Dutormasi.com – Website dengan pengunjung yang banyak tentu menjadi tujuan para blogger, apalagi sudah berhubungan dengan adsense. Namun untuk mendapatkan pengunjung yang banyak tidaklah mudah. Sering dari blogger yang sudah banyak membuat konten ternyata pengunjung website tidak kunjung naik juga. Hal ini tentunya karna salah menentukan topik atau keyword (kata kunci)

Apasih itu Google Trends?

Google Trends merupakan sebuah tools dari google untuk melakuakn riset kata kunci yang sering digunakan atau topik hangat yang sedang diperbincangkan. Layanan ini memang dibuat untuk mempermudah marketer untuk membuat konten yang menarik.

Google Trends dirilis pada tahun 2006 dan sampai saat ini masig terus berkembang. Ada beberapa fungsi dan fitur menarik pada Google Trends diantaranya adalah mencari keyword yang banyak dipakai, menampilkan topik yang sedang banyak dibahas, membandingkan performa berbagai keyword dan lain lain. Google trends dapat kamu gunakan secara gratis. Layanan ini juga dapat memberikan informasi tentang apa saja yang orang cari dimesin pencari Google Search.

Baca Juga :  4 Cara Mengembalikan Tab yang Tidak Sengaja Terhapus Tahun 2020

Cara Menggunakan Google Trends

 Susah mendapatkan informasi kata kunci dan ide konten? Goggle trends adalah solusinya. Namun sebelum menggunakan Google Trends ada baiknya jika kamu menentukan terlebih dahulu topik apa yang ingin diambil dan dianalisa.

Dengan menentukan topik lebih awal dapat memfokuskan kamu mencari informasi sesuai dengan topik yang ingin kamu cari.

1. Cara Membuka Google Trends dengan Akun Google

Untuk masuk ke Googe Trends, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Apabila kamu sudah punya, tinggal login saja dan akses Google Trends.

Dibagian awal, kamu akan melihat tampilan contoh peta hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Pada halaman sama, kamu dapat melihat tombol untuk menyaring topik berdasarkan negara, kategori, jenis penelusuran, waktu, web search, news search, google shopping dan youtube search.

Kamu dapat melihat informasi mengenai keyword yang popular dicari setiap harinya di icon sidenav => Penelusuran Trending pada bagian kiri.

2. Cara Mencari Keywords di Google Trends

Untuk mencari keyword apa saja yang berhubungan dengan topik yang kamu cari, kamu bisa menuliskannya ke dalam kolom “Enter Search Term or a Topic” atau “Add a Search Term”

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Mode Layar Terpisah (Split Screen) Android di Semua Smartphone

Nantinya google trends akan melihatkan grafik data berdasarkan negara sesuai dengan lokasi kamu saat itu. Namun kamu juga dapat menyesuaikan dengan lingkup pengambilan data sesuai yang anda perlukan.

3. Cara Menggunakan Google Trends Untuk Membandingkan Keywords

Di google trends ada fitur comparison untuk membandingkan keyword sampai dengan lima keyword yang ingin kamu analisis. Dan fitur ini dapat membandingkan tingkat pencarian antar keyword dalam bentuk grafik, peta wilayah dan kueri yang berhubungan.

Keyword yang kamu analisis juga dapat difilter berdasarkan lokasi, waktu, kategori dan tipe penelusuran.

4. Cara Menggunakan Opsi Pencari Spesifik Google Trends

Google Trends ini tidak hanya dapat digunakan untuk menganalisis tingkat pencarian di Google search saja. Namun kamu juga dapat menganalisis apa saja pencarian yang ada di Youtube. Fitur ini dapat kamu akses pada halaman yang sama, seperti gambar di bawah ini :

Bagaimana Sudah Bisa Menggunakan Google Trends Sekarang?

Meskipun google trends mengalami perubahan dari waktu ke waktu, namun fungsi dasarnya tetaplah sama. Ada banyak insight menarik melalu data-data yang anda dapatkan melalui Google Trends.

Baca Juga :  Cara Cek Lisensi Windows 10 dan Cek Lisensi Windows Versi Apapun !

Semoga dengan artikel ini dapat membantu kamu memahami apa itu Google Trends dan cara menggunakan Google Trends untuk mengembangkan blog dan bisnis anda.