Dutormasi.com – Pernah gak dutors mendengar istilah apa yang dimaksud dengan sistem pendukung keputuan dan sistem pakar? Kalau belum, pada kali ini kita akan menjelaskan perbedaan dari SPK dan sistem pakar, jadi sahabat dutors harus tau dulu nih pengertian dari keduanya.

Yang pertama kita bahas adalah SPK (Sistem Pendukung Keputusan), dalam Bahasa inggirs disebut DSS (Decision Support System). Pengertiannya ialah sebuh sistem komputer yang basisnya pada komputer kemudian dirancang dengan tujuan untuk mempertingii efektifitas dalam mengambil keputusan dari sebuah masalah greader baik sifatnya semi terstruktur maupun kurang terstruktur.

Perlu sahabat dutors ketahui, pada sistem pendukung keputusan ini sudah terkait dengan proses pengambilan keputusan yang spesifik. Apasih yang dimaksud dengan semi terstruktur? Nah begini dutors, masalah semi terstruktur adalah permasalahan yang rumit bahkan mustahil jika harus dilakukan melalui proses kalkulasi secara manual.

Berikut manfaat dari sistem pendukung keputusan:

  1. Bisa membuat alternatif pilihan keputusan yang banyak
  2. Membantu kita dalam merumuskan permasalahan
  3. Dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya
  4. Efektif dari segala sisi
  5. Dan spk lebih diutamakan ialah efektifitas daripada sifat efisien
Baca Juga :  Soal dan Pembahasan Representasi Pengetahuan

Selain adanya spk, ada juga yang disebut dengan sistem pakar. Sistem pakar sering disebut expert system. Pengertian dari sistem pakar ialah sebuah aplikasi komputer yang diciptakan untuk membantu dalam mengambil keputusan atau pemecahan masalah yan lebih men-detail juga spesifik.

Berikut manfaat dari sistem pakar, yang wajib kamu ketahui :

  1. Bisa membuat kualitas sistem lebih meningkat
  2. Membuat output produktivitas dengan tingkat yang lebih tinggi, karena bukan mustahil jika sistem pakar akan lebih cepat dari sistem kerja manusia
  3. Bisa beropertasi dengan mudah dilingkungan yang berbahaya
  4. Bisa mengunci kepakaran yang terbilang terbatas
  5. Akses pengetahuan yang dapat dilalui dengan cara singkat

Untuk manfaat lainnya dari sistem pakar dan sistem pendukung keputusan, dutors dapat mencari lebih banyak referensi lainnya.

Masuk kita ke inti materi pada kali ini, apasih perbedaan sistem pendukung keputusan dan sistem pakar. Setelah mengetahui pengertiannya, dutors perlu tahu perbedaannya agar dapat mengaplikasikan sesuai dengan tata cara pemakaian yang benar. Berikut perbedaannya :

  1. Sistem pendukung keputusan terdiri dari routine yang merefleksikan kepastian manager di dalam cara untuk menyelesaikan masalah. SPK menciptakan masalah, ialah membuat gaya kemampuan managernya sendiri menjadi refleksi. Beda dengan sistem pakar, sistem pakar akan memberikan kesempatan untuk memperoleh kemampuan dalam menciptakan keputusan yang lebih kuat daripada yang manager punyai.
  2. Sistem pakar juga memiliki kemampuan yang dapat menjelaskan jalur penalaran (inferensi) yang dibuntuti pencapaian pemecahan bagian tertentu, penjelasan mengenai seperti ap acara pemecahan terjadi dengan cara yang lebih berguna daripada pemecahan dari bagian itu sendiri.
  3. Perbedaan yang paling dapat dipahami adalah sistem pendukung keputusan memerlukan database sedangkan sistem pakar berasaskan knowledge base.
  4. Sistem pendukung keputusan memakai basis pemodelan sedangkan sistem pakar memakai basis konsultasi.
Baca Juga :  Soal dan Pembahasan Inference Engine

Jadi itulah perbedaan dan hal hal yang bersangkutan dengan sistem pendukung keputusan dan sistem pakar. Semoga dengan adanya materi ini dapat menambah wawasan sahabat dutors.

Semoga bermanfaat dan salam Dutormasi!!!