11 Tips Cara Cepat Belajar Komputer untuk Pemula

0
11 Tips Cara Cepat Belajar Komputer untuk Pemula
11 Tips Cara Cepat Belajar Komputer untuk Pemula

Dutormasi.com – Di era sekarang, kalau belum bisa belajar komputer rasanya akan sangat ketinggalan zaman ya, guys? Kalau dulu, kegunaan komputer hanya fokus pada ilmu teknologi saja. Namun, saat ini penggunaan komputer sudah merambah ke berbagai aspek kehidupan manusia. Buat kamu yang masih bingung cara belajar komputer khususnya agar bisa menjadi salah satu skill list di curriculum vitae (CV) kamu nanti, cek artikel ini yuk!

Cara Belajar Komputer untuk Pemula

1. Belajar soal teori komputer dulu

Cara belajar komputer yang pertama adalah kamu harus mempelajari teorinya terlebih dahulu. Walaupun sebenarnya skill dan keahlian untuk bisa menguasai komputer bisa dilakukan secara praktik, tapi pemahaman soal teori harus kamu pelajari juga. Kamu bisa membeli buku untuk panduan belajar komputer dan mempraktikkannya sesuai dengan panduan yang ada. Semakin rajin kamu belajar tentang teorinya, maka semakin bagus.

2. Beli perangkat yang murah untuk belajar komputer

Kamu bisa mencoba untuk membeli komputer yang harganya relatif murah untuk belajar. Biasanya beberapa orang takut menggunakan komputer yang ada karena ada kekhawatiran takut rusak dan mengalami masalah sehingga ada baiknya nih kalau kamu menyediakan komputer dengan harga murah khusus untuk kamu di rumah. 

Baca Juga :  Cara mendaftar Dribbbel (kurang dari 5 menit )

3. Gak boleh takut belajar komputer

Jangan takut untuk mencoba! Kamu harus berani untuk melakukan praktik dan jangan khawatir jika ada kesalahan teknis. Kalau kamu berani mempelajari dan memperhatikan buku panduan dengan tepat, maka kamu bisa mempelajari dengan seksama dan kamu bisa lebih mudah untuk mengerti cara penggunaannya. 

4. Belajar dengan teman

Kamu juga dapat belajar dari teman kamu yang udah biasa menggunakan komputer. Belajar face to face akan lebih menguntungkan buat kamu, karna lebih berleluasa untuk bertanya apa yang menurut kamu kurang dari pelajaran komputer kamu.

5. Belajar dari tutorial di internet dan YouTube

Bisa membuka YouTube dan internet dari smartphone memang gak menjamin kamu paham tentang komputer. Namun, belajar dari YouTube dan internet bisa menjadi salah satu trik belajar komputer. Yang memudahkan adalah kamu bisa melihat tutorial video secara nyata yang ditunjukkan oleh banyak orang agar bisa membantu kamu untuk memahami cara mengoperasikan komputer. Namun, kamu harus tetap selektif dalam mencari tutorial video. Hal ini komputer adalah berkaitan dengan teknologi. So, beda orang, beda cara yang ditujukan.

Baca Juga :  Cara Mudah Install Visual Studio Code di Windows | Terbaru

6. Belajar menguasai sistem operasi

Bukan belajar komputer namanya kalau kamu belum menguasai sistem operasi, khususnya kalau saat menggunakan laptop atau komputer yang sudah canggih. Ada operasi sistem yang diproduksi oleh Microsoft, yang di mana semua komputer ataupun laptop keluaran lama hingga terbaru telah diproduksi oleh sistem satu ini. Kalau kamu ingin mengoperasikan komputer dengan baik, maka kamu harus memahami sistem penggunaan operasi dengan efektif juga.

7. Gunakan web browser

Karena koneksi internet dan pencarian internet merupakan hal yang utama di era sekarang, kamu bisa belajar bagaimana cara mengoperasikan web browser atau mencari sesuatu di website dan menyimpannya. Hal ini bisa jadi salah satu yang oke buat kamu karena jika dalam keadaan darurat, kamu tetap bisa mengerti dan melakukan pencarian di internet.

8. Belajar komputer butuh niat yang kuat

Cara belajar komputer yang selanjutnya adalah kamu harus memiliki niat untuk belajar yang kuat. Kamu juga bisa mencari apa tujuanmu belajar komputer pertama kalinya apakah untuk mempermudah pekerjaan atau agar kegiatan belajar mengajarmu bisa menjadi jauh lebih mudah? Niat yang kuat bisa menjadi semakin kuat kalau kamu selalu bertemu dengan orang-orang yang positif dan selalu mendukung proses belajarmu. 

Baca Juga :  Bootcamp Visualisasi Data di Skill Academy Camp

9. Rajin berlatih setiap harinya

Rajin latihan komputer adalah salah satu cara belajar komputer yang utama nih. Anggapannya sama seperti saat kamu belajar keterampilan lainnya, untuk bisa semakin mahir maka kamu membutuhkan banyak latihan dan rutinitas menggunakan komputer.

10. Mengenal komponen komputer

Kamu harus mulai coba mengenali beberapa komponen komputer yang penting dan harus kamu perhatikan. Adapun komponennya, seperti monitor, processorhard disk, dan sebagainya.

11.Mempelajari software yang biasa ada di komputer

Selain memahami sistem operasi komputer, kamu juga perlu memahami tentang berbagai aplikasi dan software yang biasa digunakan oleh para pengguna. Berbagai software yang ada di komputer bisa membantu kamu untuk mengerjakan hal-hal yang kamu butuhkan. Jadi, pahami terlebih dulu mengenai software sebelum kamu gunakan.