11 HTML Editor Gratis Terbaik di Tahun 2022

0
11 HTML Editor Gratis Terbaik di Tahun 2022
11 HTML Editor Gratis Terbaik di Tahun 2022

HTML editor merupkan software yang digunakan untuk membuat dan mengedit file HTML. Software ini mempermudah programmer dalam proses pembuatan ataupun pengeditan HTML dengan fitur-fitur yang dimiliki, diantaranya adalah autocomplete dan highlight syntax.

Sebetulnya, kita bisa membuat HTML hanya dengan menggunakan Notepad bawaan dari Windows, TextEdit pada Mac atau Gedit pada Linux. Tapi faktanya Notepad, TextEdit dan Gedit tersebut memiliki fitur yang minim dalam mendukung pembuatan HTML. Oleh karena itu, kita perlu menginstall editor lain untuk mempermudah kita saat membuat HTML. Saat ini terdapat banyak software HTML editor yang beredar untuk Windows, Linux, Mac dan Android. Software tersebut dapat digolongkan menjadi 2 tipe yaitu html text editor dan WYSIWYG Editor.

HTML text editor merupakan software yang berbasis teks. Editor inilah yang akan kita gunakan karena kita bisa lebih bebas dan memiliki kontrol penuh dalam membuat HTML. Editor jenis inilah yang digunakan oleh programmer. Lalu apa bedanya dengan WYSIWYG?

WYSIWYG HTML Editor merupakan singkatan dari What You See Is What You Get, yaitu editor yang berbasis visual. Apa yang kamu lihat itulah yang kamu dapatkan. Biasanya HTML editor ini digunakan secara online untuk mengedit tampilan artikel. Kita tidak perlu memahami coding untuk menggunakan editor ini. Editor jenis ini sangat jarang digunakan oleh programmer. Editor ini biasa digunakan oleh para blogger.

11 HTML Teks Editor Terbaik

Saat ini terdapat banyak HTML editor yang dapat digunakan di internet. Tentu sebagai pemula, hal tersebut akan membuat kita bingung dalam memilih editor yang tepat. Untuk mempermudah anda dalam memilih, inilah daftar 11 HTML teks editor terbaik dengan keunggulan masing-masing.

1. Visual Studio Code

Visual studio Code merupakan aplikasi cross platform yang dapat digunakan berbagai sitem operasi seperti windows, Linux, dan Mac OS. VS Code termasuk software yang ringan namun kuat editor sumbernya dengan deskop. Menggunakan berbagai macam bahasa pemprograman seperti Java, JavaSkrip, Go, C++, dan masih banyak yang lainnya. Komponen dari Visual Studio juga sama seperti yang digunakan di Azura DevOps. Visual Studio memiliki lintas platform kode editor yang ringan, dapat digunakan oleh siapa saja untuk membuat atau membangun aplikasi web.

Beberapa kelebihan VS Code :

  • Text editor ini gratis tanpa harus bayar jadi cocok banget bagi kamu yang pelajar atau yang sedang menghemat uang.
  • Buat para web developer plugin emmet merupakan plugin yang sangat membantu karena dapat menghemat waktu dan mempercepat dalam pembuatan sebuah web.Di vs code kamu tidak perlu lagi bingung gimana cara install plugin emmet karena vs code sudah terpasang dengan sendirinya ketika kamu install vs code.
  • Pengelolaan extensions yang sangat mudah sehingga mudah dipahami bagi kamu yang baru memakai vs code.Kamu hanya perlu ke menu ekstensions atau tekan CTRL + SHIFT + X dan pilih ekstensions mana yang mau kamu install atau bisa search di kolom search.
  • Banyak extensions vs code untuk memudahkan pekerjaan contohnya auto rename tag sangat berguna bagi web developer dan masih banyak lagi ekstensions yang dapat mempermudah pekerjaan.
  • Di vs code kamu juga bisa merubah tampilan seperti icon,font atau warna sesuka kamu atau kamu bisa menginstall berbagai tema seperti material theme atau tema lainnya yang kamu sukai.
  • Di vs code sudah terintegrasi dengan git jadi kamu lebih mudah dalam menyelesaikan conflict atau mengetahui mana baris yang berubah atau ditambahkan.Jadi akan lebih memudahkan dalam kerja tim.
  • Di vs code kamu bisa membuat snippet sendiri atau bisa menginstall snippet dari menu ekstensions.
  • Vs code sudah mendukung banyak bahasa seperti c,c++,php,javascript dan masih banyak yang lainnya.
  • Di vs code sudah disediakan fitur autocomplete tentunya untuk memudahkan pekerjaan kamu bisa memunculkan autocomplete dengan menekan CTRL + SPACE maka autocomplete akan muncul.
Baca Juga :  Cara Memasukkan Gambar di Web menggunakan HTML

2. Sublime Text

Sublime Text merupakan suatu text editor yang sering digunakan oleh programmer khususnya seorang web developer. Aplikasi ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi web developer sebagai senjata koding.

Banyak web developer yang menggunakan aplikasi Sublime Text untuk mendukung website Mereka. Warna dari tulisan koding yang sangat variasi dan interaktif tentu sangat menarik. Anda juga dapat mengubah warnanya temanya.

Selain itu, warna koding yang bervariasi dan sangat menarik mampu membuat Anda lebih betah dalam menjalankan proses koding. Selain itu, ada banyak fitur yang tersedia di Sublime Text yang memiliki banyak kegunaan.

Berikut ini beberapa keunggulan text editor Sublime:

  • Adanya multiple selection. Fungsinya yaitu untuk menghasilkan perubahan pada sebuah kode dalam waktu yang sama dan dalam baris yang berbeda. Multiple selection ini juga adalah salah satu fitur unggulan dari Sublime. Anda bisa saja meletakkan kursor pada kode yang akan di ubah / edit, lalu tekan Ctrl + click atau blok kode yang akan diubah kemudian Ctrl + D. Nah, setelahnya Anda bisa merubah kode secara bersamaan.
  • Adanya command pallete. Fitur itu mempunyai fungsi yang berguna untuk mengakses file shortcut dengan gampang. Untuk mencari file tersebut Anda bisa tekan Ctrl + Shift + P , kemudian cari perintah yang memang Anda inginkan.
  • Adanya distraction free mode. Fitur satu ini punya fungsi untuk merubah tampilan layar menjadi penuh dengan menekan SHIFT + F11. Fitur ini sebenarnya memang sangat dibutuhkan ketika Anda ingin fokus pada bagian pekerjaan tertentu yang sedang dikerjakan saja.
  • Adanya find in project. Dalam fitur ini Anda bisa mencari dan membuka file di dalam sebuah project dengan cepat dan mudah. Anda tinggal tekan Ctrl + P dan Anda sudah bisa mencari file yang diingikan.
  • Plugin yang berbasis Python Plugin API. Teks editor ini punya plugin yang sangat beragam dan ini bisa memudahkan Anda dalam mengembangkan software-nya.

3. Atom

Atom adalah salah satu HTML teks editor gratis terbaik yang dikembangkan oleh GitHub dengan lebih dari 8500 paket plugin yang memungkinkan pengguna memperoleh bermacam-macam fitur.

Software ini adalah editor utama yang saya gunakan saat ini. Mengapa? Alasan utama saya adalah karena Atom itu gratis, open source dan ringan. Untuk itu saya akan menggunakan Atom dalam membuat tutorial belajar HTML. Atom tersedia untuk OS Windows, Mac dan juga Linux. Jadi, untuk anda yang menggunakan Mac atau Linux tidak perlu khawatir karena software ini juga bisa diinstall di OS yang anda gunakan.

Berikut ini beberapa keunggulan text editor Atom :

  • Atom merupakan salah satu aplikasi open source alias gratis. Dengan menggunakan Atom Anda tidak akan dituntut untuk membeli lisence product ini dengan tarif tertentu.
  • Dengan menggunakan Atom, Anda sebagai programmer bisa langsung terkoneksi dengan project Anda yang ada di Github. Tentunya jika Anda menginginkannya, Anda sudah harus melakukan instalasi git svn.
  • Atom juga menyediakan banyak theme yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik text editor kesayangan agar Anda tidak bosan saat menulis dan melihat lautan teks coding.
  • Anda bisa dengan mudah melakukan instalasi packages yang Anda butuhkan demi mendukung performa dan kebutuhan Anda sebgai programmer dalam menulis code.
  • Ada juga fitur customize styling yang artinya Anda bebas merubah settingan Atom yang mau Anda pakai, karena pada dasarnya memang atom dibuat menggunakan electron dan javascript, jadi untuk style sama seperti Anda menulis file css.
Baca Juga :  Cara Membuat Web Sederhana Menggunakan HTML

4. Notepad++

Salah satu editor teks yang ringan dan sangat popular di kalangan programmer adalah Notepad++. Software ini hanya berjalan di Windows. Jika Atom dan Sublime Text menggunakan background gelap secara default. Maka notepad++ sebaliknya. Software ini mirip Notepad namun dengan fitur yang jauh lebih banyak. Software ini adalah open source dan gratis.

Kelebihan text editor Notepad++:

  • Notepad++ bisa dibilang sangat ringan sebagai sebuah editing text dan coding text.
  • Link pada Notepad++ aktif dengan notasi http (bukan www ya). Jadi semacam http://xxx.com. Untuk menuju halaman website, Anda tinggal klik 2 kali url tersebut. Jadi, ini sangat bagus untuk Anda yang kapanpun ingin menyimpan bookmark pada file .txt dan sering mengunjungi halaman-halaman bookmark Anda.
  • Pengaturannya juga mudah, misalnya ketika program Notepad++ dijalankan akan langsung terbuka file terakhir yang Anda buka. Dapat di atur juga default directory-nya sesuai dengan keinginan. Misalkan: D:\txt-notes, jadi setiap kali Anda menjalankan Notepad++, dan membuka file txt, Anda tidak perlu bingung mencari-cari lagi file-file txt Anda
  • Fitur word autocompletion pada Notepad++ sebenarnya bagus buat Anda yang suka menulis draft artikel yang bersifat SEO (Search Engine Optimation) friendly. Mengapa? Karena Anda bisa mengetahui apakah sebuah kata kunci yang berkaitan sudah masuk ke dalam draft artikel Anda atau belum
  • Memiliki multi tab sehingga dapat membuka file secara bersamaan.

5. Brackets

Bracket adalah code editor yang secara khusus dikembangkan untuk tujuan web design dan front-end development. Project Brackets ini diusung oleh Adobe secara open source dan dikembangkan secara aktif oleh komunitas web developer dan benar-benar dibuat untuk kebutuhan web development, khususnya web design dan front-end development. So… buat kamu yang suka ngoprek atau ngulik tampilan web, sepertinya ini layak buat kamu coba.

Kelebihan dari Brackets :

  • Live HTML Development Selalu membosankan untuk mereload halaman browser hanya untuk melihat perubahan yang mungkin tidak terlalu banyak. Nah dengan Bracket, Kamu bisa langsung melihat hasil perubahan dari kode yang Kamu tulis bahkan tanpa harus melakukan save terlebih dahulu.
  • JS Debugging dengan Theseus Brackets menggunakan Theseus untuk inspeksi dan debugging Javascript-nya. So… ini akan mempermudah Kamu dalam menginspeksi variable dan control flow bahkan secara asynchronous
  • Linux: New & Improved Saat ini juga telah dikembangkan Brackets untuk LINUX (Debian & Ubuntu).
  • ffective Development Dan yang keren selanjutnya dari Brackets adalah kemampuannya untuk bisa melakukan “Quick Edit”, sehingga kita bahkan bisa melakukan perubahan style dan javascript tanpa harus pindah-pindah dokumen.
Baca Juga :  Cara Membuat Form menggunakan HTML

6. Komodo Edit

Komodo Edit adalah mitra open source dari Komodo IDE. Keduanya berbagi banyak basis kode yang sama, tetapi Komodo IDE berisi fitur yang lebih canggih. Baik Komodo Edit dan IDE mendukung kustomisasi pengguna melalui plugin dan makro. Plugin Komodo didasarkan pada plugin Mozilla dan ekstensi dapat dicari, diunduh, dikonfigurasi, diinstal dan diperbarui dari dalam aplikasi.

7. Netbeans

Netbeans merupakan salah satu software yang sering digunakan dalam dunia programmer atau developer. Bukanlah sebagai teks editor biasa, Netbeans adalah suatu aplikasi IDE atau Integrated Development Environment yang berbasis bahasa Java dan berjalan diatas Swing. Maksudnya Swing disini adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengembangan aplikasi desktop dan dapat berjalan di berbagai macam platform seperti Windows, Mac OS, Linux dan Solaris.

8. AWD

AWD adalah kepanjangan dari Android Web Developer. Ya, seperti namanya, aplikasi editor kode ini dikhususkan untuk para pengembang website. Jika kamu sering ngoding PHP, CSS, JS, HTML, dan JSON, maka AWD sangat cocok kamu gunakan.

Dengan AWD, kamu bisa membuat website langsung dari smartphone android. AWD juga memiliki banyak sekali fitur yang berguna. Mulai dari undo yang tak terbatas, sampai dengan integrasi dengan Git.

9. Coffecup HTML Editor

Sama seperti Sublime Text, Coffeecup adalah software berlisensi free trial yang artinya gratis hanya untuk testing. Jika kita ingin menggunakan selamanya maka perlu membayar sebesar $29 atau sekitar Rp 400000. Coffeecup ini juga memiliki tema HTML yang dapat anda gunakan. Editor ini juga memiliki fitur visual sehingga anda dapat melihat secara live preview halaman yang anda buat secara langsung. Sayangnya Coffeecup hanya tersedia untuk Windows.

10. Bluefish

Bluefish adalah editor teks maju perangkat lunak gratis dengan berbagai alat untuk pemrograman pada umumnya dan pengembangan situs web dinamis. Bluefish tersedia untuk banyak platform, termasuk Linux , Solaris , OS X , dan Windows .Bluefish dapat digunakan melalui integrasi dengan GNOME atau dijalankan sebagai aplikasi mandiri. Bluefish mengisi ceruk pasar antara editor teks biasa dan IDE penuh. Bluefish relatif ringan dan mudah dipelajari, sambil tetap menyediakan banyak fitur lingkungan pengembangan terpadu untuk mendukung pemrograman dan pengembangan situs web. Bluefish telah diterjemahkan ke dalam 17 bahasa.

11. Aptana Studio 3

Aptana Studio 3 adalah salah satu alat pengembangan profesional yang dapat kita gunakan di Ubuntu. Adalah IDE sumber terbuka kompatibel lintas platform yang mendukung berbagai bahasa. Editor Aptana Studio mendukung HTML, CSS dan Javascript. Jika Anda adalah pengembang PHP atau Ruby On Rails, Anda juga dapat membuat kode dengan menambahkan modul masing-masing melalui plugin. Platform yang didukung oleh Aptana Studio termasuk PHP, Ruby On Rails, Python, Aplikasi Web iPhone, dll.

Jadi itulah 11 HTML Editor yang dapat kamu gunakan. Tentunya dari 11 software tersebut memilki kelebihan dan kelemahannya masing masing. Anda dapat memilih editor sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat.

SALAM DUTORMASI!!