open source yang dikembangkan oleh Google untuk membuat aplikasi multiplatform seperti web, mobile , desktop dsb. Dart ini bertujuan awal sebagai mengganti bahasa Javascript yang memiliki banyak sekali kelemahan. Dan salah satu SDK yang mulai berkembang saat ini yang dapat dibuatkan aplikasi yang multiplatform yaitu Flutter juga hadir menambah kesan dikenalnya bahasa pemrograman ini.

Dart ini adalah bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari karena hampir mirip dengan bahasa pendahulunya seperti Java, javascript dan C#. Untuk itu bahasa pemrograman ini sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar dari awal dan mulai terjun untuk memahami bahasa pemrograman yang satu ini.

Untuk pembelajaran di awal mari kita mulai instalasi bahasa pemrograman Dart ini:

INSTALASI DART

1. Download SDK Dart

Untuk memulai bahasa pemrograman Dart disini kita memerlukan sebuah SDK dari bahasa pemrograman tersebut. Disini kita dapat mendownloadnya di Dart for Windows (gekorm.com). Sebuah komunitas installer yang mempermudah kita untuk menginstal sebuah SDK. Disarankan untuk memilih SDK yang stabil.

2. License Agreement

Setelah membaca Agreement License pada Installer SDK Dart maka pilih opsi I Accept for this agreement untuk melanjutkan proses instalasi.

3. Install

Lalu pilih install untuk melakukan penginstalan. Pengisntalan akan dilakukan secara online jadi siapkan koneksi internet untuk kelancaran penginstalan SDK.

4. Selesai

Penginstalan selesai kamu dapat menggunakan SDK Dart dan memulai membuat program pertamamu.

Program Sederhana

Untuk memulai membuat program sederhana ini kita dapat menggunakan beberapa IDE popular seperti VSCode, Intelij Idea dan lain-lain. Tetapi pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan IDE yang terdapat di web yaitu DartPad. Suatu situs untuk belajar koding dart dengan menggunakan web. Langsung saja kunjungi web berikut untuk memulai pembuatan aplikasi pertama kita.Klik disini untuk menuju web DartPad.

Kita dapat menghapus code didalam void main dan menggantinya sebagai berikut:

void main() {
     print("Hello World!!");
 }

Maka hasil yang terlihat di console akan seperti ini :

Bagaimana cukup mudah bukan? Untuk Instalasi dan Aplikasi sederhana ini kita buat lebih mudah sebagai pengenalan kita dalam belajar bahasa pemrograman Dart ini. Jadi jangan bosan untuk mengikuti seri pembelajaran bahasa Dart ini ya. Sekian postingan kali ini apabila ada kesalahan saya mohon maaf, Semoga bermanfaat dan Salam Dutormasi!!.

DUTORMASI


Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik Disini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.