Ketika ingin menjadi sesuatu pasti ada langkah-langkah yang yang harus dilalui kan? Termasuk untuk menjadi seorang programmer. Menjadi programmer adalah prospek kerja yang paling banyak dicari saat ini. Untuk belajar menjadi seorang programmer tentunya belajar saja tidak cukup. Butuh step yang tepat untuk meraih itu semua. Ada 4 langkah umum yang biasa dilakukan seorang programmer untuk menjadi programmer yang berkompeten. Berikut kita simak.

1. Pelajari Basic

Pernahkah kalian belajar membuat aplikasi di YouTube tetapi masih bingung dengan apa yang mereka ketikkan di komputer mereka? Jika masih mengalami hal tersebut sepertinya kita perlu untuk mengasah lagi skill basic kita. Ibarat untuk mendirikan sebuah bangunan diperlukan pondasi yang kokoh, menjadi programmer juga dapat diibaratkan seperti itu. Belajar basic dari bahasa pemrograman tersebut mulai dari mempelajari perulangan, tipe data, syntax dan operator-operatornya.

2. Belajar level Intermediate Bahasa Pemrograman

Jika basic sudah mumpuni, kamu bisa lanjut ke level intermediate pemrograman. Pelajari hal baru untuk menambah pengetahuan level pemrograman kamu seperti mempelajari OOP, Lyfe Cicle, Struktur MVC, Struktur Data dan lain lain. Kamu juga dapat mempelajari beberapa framework untuk memudahkan pembuatan program-mu.

Baca Juga :  5 Situs Nonton Film Online Terbaik dan Gratis 2020

3. Membuat Projek

Membuat sebuah proyek tidak hanya untuk mengasah skill programming kita saja. Tetapi dari projek inilah kita dapat secara langsung menyelesaikan masalah yang terdapat dalam program tersebut. Terlebih lagi aplikasi yang telah diselesaikan dapat dijadikan portofolio sebagai Personal Branding kamu.

4. Cari Job ataupun Internship

Sebelum memulai karir di dunia kerja kamu bisa saja mengikuti simulasinya seperti mengikuti program magang atau internship untuk mengasah kemampuan secara nyata di dunia kerja. Dengan mengikuti internship, kita dapat mencoba menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dunia kerja. Program internship juga membuat kita tidak canggung lagi jika ingin langsung terjun untuk bekerja secara real di dunia kerja.

5. Selalu Belajar dan mengikuti perkembangan

Menjadi seorang programmer berarti sudah siap untuk berkomitmen untuk terus belajar tanpa henti. Teknologi yang pesat membuat perkembangan programming juga ikut pesat. Perkembangan programming selalu berkembang seiring perkembangan zaman membuat kita harus semangat untuk belajar memahaminya.