Dutormasi.com -Sistem berbasis aturan melakukan proses reasioning mulai dari fakta awal sampai menuju kesimpulan. Oleh sebab itu dalam proses ini mungkin akan dihasilkan fakta fakta atau kebenaran baru menuju pada penyelesaian masalah. Proses penyelesaian masalah pada sistem berbasis aturan adalah menciptakan sederet kebenaran atau fakta fakta baru yang merupakan hasil dari sederetan proses inferensi sehingga membentuk semacam jalur definisi masalah menuju pada solusi masalah.

Rule based system ini menggunakan modus ponens sebagai dasar untuk memanipulasi aturan dianataranya adalah yaitu :

  • fakta A benar,
  • operasi A -> B benar,
  • maka fakta B adalah benar

Baiklah biar tidak memperpanjang kata kata saya lagi, langsung saja kita menuju ke soal dan pembahasan Rule Base Inference Engine. Untuk itu simaklah soal dan pembahasan dibawah ini secara baik dan teliti agar anda mudah mencerna dan memahami penjelesannya.

SOAL

Ketik program dan pelajari listing program lambung.pl : download listing program DISINI

  1. Lakukan beberapa percobaan dengan menjawab pertanyaan pertanyaan dari program tersebut.
  2. Buat laporan mengenai penjelasan cara kerja program tersebut berdasarkan percobaan yang dilakukan.
Baca Juga :  Perbedaan Metode Greedy, A* dan Simulated Annealing Lengkap dan Terbaru

PEMBAHASAN

Berdasarkan percobaan-percobaan yang telah saya lakukan terhadap program lambung maka di dapatlah kesimpulan bahwa program lambung adalah program yang dapat di gunakan seseorang dengan tujuan untuk mendiagnosa penyakit-penyakit lambung atau penyakit pencernaan dan usus yang mungkin sedang di derita oleh si pengguna program (pasien). Nama- nama penyakit yang tersedia dalam database program lambung ini ada dua puluh (20) penyakit yaitu: maag_kronis, maag_akut, maag_ringan, maag_sedang, gastritis, gastroparesis, gastroenteritis, dyspepsia, tukak_lambung, polip_lambung, gerd, infek_lambung,  asam_lambung, usus_buntu, kolera, sembelit, disentri, masuk_angin, diverticulitis, dan radang_usus.

Penyakit pasien dapat terdiagnosa oleh program lambung jika pasien menggunakan program lambung dengan tepat. Untuk dapat menggunakan program lambung dengan tepat maka perlu untuk mengetahui cara kerja Program lambung. Program lambung memiliki cara kerja seperti di bawah ini:

  1. Tahap awal yang di lakukan program terhadap pengguna adalah mengajukan pertanyaan- pertanyaan tentang apa yang di rasakan oleh pengguna (pasien). Pertanyaan-pertanyaan itu berhubungan dengan kondisi yang di alami oleh pasien pada bagian perut, ulu hati, nafsu makan dan lain lain. Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya akan memiliki jawaban ya/tidak.
  2. Selanjutnya, setelah pasien menjawab semua pertanyaan program dengan jawaban ‘ya/tidak’, maka program akan mencari jenis penyakit yang mungkin di alami oleh pasien yang tersedia dalam database program.
  3. Lalu program akan menampilkan jenis penyakit yang di derita oleh pasien, sesuai dengan jawaban-jawaban yang telah di terima oleh program. Normalnya program akan memberikan hasil diagnosa pasien seperti ini:
Soal dan Pembahasan Rule Base Inference Engine


4. Jika, jawaban-jawaban pasien tidak sesuai dengan satu pun ciri-ciri penyakit yang ada dalam program, maka program akan menampilkan kalimat seperti ini :

Soal dan Pembahasan Rule Base Inference Engine

Atau jika pasien tidak merasakan sakit di bagian mana pun maka program akan memberikan jawaban seperti ini:

Soal dan Pembahasan Rule Base Inference Engine

Demikianlah penjelasan tentang cara kerja program lambung berdasarkan percobaan-percobaan yang telah saya lakukan terhadap program tersebut.

Baca Juga :  Soal dan Pembahasan Inference Engine

Nahhhh. Bagaimana ? apakah anda cukup mengerti dengan pembahasan diatas. Semoga anda bisa mengerti yaaa. Jika merasa postingan diatas bermanfaat bagi anda silahkan anda share keteman teman anda agar mereka juga mendapatkan manfaat dari postingan ini. Mungkin itu saja terima kasih.

DUTORMASI


Dutormasi menyediakan jasa web development, app development, web design, jasa desain, dan menjual produk yang berguna untuk bisnis online anda. Kami memiliki tim profesional pada bidangnya masing-masing untuk membantu mengembangkan bisnis Anda di dunia digital. Silakan hubungi kami atau klik DISINI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.