Algoritma Mencari Nilai Maksimum atau Minimum dengan Brute Force

0
Algoritma Mencari Nilai Maksimum atau Minimum dengan Brute Force
Algoritma Mencari Nilai Maksimum atau Minimum dengan Brute Force

Dutormasi.com – Bagaimana kabarnya hari ini sobat dutor? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Sudah lama banget ni, dutormasi tidak membuat konten algoritma. Kali ini kita akan coba mempelajari sedikit sebuah algoritma Brute Force yang nantinya dapat digunakan mencari nilai maksimum atau minimum pada sebuah Array (kumpulan nilai).

Sebelum masuk ke kodingan, ada baiknya dulu kita mengetahui apa itu yang di maksud Algoritma & Bruto Force?. Algoritma adalah metode terbatas dari sekumpulan perintah yang didefenisikan untuk menyelesaikan masalah. Algoritma memiiki kriteria tertentu di awal kondisi sebelum menjalankan algoritma. Dan algoritma akan berakhir jika semua kondisi awal memenuhi kriteria. Dimulai dari nilai awal, kemudian kolektifitas perintah dieksekusi untuk memproses kondisi yang ditetapkan sampai menghasilkan keluaran dan menentukan kondisi akhir.

Sedangkan Brute force adalah sebuah pendekatan langsung (straight forward) untuk memecahkan suatu masalah, biasanya didasarkan pada pernyataan masalah (problem statement) dan definisi konsep yang dilibatkan. Algoritma brute force memecahkan masalah dengan sangat sederhana, langsung dan dengan cara yang jelas (obvious way). Di dalam pencocokan string, terdapat istilah teks dan pattern.Teks merupakan kata yang dicari dan dicocokkan dengan pattern.

Dikarenakan kita disini menggunakan nilai (numerik). Maka Algoritma Brute Force nantinya mengecek pada setiap nilai mulai karakter awal hingga karakter akhir. Jika tidak maka data yang terlewat diperiksa mungkin adalah yang terbesar/terkecil. Dan berikut ini adalah ketentuan dan operasi yang akan kita gunakan pada algoritma Bruto Force :

  • Bandingkan setiap data satu persatu
  • Simpan/catat data yang sejauh ini diketahui sebagai yang terbesar
  • Namun Jika urutan data diketahui dimana nilainya dapat diduga dari posisinya. Misalnya terurut membesar, maka data terakhir pastilah yang terbesar.
Baca Juga :  Apa Perbedaan Bahasa Pemrograman dan Bahasa Mark Up? | 2021

Oke tanpa basa-basi kita masuk saja pada pseudocode kita yang kita bedakan menjadi 2 yaitu, Bruto Force mencari nilai maksimum dan Bruto Force Mencari nilai Minimum.

Bruto Force Mencari Nilai Maksimum

func FindMax( A[1 . . n] ) : index
     imax = 1
     i = 2
     while i <= n do 
          if A[ i ] > A[ imax ] then
          imax = i 
          endif
     i = i + 1
    endwhile
    return imax

Bruto Force Mencari Nilai Minimum

func FindMin( A[1 . . n] ) : index
     imin = 1
     i = 2
     while i <= n do 
          if A[ i ] < A[ imin ] then
          imin = i 
          endif
     i = i + 1
    endwhile
    return imin

Bagaimana sobat? Sangat mudah sekali bukan?. Disini sengaja dutormasi buat dalam bentuk pseudocode, agar kalian dapat mempelajarinya dan diimplementasikan menggunakannya dengan bahasa pemrograman yang kalian sukai. Semoga adanya artikel ini, dapat membantu kalian mencari nilai maksimum/minimum pada suatu array menggunakan algoritma Bruto Force.

Salam Dutormasi!!