Beranda blog

6 Prospek Kerja Developer 2021

0
6 Prospek Kerja Developer 2021
Pada zaman teknologi yang pesat ini, banyak pekerjaan yang mengandalkan teknologi apalagi seorang Developer. Seorang Developer selalu memiliki banyak peluang kerja. Tidak hanya cuma membuat suatu aplikasi / web saja, tetapi masih banyak yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukkan. Apa saja prospek kerja tersebut? berikut kita simak.

Pada zaman teknologi yang pesat ini, banyak pekerjaan yang mengandalkan teknologi apalagi seorang Developer. Seorang Developer selalu memiliki banyak peluang kerja. Tidak hanya cuma membuat suatu aplikasi / web saja, tetapi masih banyak yang bisa dilakukan untuk menambah pemasukkan. Apa saja prospek kerja tersebut? berikut kita simak.

1. Blogging

Jika kamu memiliki hobi menulis seperti membuat cerita pendek atau diary harian prospek kerja ini mungkin saja cocok untuk mu. kamu hanya membuat situs blog mu sendiri kamu bisa sharing pengetahuan dan pengalaman di situs tersebut. manfaat lainnya yaitu bisa memberikan pengetahuan lebih kepada pembaca. jika situs sudah dikunjungi oleh banyak orang blog mu akan berkembang dan akan mulai mendapat pemasukan.

2. Menjual Template HTML

 Seorang developer biasanya sering membuat suatu aplikasi tetapi biasanya hanya dipakai sekali saat projek itu dibuat. Aplikasi yang digunakan tersebut bisa saja kita jual untuk digunakan kembali oleh Developer lain. Selain membantu pekerjaan mereka, kita juga dapat income dari menjual template tersebut. 

3. Membuat Ebook

Sama seperti blogging, Ebook menjadi salah satu pemasukan yang banyak digunakan saat ini. Hanya dengan sekali pembuatan E-book, dapat dibagikan secara luas di website. Ada banyak situs menjual Ebook secara online, Sekarang juga bisa dibagikan melalui situs E-commerce atau kamu bisa pasarkan langsung melalui situsmu.

4. Membuat Channel Youtube

Pengetahuan lebih terhadap sesuatu biasanya akan memudar jika tidak diajarkan kembali. Mengajarkannya melalui Youtube dapat membantu permasalahan tersebut. Youtube menjadi media populer untuk saling berbagi ilmu dan diskusi lebih dalam tentang aplikasi. Fokuskan terlebih dahulu untuk membuat konten sesuai keinginan penonton untuk menambah subscriber.

5. Mengajar

Menjadi tenaga pengajar juga menjadi salah satu prospek kerja yang menjanjikan. Mengajar tidak hanya dapat dilakukan privat secara offline, sekarang sudah banyak teknik mengajar seperti mengadakan kursus secara online. Dengan membuat kelas online ini juga memudahkan pengajar untuk tidak selalu mengulang apa yang telah diajarkan. Jika terdapat masalah dapat langsung konsultasi dan mengikuti video pembelajaran yang sudah disediakan.

6. Freelancing

Pekerja kantoran selalu melakukan pekerjaan yang monoton setiap hari, selalu datang setiap pagi lalu pulang setiap sore sesuai jam yang sudah ditentukan. Jika kamu tipe yang tidak suka dikekang oleh peraturan seperti itu menjadi Freelancer dapat menjadi solusi. Pekerjaan dapat kamu selesaikan dimanapun dan kapanpun kamu berada tanpa harus memikirkan aturan yang selalu mengikatmu. Ini membuat kamu lebih santai untuk melakukan pekerjaan dan dapat sekalian berlibur di tempat yang kamu suka sambil bekerja.

5 Bentuk Keamanan pada E-Commerce

0
5 Bentuk Keamanan pada E-Commerce
Pada sistem jual beli secara online, keamanan merupakan hal yang sangat penting. Data-data berikut bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Data yang terdapat di E-Commerce biasanya berisi tentang data pribadi yang membuat korbannya rentan terhadap pelaku kriminal seperti penipuan, carding dll. Untuk itu, Sistem Keamanan sangat diperlukan untuk melindungi data privasi pengguna. Apa saja bentuk keamanan yang akan menjaga perlindungan sistem dari E-Commerce. Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Pada sistem jual beli secara online, keamanan merupakan hal yang sangat penting. Data-data berikut bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Data yang terdapat di E-Commerce biasanya berisi tentang data pribadi yang membuat korbannya rentan terhadap pelaku kriminal seperti penipuan, carding dll. Untuk itu, Sistem Keamanan sangat diperlukan untuk melindungi data privasi pengguna. Apa saja bentuk keamanan yang akan menjaga perlindungan sistem dari E-Commerce. Mari kita bahas pada artikel kali ini.

1. SECURE SOCKET LAYER (SSL)

SSL Merupakan salah satu protokol pada jaringan komputer, khususnya di Transport Layer, yang bertugas melakukan encoding (perubahan paket data) dan enkripsi antara paket data yang menukarkan atau mentransmisikan oleh computer pengirim dan komputer penerima. Dengan adanya proses enkripsi dan proses encoding tersebut, keamanan data dalam jaringan computer dapat terjaga dengan baik.

Protokol merupakan standar dan aturan di dalam jaringan komputer yang mengatur semua entitas di dalam jaringan komputer. SSL Certificate menerapkan banyak sekali berbagai layanan di jaringan internet, misalkan web application maupun mobile application, untuk proses transaksi jual beli secara online (e-commerce), kartu kredit, login sistem, dan aktivitas lainnya yang memerlukan informasi penting.

Sebuah SSL Certificate bekerja dengan cara menggunakan public key dan private key, yang merupakan konsep utama dalam kriptografi (Teknik pengamanan data di dalam jaringan komputer, dengan cara mengacak sebuah isi pesan asli/plain text ke dalam pesan samar/ciphertext, sehingga untuk dapat membuka pesan samar tersebut memerlukan kunci/key.

Sistem Kerja pada SSL

  • SSL Certificate terpasang pada web server dan aplikasi server dari aplikasi mobile yang digunakan oleh pengguna pada jaringan komputer (internet).
  • Saat pengguna terhubung ke layanan dan aplikasi yang menggunakan sertifikasi SSL ini, maka dengan cepat system akan memberikan sebuah sesi/session.
  • Session ini dibentuk oleh public key dan private key pada SSL.
  • Hal ini menjadikan paket data ditransmisikan atau dipertukarkan selama proses komunikasi, tidak akan bisa dipecahkan (meski telah disadap/dicopy) karena ada kunci/key yang harus dipecahkan di dalamnya

2. FIREWALL

Firewall merupakan gabungan antara perangkat keras komputer (hardware) dan perangkat lunak (software) yang ditujukan untuk mengatur dan mengawasi lalu lintas paket data di dalam jaringan komputer.Firewall dapat juga didefinisikan sebagai perangkat lunak (software) yang ditujukan untuk keamanan pada jaringan komputer dengan melakukan pengawasan pada arus paket data di dalam jaringan komputer serta bagaimana melakukan pengaturan di dalamnya.

Sistem Kerja pada Firewall

  1. Cara kerja firewall secara umum adalah dengan melakukan filtering paket data di dalam jaringan komputer (packet filter).
  2. Hal ini berarti bahwa firewall melakukan proses filtering paket-paket data ke dalam sebuah table, dengan adanya filtering paket data ini, akan memudahkan dalam membedakan antara paket mana yang diperbolehkan untuk masuk ke dalam jaringan komputer dan paket mana yang harus dibuang (kongesti) atau dilarang (block).
  3. Proses filtering paket data ini dilakukan pada Network Layer dan Transport Layer.

3. CLOUD COMPUTING

Cloud Computing adalah sebuah model yang memungkinkan adanya penggunaan sumber daya (resource) secara Bersama-sama dan mudah, menyediakan jaringan akses di mana-mana, dapat dikonfigurasi, dan layanan yang digunakan sesuai keperluan (on demand). Hal ini berarti, layanan pada cloud computing dapat disediakan dengan cepat, dan dapat meminimalisir interaksi dengan penyedia layanan (vendor/provider) cloud computing.

Cloud computing merupakan inovasi dan perbaikan dari teknologi sebelumnya yakni cluster computing dan grid computing.Cloud computing memiliki Service Level Agreement (SLA) antara penyedia layanan berbasis cloud computing dengan pengguna akhir, mengingat bahwa cloud computing merupakan sebuah layanan / service. SLA merupakan dokumen perjanjian mengikat dan harus dipatuhi bersama antara penyedia layanan dan para pengguna suatu layanan.

Sistem Kerja pada Cloud Computing

  1. Sebuah layanan online pada umumnya akan rentan terhadap bentuk serangan DOS/DDOS (Denial of Service / Distributed Denial of Service).
  2. Serangan ini dimaksudkan untuk mematikan layanan (service) dengan cara menghabiskan sumber daya (resource) server melalui permintaan (request) yang bertubi-tubi oleh client (biasanya menggunakan satu atau banyak komputer).
  3. Dan tentu saja ecommerce memiliki potensi serangan ini. Kerugian yang ditimbulkan tentunya akan sangat fatal, dapat merusak layanan sistem ecommerce sekaligus kerugian finansial akibat terganggunya transaksi dan pemasukan dari ecommerce.
  4. Untuk mengantisipasi serangan ini, salah satu Langkah efektif dengan mengimplementasikan teknologi CC adalah memasukkan satu atau ketiga jenis layanan pada CC : SAAS, PAAS maupun IAAS. Juga terdapat 4 model deployment : Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud, dan Community Cloud yang dapat melengkapi tingkat keamanan pada ecommerce.

4. NEAR FIELD COMMUNICATION (NFC)

Near-Field Communication merupakan sebuah fitur konektivitas yang fungsinya hampir mirip dengan Wifi dan Bluetooth tetapi secara implementasinya berbeda. NFC adalah komunikasi tanpa kabel jarak-pendek di mana antena yang digunakan pendek daripada gelombang sinyal operator.

Saat ini, terdapat dua jenis perangkat NFC yang bisa Anda temukan, yakni NFC tag pasif dan NFC tag yang terdapat pada smartphone. Fungsi NFC yang lain bisa untuk menyandingkan dua perangkat agar dapat bertukar data. NFC ini bukan sebuah alat pentransfer data, NFC adalah protokol untuk “menghubungkan” dua perangkat. Karena proses perpindahan data dilakukan melalui wifi atau bluetooth.

Perangkat audio seperti headset dan speaker bluetooth sudah dilengkapi dengan NFC. Menghubungkan ponsel dengan perangkat tersebut, kita hanya mendekatkan jarak antara keduanya dan kedua perangkat tersebut dapat terhubung dengan koneksi bluetooth. Artinya, NFC meminimalisir proses pairing bluetooth dan memasukkan kembali kode pairing.

Saat ini, penggunaan NFC sangat luas, tidak hanya sekedar berbagi dokumen dengan smartphone saja. Teknologi ini juga sudah banyak ditemui pada transportasi, keuangan dan hiburan.

Keamanan Teknologi NFC

Dengan maraknya penggunaan NFC , Apakah ini dapat terjamin keamanannya? Sebenarnya fitur satu ini sudah melewati berbagai uji keamanan sehingga sangat aman untuk dipakai. Bahkan, fitur NFC juga mendapatkan sertifikasi khusus untuk melakukan download data sehingga melindungi data yang dimiliki oleh pengguna. Melalui penjelasan berikut ,kita tak perlu takut untuk menggunakan fitur NFC. Walaupun semua smartphone belum punya fitur ini, tapi kedepannya fitur NFC mungkin akan menjadi sangat penting.

5. PERSONAL IDENTIFICATION NUMBER (PIN)

Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number) merupakan angka rahasia antara pengguna dan sistem yang dapat digunakan untuk otentikasi pengguna ke sistem. Pengguna diharuskan untuk memberikan identifikasi pengguna umum atau bukti dan PIN rahasia untuk mendapatkan akses ke sistem. PIN ini juga sebagai identitas yang tidak boleh diketahui oleh orang lain dan bersifat sangat pribadi.

Untuk PIN sendiri sudah banyak diterapkan pada beberapa marketplace, Dapat kita lihat sebelum kita melakukan transaksi jual beli kita akan dihadapkan dengan memasukkan nomor pin untuk melanjutkan layanan yang kita pilih. Ini sangat berguna jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dapat dicegah melalui Personal Identification Number ini.

PIN paling sering digunakan pada ATM. Selain digunakan pada keuangan, pengguna ponsel GSM biasanya mengizinkan pengguna untuk memasukkan PIN antara 4 dan 8 angka. PIN ini terdapat di berbeda aplikasi dan dapat diisi dengan Nomor yang berbeda-beda.

Jika dilihat implementasinya pada Ecommerce banyak sekali transaksi yang dilakukan dengan menggunakan keamanan PIN ini. Kita contohkan saja dengan menggunakan E-Wallet. Dengan menggunakan e-wallet sebelum masuk ke bagian dashboard, kita akan dihadapkan dengan memasukkan nomor PIN. Aplikasi akan secara otomatis meminta PIN dari bank tersebut. Begitu juga jika kita melakukan transfer. Dapat menjadi kesimpulan bahwa PIN ini adalah keamanan yang simple sebagai pertahanan awal untuk sebuah transaksi.

Prinsip Utama Mendesain Interface Aplikasi

0
Prinsip Utama Mendesain Interface Aplikasi
Antarmuka merupakan tampilan sistem agar dapat memudahkan interaksi antara pengguna dan system dengan diwujudkan ke dalam sebuah aplikasi software. Hal tersebut harus terpikirkan oleh desainer dan tidak dianjurkan merancang antarmuka dengan didasarkan pada dirinya sendiri tentunya banyak yang perlu dirancang. Adapun prinsip berikut ini yang dapat dijadikan acuan sebelum mendesain interface suatu aplikasi.

Antarmuka merupakan tampilan sistem agar dapat memudahkan interaksi antara pengguna dan system dengan diwujudkan ke dalam sebuah aplikasi software. Hal tersebut harus terpikirkan oleh desainer dan tidak dianjurkan merancang antarmuka dengan didasarkan pada dirinya sendiri tentunya banyak yang perlu dirancang. Adapun prinsip berikut ini yang dapat dijadikan acuan sebelum mendesain interface suatu aplikasi.

1. User compatibility

Pembuatan aplikasi seharusnya memudahkan pengguna untuk menggunakan aplikasi tersebut. Untuk itu sangat perlu untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan  pengguna agar nyaman menggunakan aplikasi tersebut. Dengan memperhatikan pengguna aplikasi, system akan seolah olah paham interaksi apa yang dilakukan oleh user. Desainer harus mencari dan mengumpulkan karakteristik user agar aplikasi yang akan dibuat menjadi lebih nyaman digunakan.

2. Product compatibility

Aplikasi seharusnya diharapkan sesuai dengan system yang diharapkan. Sistem dapat dikatakan baik apabila sistem dapat mengerjakan apa yang dibutuhkan secara benar dan cepat. Aplikasi diharapkan dapat menghasilkan laporan yang akurat detail daripada menggunakan sistem manual.

3. Task compatibility

Sebuah aplikasi harus dapat melakukan perintah sesuai dengan yang dikerjakan. Semua tugas-tugas user harus dapat diubah kedalam sistem untuk mempermudah pekerjaan mereka. Tetapi user juga tidak menghadapi kesulitan saat menggunakan aplikasi tersebut.

4. Work flow compatibility

Sebuah Aplikasi harus memperhatikan alur dari perintah tersebut. Jangan membuat pengguna aplikasi semakin bingung dengan perintah aplikasi yang dibuat karena runtutan perintah yang ada tidak sesuai dengan pekerjaan user. Pilihan yang terlalu banyak juga dapat mempersulit pengguna, dengan begitu alur juga sangat penting diperhatikan.

5. Consistency

Konsistensi Tampilan juga sangat penting karena ini membuat pengguna tidak bingung saat menggunakan aplikasi. Coba bayangkan beberapa aplikasi yang berbeda dengan perbedaan letak fitur membuat pengguna semakin asing dengan aplikasi. Contohnya kita dapat melihat tampilan Microsoft Office yang seragam seperti Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Microsoft Excell, dll.

6. Familiarity

Sifat manusia seringkali mengingat hal-hal yang sudah sering diamatinya. Hal ini juga mempercepat pemahaman interaksi yang dilakukan user dengan sistem. Dengan memperhatikan hal tersebut juga menambah kenyamanan user untuk menggunakan aplikasi tersebut.

7. Simplicity

Kesederhanaan menjadi elemen penting untuk diperhatikan. Anggap tampilan sistem yang memiliki banyak fitur dan pekerjaan dimasukkan di dalam satu tampilan, hal ini akan membuat kesulitan dalam pembacaan dan tata letak suatu task aplikasi. Belum lagi user yang semakin pusing untuk melihat menu tersebut.

8. Direct manipulation  

Aplikasi dapat dimanipulasi sesuai dengan penggunaan user. Ini juga membantu user untuk menghadapi kejenuhan dengan melakukan sedikit perubahan pada tampilan tersebut. Interaksi juga menjadi semakin menjadi jika menambahkan efek-efek perubahan yang terjadi pada sistem dan memberitahu user bahwa terjadi perubahan pada aplikasi sesuai interaksi yang diberikan.

9. Control

Suatu aplikasi harus mampu memberikan arahan kepada user. Jika aplikasi tidak mengenali perintah tersebut buatlah sebuah peringatan dari aplikasi untuk mengubah perintah yang dilakukan oleh user. Jika user salah dalam memasukkan password berilah tampilan peringatan untuk mengubah kata sandi yang diketik karena kesalahan pengetikan ataupun lupa memasukkan beberapa karakter.

10. WYSIWYG

What you see is what you get dapat diartikan sebagai apa yang kamu lihat itulah yang kamu dapat. Kita dapat mencontohkan seperti perintah print, apa yang terlihat di monitor akan terlihat seperti itu juga jika dicetak. Begitu juga saat kita membangun sebuah aplikasi.

11. Flexibility


Suatu aplikasi harus dapat menyelesaikan beberapa masalah yang sudah diinstruksikan. Seorang Engineer harus dapat membuat berbagai solusi untuk satu masalah. 

12. Responsiveness

Setelah memberikan inputan atau memasukkan data ke aplikasi system melalui antarmuka, sebaiknya sistem langsung memberi tanggapan/respon dari hasil data yang diinputkan. Aplikasi yang dibangun juga harus memiliki reaksi yang cepat. Mengingat tujuan sistem dibuat karena mempercepat pekerjaan manusia.

13. Invisible Technology   

Aplikasi sebaiknya memiliki fitur tersembunyi untuk menambah kecanggihan dari suatu aplikasi. Kita dapat dicontohkan seperti  Google Dokumen yang memiliki fitur koreksi kata dan fitur voice yang memudahkan pekerjaan kita.

14. Robustness

Kesalahan yang dilakukan merupakan hal yang wajar karena user belum terbiasa menggunakan aplikasi tersebut. Gunakan bahasa yang baik dan sopan untuk mengungkapkan kesalahan tersebut. Hal ini berupaya agar user tidak merasa tersinggung dengan peringatan pada aplikasi.

15. Protection

Aplikasi seharusnya mengutamakan keselamatan pada sistem mereka. Berikan kepada user kenyamanan untuk berinteraksi dengan sistem. Jika user ingin menghapus sesuatu berikan verifikasi persetujuan agar meyakinkan user untuk melakukan perintah tersebut.

16. Ease Of Learning And Ease Of Use

Aplikasi akan mudah dipahami jika aplikasi itu mudah untuk dipelajari dan digunakan. Berikan tampilan yang sederhana agar user dapat memahami maksud dari interaksi tersebut. Seiring berjalannya waktu user akan mudah mengulangi perintah tersebut tanpa perlu diberitahu.

Berikut hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah interface aplikasi. Aplikasi dapat dikatakan baik dan nyaman digunakan jika berprinsip dengan ketentuan-ketentuan diatas. Pelajari prinsipnya ini akan mengurangi tingkat ambiguitas user dalam menggunakan aplikasi.

Cara Mencari Stiker di Telegram dengan Mudah

0
Cara Mencari Stiker di Telegram dengan Mudah
Cara Mencari Stiker di Telegram dengan Mudah

Seperti halnya aplikasi whatsapp atau aplikasi chatting lainnya, kita bisa mencari stiker pada telegram dengan mudah. Stiker memang sempat dipopulerkan oleh aplikasi yang Bernama Line beberapa tahun silam. Kemudian aplikasi chatting yang lain mulai berbondong-bondong mengikuti fitur tersebut termasuk Telegram. Fungsinya hampir sama seperti emoji, yaitu untuk mengungkapkan sebuah ekspresi di chat, hanya saja stiker berbentuk gambar yang lebih besar dan bisa bergerak.

Gambar stiker juga bervariasi dan hadir dengan bermacam-macam tema yang bisa kita pilih. Sebelum kita bisa menggunakan stiker di telegram, kita harus mencari stiker sesuai dengan tema yang kita inginkan. Contoh stiker bertema cinta, nama tokoh kartun dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahui caranya mari kita bahas Langkah-langkahnya lebih detail.

Cara Mencari Stiker di Telegram

1. Bukalah aplikasi telegram yang ada di hp kamu, lalu login jika belum login.

2. Buka internet browser seperti Chrome di HP.

3. Kemudian buka website Telegram stickers catalogue pada link ini.

4. Lalu ketik nama stiker yang ingin kamu cari.

5. Taplah pada tombol pencarian.

6. Tap pada tombol Telegram di sebelah nama stiker hasil pencarian yang sesuai.

7. Lalu taplah pada tombol Add Stickers untuk menambahkankannya di Telegram.

8. Tap Tambah Stiker yang ada di bagian tengah bawah untuk konfirmasi. Maka stiker sudah ada pada aplikasi Telegram kita dan siap untuk digunakan saat chatting.

Cara Mencari Stiker di Telegram dengan Mudah
Cara Mencari Stiker di Telegram dengan Mudah

Website combot.org sangat terkenal untuk mencari stiker Telegram. Di sana ada jutaan stiker yang dapat kamu gunakan dan kamu cari. Pada website tersebut juga ada pilihan menu stiker yang sedang populer (Trending) dan juga yang paling sering digunakan. Sehingga kita juga dapat menggunakannya agar tidak ketinggalan trend. Ada cara alternatif lain yang bisa kita lakukan untuk mencari stiker di telegram, yakni dengan cara join ke sebuah channel penyedia stiker, contoh Sticker Packs, kemudian klik link stiker yang kita sukai.

Lalu bagaimanasih cara menggunakannya?

Karena sticker sudah tersimpan pada akun dan aplikasi kita, maka sticker tersebut sudah bisa dipakai seperti biasanya. Untuk mengetahui Langkah-langkahnya mari kita ikut Langkah di bawah ini.

1. Bukalah aplikasi Telegram.

2. Pilih sebuah kontak atau grup untuk memulai chat.

3. Tap icon sticker yang berada di pojok kiri bawah layar untuk membuka koleksi stiker.

4. Pilih stiker yang kita inginkan dengan cara tap satu kali stiker untuk mulai mengaplikasikan stikernya, maka stiker akan secara langsung muncul di kolom chat kita.

Ulangilah cara tersebut setiap kali kita ingin menggunakan stiker yang lain karena kita hanya bisa menambahkan stiker satu persatu ke dalam kolom chat, tidak bisa banyak stiker sekaligus.

Telegram juga telah menyediakan berbagai macam jenis stiker di dalamnya, tinggal apakah kita mau memanfaatkan kolom pencarian stiker untuk mencari stiker yang sesuai dengan kemauan kita. Setelah kita mencari dan menemukan stiker yang diinginkan, selanjutnya kita bisa menggunakan stiker tersebut untuk seru-seruan bersama teman maupun keluarga kita di kolom chat aplikasi telegram.

Cara Membuat Grup Telegram dengan Mudah

0
Cara Membuat Grup Telegram dengan Mudah

Seperti aplikasi chatting pada umumnya, aplikasi telegram juga bisa membuat grup yang berisikan beberapa orang di dalamnya. Kegunaan dari membuat grup chat di sebuah aplikasi chatting adalah agar informasi dapat terdistribusi langsung ke orang-orang yang ada di dalam grup. Berbeda halnya jika tidak menggunakan grup, informasi yang kita sampaikan harus dikirim secara manual ke setiap kontak dan itu tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Memang segala bentuk informasi maupun kebijakan/aturan grup akan berbeda-beda tergantung dengan kategori grupnya. Mau itu grup keluarga, grup kantor, komunitas ataupun kategori grup yang lainnya bisa kita Kelola jika kita ditunjuk sebagai adminnya. Nah, agar kita mengetahui Langkah-langkahnya maka mari kita bahas lebih detail.

Cara Membuat Grup di Telegram

1. Bukalah aplikasi telegram yang sudah kita install di hp.

2. Lalu klik icon garis-garis yang ada di pojok kiri atas layar untuk membuka menu telegram.

3. Tap New Group.

4. Pilihlah orang-orang atau kontak yang ingin kita masukkan di gruo kita dengan cara tap satu persatu hingga nama kontaknya muncul di kolom Add People  di atas.

5. Tao tanda panah berwarna biru atau Next di pojok kanan bawah layar untuk menuju ke Langkah selanjutnya.

6. Ketikkan nama gruo sesuai keinginan kita di kolom Enter group name.

7. Tap icon gambar di sebelah nama grup untuk menambahkan gambar atau foto grup.

8. Tap tanda centang bewarna biru di pojok kanan layar untuk menyelesaikan proses pembuatan grupnya, setelah itu kita akan dibawa ke dalam tampilan pertama grup yang telah kita buat.

Maksimal anggota yang bisa kita tambahkan ke dalam gruo telegram biasa berjumlah 200 orang. Jika kita ingin membuat grup yang bisa membuat lebih banyak anggota maka kita bisa buat supergroups. Kita juga bisa menambahkan dan mengatur siapa saja yang bisa menjadi admin grup. Caranya sangat mudah.

Cara Menambahkan Admin di Grup Telegram

1. Bukalah aplikasi telegram kamu yang ada di hp.

2. Tap atau masuk ke grup yang akan kita tambahkan admin-nya.

3. Lalu dibagian nama grup yang terdapat di atas untuk melihat deskripsi grup kita serta akan nampak juga anggota-anggotanya.

4. Taplah anggota grup yang ingin kita jadikan admin, kemudian muncul beberapa menu pilihan.

5. Pilih Promote to admin, lalu kita akan dibawa ketampilan Admin Rights untuk mengatur apa saja yang dapat dilakukan oleh admin kita tersebut.

6. Aktifkanlah toogle pada bagian Add New Admins.

9. Tap tanda centang di sudut kanan atas layar, maka otomatis kontak yang sudah kita pilih tadi sudah menjadi admin pada grup.

Keberadaan seorang admin akan sangat penting agar bisa mengelola grup kita dengan baik. Tidak ada batasan berapa jumlah admin yang bisa kita tambah di dalam grup pada aplikasi telegram ini.

Cara Mengundang Orang ke Grup Telegram

1. Bukalah aplikasi telegram.

2. Buka grup yang sudah kita buat sebelumnya.

3. Taplah pada tulisan ADD MEMBERS untuk mengundang orang ke grup kita.

4. Pilih Copy Invite Link untuk mengcopy alamat URL/link grup.

5. Paste atau bagikan ke kontak/orang-orang yang ingin kita undang untuk masuk di grup.

Perlu diketahui bahwa tidak hanya melulu orang-orang yang ada di chat atau kontak telegram kita saja yang bisa membuka link undangan masuk ke grup kita tersebut,

Cara Mengeluarkan Orang dari Grup Telegram

1.Buka aplikas telegram.

2. Masuklah ke grup yang ingin kita keluarkan salah satu membernya.

3. Tap nama grup yang ada di atas saat kita sudah masuk ke dalam tampilan percakapan/chat grup.

4. Tap icon bergambar pensil yang ada di atas untuk membuka menu pengaturan grup.

5. Pilih menu Members, maka akan nampak daftar orang-orang atau anggota grup tersebut.

6. Pilihlah salah satu orang atau member yang akan kita keluarkan dengan cara tap orang tersebut.

7. Pilih Remove from group, maka orang tersebut otomatis sudah berhasil kita keluarkan dari grup.

Meski member telah dikeluarkan dari grup kita masih bisa mengundangnya kembali untuk bergabung ke grup kita lagi sesuka kita.  

Pada dasarnya membuat grup di telegram adalah hal yang mudah-mudah saja, yang penting adalah bagaimana cara kita mengelolanya demi kelangsungan hidup dari grup itu sendiri. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengelola grup kita, seperti menambahkan admin, mengundang orang lain untuk bergabung, bahkan mengeluarkan orang dari grup kita jika memang dirasa perlu.

Cara Mudah Menggunakan Telegram Web

0
Cara Mudah Menggunakan Telegram Web

Dulunya kita mungkin hanya mengenal aplikasi chatting yang populer-populer saja, sebut saja seperti aplikasi whatsapp. Namun sejak whatsapp mengeluarkan kebijakan terkait privasi pengguna maka banyak orang yang mulai beralih ke aplikasi chatting lainnya, salah satunya adalah Telegram. Hampir sama seperti whatsapp, aplikasi telegram menawarkan fitur-fitur yang tidak kalah hebatnya. Salah satu fitur yang dirasa penting adalah fitur telegram web di mana kita dapat membuka, login dan logout telegram kita dengan menggunakan laptop atau PC.

Ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk login di telegram web, pertama dengan memasukkan nomor telepon dan kedua dengan cara men-scan QR code yang ditampilkan saat kita mengakses telegram web. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas langkah-langkahnya.

Cara Login Telegram Web dari Laptop atau HP

1. Pastikan kita sudah menginstall aplikasi telegram di hp dan mendaftarkan nomor hp kita terlebih dahulu sebelum menggunakan telegram web.

2. Bukalah browser yang ada di laptop atau hp.

3. Akses laman resmi telegram web di https://web.telegram.org, pada tampilan awal laman akan muncul pilihan login yakni berupa QR Code jika login menggunakan qr code, dan tulisan LOG IN BY PHONE NUMBER jika ingin login dengan menggunakan nomor hp.

4. Pilihlah salah satu, sebagai contoh kita klik LOG IN BY PHONE NUMBER untuk login menggunakan nomor hp, setelah kita klik maka kita akan disuruh memasukkan negara kita dan menyertakan nomor hp.

5. Centanglah tanda ceklis di sebelah tulisan Keep me signed ini agar tidak perlu login berkali-kali.

6. Lalu klik NEXT, setelah itu kita akan dibawa pada tampilan selanjutnya di mana kita disuruh untuk memasukkan kode verifikasi yang telah dikirim telegram ke nomor hp yang telah kita daftarkan sebelumnya.

7. Masukkanlah kode verifikasinya pada kolom Code, jika sudah maka kita dipastikan berhasil masuk ke dalam tampilan telegram web yang bisa kita gunakan untuk chatting seperti biasa.

Cara Logut Telegram Web di Laptop atau HP

1. Buka laman resmi telegram web.

2. Login dengan menggunakan nomor hp atau QR code untuk bisa masuk ke tampilan awal telegram web.

3. Klik tanda 3 garis atau open menu yang berada di pojok kiri atas halaman untuk membuka menu-menu yang ada.

4. Pilih Settings.

5. Kliklah tanda tiga titik atau More actions yang berada di pojok kanan atas kolom settings.

6. Klik tombol Log Out.

7. Pilih Log Out apabila muncul pesan peringatan untuk kerluar yang berbunyi Are you sure you want to log out? Setelah itu kita akan dibawa ke tampilan awal yang menandakan bahwa kita sudah berhasil logout.

Jadi itulah sekilah fitur telegram web mengingatkan kita seperti halnya fitur whatsapp web yang ada pada whatsapp. Tak jarang telegram mampu menarik perhatian orang-orang dalam waktu yang singkat. Fitur ini membantu kita dalam membuka aplikasi telegram baik dengan menggunakan handphone ataupun laptop. Akses untuk login dan logout melalui telegram webnya juga tergolong sangat mudah dilakukan.

Cara Membuat Channel Telegram Terbaru Lengkap dengan Pengaturannya

0
Cara Membuat Channel Telegram Terbaru Lengkap dengan Pengaturannya

Sebelum kita mulai untuk membuat sebuah channel telegram, kita harus mengenal terlebih dahulu apa aitu channel telegram dan mengetahui apa perbedannya dengan grup telegram? Channel telegram adalah fitur yang digunakan untuk mengirim pesan secara satu arah kepada anggota yang mengikut channel tersebut. Berbeda dengan grup telegram di mana para anggota gruo bisa saling berinterikasi/berkirim pesan satu sama lain, di dalam channel hanya admin atau pemiliknya saja yang berhak mengirim pesan.

Tetapi belakangan ini aplikasi telegram mengalami pembaharuan sehingga memungkinkan kita untuk mengaktifkan komentar pada sebuah post di channel telegram. Channel telegram yang sudah kita buat juga bisa kita hapus kapanpun bila kita menginginkannya. Agar kita lebih jelas mengenai cara membuat channel telegram beserta cara pengaturannya maka kita bisa simak penjelasan berikut ini!

Cara Membuat Channel Telegram

1. Pertama, buka aplikasi telegram yang ada di HP.

2. Tap icon pensil berwarna biru yang berada di pojok kanan bawah layar.

3. Lalu pilih New Channel, maka kita akan dibawa ke tampilan untuk membuat deskripsi pada channel telegram.

4. Isilah nama channel kita pada kolom Channel name.

5. Tulis deskripsi channel kita pada kolom Description.

6. Tap icon foto/gambar yang berada di samping kolom nama channel kita untuk memasukkan gambar profil channel.

7. Tap tanda centang yang berada di pojok kanan atas layar untuk menuju ke langkah selanjutnya.

8. Pilih jenis channel yang kita inginkan, bisa Public Channel ataupun Private Channel.

9. Buat link channel kita dengan mengisikan nama link yang kita inginkan di bagian Public link.

10. Tap tanda centang untuk melangkah ke tahap berikutnya.

11. Tambahkan anggota channel bila kita ingin memasukkan anggota channel yang baru (subscriber) dengan memilih nama-nama yang ada di kontak telegram kalian.

12. Tap tanda panah yang ada di pojok kiri jika sudah, kemudian kita akan dibawa ke tampilan channel baru.

Cara Membuat Channel Telegram Terbaru Lengkap dengan Pengaturannya

Jika kita memilih Public Channel, maka channel yang kita buat akan nampan di kolom pencarian dan bersifat terbuka bagi orang yang ingin masuk atau bergabung. Sedangkan Private Channel adalah channel yang sifatnya privasi atau tidak untuk umum, jadi hanya orang yang mendapatkan link atau ditambahkan sajalah yang masuk channel tersebut.

Cara Mengaktifkan Komentar di Channel Telegram

1. Bukalah aplikasi telegram.

2. Buka channel yang telah kita buat.

3. Tap nama channel yang berada di atas layar untuk membuka deskripsi channel.

4. Lalu tap tanda pensil yang ada di pojok kanan atas layar untuk masuk pada tampilan edit.

5. Tap bagian menu Diskusi.

6. Pilih buat grup baru jika kita ingin membuat grup baru untuk berkomentar.

7. Masukkan nama group kita sesuai dengan keinginan kita.

8. Tap tanda centang yang ada di pojok kanan bawah layar untuk mulai mengaktifkan komentar pada setiap postingan nantinya.

Maka kita tinggal tap tombol ‘Kirim Komentar’ yang terletak di bawah postingan channel untuk mengirim komentar kita.

Cara Menghapus Channel Telegram

1. Pertama buka aplikasi telegram.

2. Buka channel yang ingin kita hapus.

3. Tap nama channel yang ada di atas layar.

4. Tap icon pensil yang berada di pjok kanan atas layar untuk membuka pengaturan.

5. Pilihlah Delete Channel yang terletak di bawah sendiri dengan tulisan berwarna merah.

6. Centang Delete for all subscribes jika muncul pesan konfirmasi untuk menghapus channel kita.

7. Pilih Delete Channel untuk mulai menghapus channel tersebut.

Maka sesaat kita mendelete channel akan muncul hitungan mundru selama 5 detik. Disitu kita akan melihat menu Undo yang bisa kita tap jika kita ingin membatalkan atau mengurungkan niat untuk menghapus channel kita.

Membuat channel baru di telegram tidaklah sesulit yang kita bayangkan, atau bisa dibilang semudah seperti kita membuat sebuah grup di telegram. Kabar baiknya anggota sudah bisa menambahkan komentar pada postingan suatu channel. Tidak seperti channel yang dulu, di mana channel yang dibuat tidak ada interaksi antar anggota/masih bersifat satu arah.

Cara Menyimpan File Dokumen pada Microsoft Word

0
Cara Menyimpan File Dokumen pada Microsoft Word
Cara Menyimpan File Dokumen pada Microsoft Word

Dutormasi.com – Dalam materi belajar microsoft word sebelumnya kita telah membahas tentang cara membuka file dokumen ms word. Setelah mengedit ataupun membuat file baru maka kita perlu mempelajari bagaimna cara menyimpan file MS Word tersebut ke dalam komputer, flashdisk, google drive ataupun media lainnya. Agar perubahan atau dokumen baru tersebut tidak hilang dan bisa digunakan kembali.

Pada kali ini kita akan menyimpan file MS Word dalam berbagai kondisi. Diantaranya adalah menyimpan file baru dengan nama baru. Selain itu kita juga akan belejar menyimpan dokumen yang sudah tersimpan sebelumnya dengan nama yang sama. Kita juga mempelajari bagaimana menyimpan dengan nama berbeda. Dan terakhir kita menyimpan dokumen dengan password agar dokumen menjadi terproteksi dan lebih aman. Agar lebih jelasnya mari kita bahas mulai dari yang cara pertama.

Menyimpan File Baru di Microsoft Word

Cara pertama ini digunakan untuk menyimpan file setelah membuat dokumen baru pada MS Word. Secara default, ms word akan otomatis memberikan nama file tersebut menjadi Document1, Document2 dan seterusnya. Kita dapat menyimpannya dengan nama sesuai keinginan kita.

Berikut ini adalah cara menyimpan file dokumen baru pada Microsoft Word di komputer atau flashdisk

1. Buat dokumen ms word baru dan mulailah ketikkan pekerjaan anda.

2. Setelah selesai, klik menu File.

3. Kemudian klik Save as. Maka akan tampul jendela Save As.

4. Lalu klik tombol Browser untuk menampilkan kotak dialog box tempat di mana kita ingin menyimpan dokumen.

5. Pilihlah folder tempat menyimpan file sesuai keinginan kamu. Kita bisa memilih menyimpannya pada folder di komputer, laptop, flashdisk ataupun hardisk.

6. Pada File Name isikan nama file sesuai keinginan. Lalu pada bagian Save as Type pilih Word Document (*.docx).

7. Terakhir, klik Save untuk menyimpan. File sudah tersimpan dengan aman dan kita dapat menutu ms word dengan aman kapanpun tanpa takut dokumen tersebut hilang.

Setelah dokumen tersimpan kita bisa melihatnya di File Exploret pada Windows sesuai dengan lokasi folder yang telah kita pilih sebelumnya.

Menyimpan Dokumen yang Sudah Tersimpan pada Microsoft Word

Cara ini digunakan untuk menyimpan dokumen setelah mengedit file yang telah tersimpan. Ada 2 kondisi pada bagian ini. Pertama, kita dapat menyimpannya langsung pada file tersebut tanpa merubah nama. Kedua, kita dapat menyimpan dokumen tersebut pada file yang berbeda dengan nama yang berbeda pula. Kita akan bahas yang pertama terlebih dahulu.

Berikut adalah cara menyimpan dokumen yang telah tersimpan di MS Word tanpa merubah nama file

  1. Buka file MS Word yang sudah tersimpan lalu edit sesuai keinginan.
  2. Setelah selesai mengedit, klik menu File.
  3. Lalu klik Save. Maka semua perubahan yang dilakukan pada saat kita mengedit dokumen sudah tersimpan pada file tersebut.

Nah, jika kita ingin menyimpannya pada file yang berbeda. Maka ikuti langkah di bawah ini.

Berikut ini adalah langkah-langkah menyimpan file yang sudah tersimpan di MS Word dengan nama yang berbeda

  1. Buka file MS Word yang sudah ada kemudian edit sesuai kebutuhan
  2. Setelah selesai, klik File.
  3. Kemudian klik Save as.
  4. Pilih Browse. Kemudian pilih folder di mana kita akan meletakkan dokumen tersebut.
  5. Pada File Name isikan nama baru sesuai keinginan.
  6. Klik Save untuk menyimpan.

Menyimpan File dalam Format yang berbeda (doc, docx atau PDF)

Pada aplikasi Word 2007 dan versi keatasnya semua dokumen yang disimpan dalam aplikasi ms word secara default akan disimpan dalam format docx. amun terkadang kita ingin menyimpannya dalam format doc agar bisa dibuka di versi Word yang lama. Ada juga yang ingin menyimpan menjadi file PDF untuk keperluan pemberkasan dokumen online.

Berikut adalah cara menyimpan file dokumen Word dalam format doc, docx dan PDF

  1. Buka file ms word yang ingin diganti format dokumennya. Atau buat baru dokumen tersebut.
  2. Klik menu File, lalu pilih Save as.
  3. Klik tombol Browse lalu tentukan lokasi dokumen akan disimpan.
  4. Ubah format yang ada di sebelah Save as type menjadi format yang diinginkan. Saat list di sebelah Save as type diklik akan muncul banyak pilihan. Word 97-2003 Template (.doc) untuk menyimpan ke dalam format doc. Word Document (.docx) untuk menyimpan dalam format docx. Sedangkan PDF (*.pdf) untuk menyimpan menjadi file PDF.
  5. Klik Save. Maka file tersimpan sesuai format yang telah dipilih.

Menyimpan File MS Word dengan Menggunakan Password

Bagi anda yang tidak ingin file ms word nya diedit orang lain maka memberi password bisa menjadi solusi.

Berikut ini adalah cara memberi password file MS Word

  1. Buka terlebih dahulu file ms word atau buat baru dokumen tersebut.
  2. Klik File lalu pilih Save as.
  3. Pada kolom Browse klik Tools yang tepat disamping tombol Save,
  4. Pilih General Options maka akan muncul dialog box general options tersebut.
  5. Isikan password untuk membuka file sesuai keinginan dikolom password to open. Isikan juga password untuk mengedit file pada kolom password to modify.
  6. Centang kolom read only recommended sehingga dokumen hanya dapat dibuka untuk dibaca saja.
  7. Setelah itu klik OK pada kotak dialog general options tersebut.
  8. Lalu akan muncul tombol konfirmasi password, masukkan password yang sudah diketik tadi pada kolom Reenter password to open di dalam kotak dialog confirm password yang pertama, dan klik OK.
  9. Selanjutnya akan muncul kotak dialog confirm password yang kedua, masukkan password kembali pada kolom Reenter password to modify, dan klik OK.
  10. Terakhir, klik Save pada kotak dialog Save as untuk menyimpan file tersebut. Maka dokumen sudah terproteksi dengan aman.

Menyimpan File di Microsoft Word dengan Cara Cepat

Ada 2 cara cepat yang bisa dilakukan dalam menyimpan dokumen MS Word.

Pertama, menggunakan tombol kombinasi di keyboard yaitu dengan cara tekan CTRL+S secara bersamaan. Jika file tersebut merupakan file yang sudah tersimpan maka saat melakukan perintah CTRL+S file lama akan diperbarui sesuai perubahan yang dilakukan. Jika file tersebut adalah dokumen yang baru dibuat maka akan muncul tampilan Save this file. Kita hanya perlu menekan More save options lalu lanjutkan sesuai dengan cara-cara di atas.

Kedua, menggunakan tombol cepat di aplikasi MS Word dengan icon atau simbol disket atau floppy disk. Tombol tersebut terdapat di Quick Access Toolbar yang berada di sudut kiri atas aplikasi.

Penutup

Dari sekian banyak cara menyimpan file dokumen tersebut cara cepat dengan keyboardlah merupakan cara yang sering dilakukan oleh pengguna yang sudah mahir. Hal ini dikarenakan cara tersebut lebih efektif. Lalu manakah yang sering anda gunakan? Silahkan temukan sendiri style dan kesukaan anda.

Cara Membuka File Dokumen MS Word (docx, dot dan doc)

0
Cara Membuka File Dokumen MS Word (docx, dot dan doc)
Cara Membuka File Dokumen MS Word (docx, dot dan doc)

Setelah kita mempelajari Cara membuka Microsoft Word dan Membuat File Dokumen Baru dengan bermacam-macam metode, maka kali ini kiata akan membahas cara membuka file dokumen yang telah kita buat pada MS Word. Tujuannya tentu untuk mengedit kembali file dokumen yang telah kita buat. Baik itu mau menambahkan sesuatu atau menghilangkan sesuatu yang ada pada dokumen.

File MS Word memiliki format bermacam-macam. Bagi pengguna aplikasi versi lama seperti MS Word 2003 dan sebelumnya, format file yang populer adalah doc. Sedangkan untuk Word 2007 dan versi setelahnya, format yang populer adalah docx. Selain doc dan docx, aplikasi ini juga dapat menyimpan dan membuka dot, rtx, dotx, txt maupun odt.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membuka dokumen MS Word. Mulai dari cara lambat hingga cara yang lebih cepat. Bahkan di materi ini kita akan membahas cara membuka file word yang dipassword. Mari kita mulai dengan cara yang lambat terlebih dahulu.

Membuka File Word Melalui Aplikasi Microsoft Word

Cara ini terbilang cukup lambat karena kita harus embuka aplikasiya terlebih dahulu. Kemudian menggunakan menu File > Open untuk mencari lokasi dokumen.

Berikut adalah cara membuka file Word atau docx melalui aplikasi MS Word

  1. Buka aplikasi MS Word seperti yang telah dijelaskan di materi sebelumnya.
  2. Setelah aplikasi terbuka, klik Open untuk menampilkan halaman Open backstage view. Ada tips lain untuk membuka jendela open tersebut yaitu dengan memanfaatkan tombol keyboard komputer Cukup CTRL dan O secara bersamaan maka kalian akan langsung dibawa menuju halaman Open Backstage View.
  3. Klik tombol Browse, untuk menampilkan kotak dialog file explorer.
  4. Di dalam kotak dialog tersebut, cari di mana file anda disimpan lalu pilih file tersebut.
  5. Lalu klik tombol Open. Maka dokumen yang telah kalian pilih tersebut akan otomatis terbuka dan kotak dialog akan otomati tertutup.

Membuka File Word dari Windows File Explorer

Cara ini lebih singkat yaitu dengan langsung membuka dokumen kita dari folder tempat file tersebut disimpan. Dengan cara ini kita tidak perlu membuka aplikasi Word terlebih dahulu.

Berikut ini adalah cara membuka file dokumen MS Word dari file explorer

  1. Buka File Explorer atau Windows Explorer. Bisa dengan cara klik kanan tombol Start lalu klik File Explorer. Atau lebih cepatnya dengan cara tekan tombol logo Windows dan E secara bersamaan.
  2. Setelah terbuka, maka cari file doc, docx atau dokumen lain yang ingin dibuka.
  3. Klik 2x file tersebut. Maka dokumen akan langsung terbuka.

Membuka File MS Word yang dipassword

Tujuan seseorang memberi password pada file MS Word adalah untuk memproteksi atau mencegah dokumen diedit orang lain. Jadi hanya orang-orang yang mengetahui password tersebut yang bisa membukanya.

Berikut ini adalah cara membuka file word yang dipassword atau di protect

  1. Pertama, buka file yang ada passwordnya dengan cara 1 atau 2 seperti yang telah dijelaskan di atas. Maka kotak dialog password yang langsung muncul ketika file dibuka.
  2. Kemudian ketik password untuk membuka file tersebut.
  3. Setelah password terisi, klik tombol OK. Maka kita dapat melihat dan mengedit file tersebut.
  4. Apabila ada dokumen yang diproteksi sehingga tidak bisa diedit akan muncul jenela Restrict Editing di sebelah kiri, Untuk bisa memodifikasinya tinggal klik Stop Protection. Lalu masukkanlah password pada kotak dialog Unprotect Document. Maka file sudah bisa dimodifikasi atau diedit kembali.

Penutup

Setelah mengetahui cara membuka file docx atau doc, kita bisa mulai mengedit dokumen sesuai keinginan kita. Penggunaan password pada dokumen Word sangat cocok untuk jenis dokumen yang bersifat rahasia. Sehingga hanya orang yang mengetahui password sajalah yang dapat membuka dan mengedit file ms Word.

Tim Kukerta UNRI Simpang Baru Melakukan Penyaluran Bibit ke RT/RW

0
Tim Kukerta UNRI Simpang Baru Melakukan Penyaluran Bibit ke RT/RW
Tim Kukerta UNRI Simpang Baru Melakukan Penyaluran Bibit ke RT/RW

Dutormasi.com – Tim Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Terintegrasi Abdimas Universitas Riau kelurahan Simpang Baru, Jumat (09/07/2021) menyalurkan pembagian bibit yang berjumlah 7 kantong yang berisi sekitar 15 bibit pohon dan buah yang diserahkan GenBI melalui kelompok Kukerta Jenderal Soedirman.

Penyaluran bibit ini langsung diberikan oleh 10 anggota Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) integrasi Abdimas yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan Dr. Ir. Morina Riauwaty, MP.

Tim Kukerta UNRI Simpang Baru Melakukan Penyaluran Bibit ke RT/RW

Tim Kukerta UNRI Simpang Baru Melakukan Penyaluran Bibit ke RT/RW

Bibit didistribusikan ke dua wilayah yaitu RW 10 yang berlokasi di jalan Garuda Sakti, dan diterima langsung bapak Ramayulis selaku ketua RW sebanyak 3 kantong bibit. Kemudian wilayah yang dituju adalah RT 02 RW 04 yang berlokasi di jalan Bangau sakti berjumlah 4 kantong bibit.

“Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KUKERTA Kelurahan Simpang Baru yang telah menyalurkan bibit kepada kami. Bibit ini nantinya akan kami berikan kepada warga serta akan ditanam disekitaran pinggir jalan agar lingkungan dan udara kita jadi lebih segar”. Kata bapak Ramayulis

Tim Kukerta Integrasi Kelurahan simpang baru berharap dengan penyaluran bibit ini masyarakat lebih peka terhadap menjaga kelestarian lingukungannya serta dapat meningkatkan jumlah tanaman produktif dilingkungan rumah warga.