Dutormasi.com – Kriptografi berasal dari bahasa Yunani yang memadukan 2 kata, yaitu kryptos dan graphein. Kryptos adalah tersembunyi/rahasia, sedangkan graphein artinya menulis. Dari kedua kata tersebut, dapat kita ketahui bahwa secara harfiah kriptografi adalah menulis secara tersembunyi untuk menyampaikan pesan-pesan yang bersifat rahasia atau perlu dijaga kerahasiannya.

4 Film Kriptografi yang Wajib Kamu Tonton | Sinopsis & Review

Kriptografi juga memiliki pengertian lain, diantaranya yaitu plaintext (naskah asli) dan chippertext (naskah di-enkripsi). Ilmu kriptogtafi ini berkembang selaras dengan kemajuan teknologi. Sehingga kriptogtafi dibedakan menjadi dua pemahaman, yakni kriptografi klasik dan kriptografi modern. Kedua pemahaman tersebut dibedakan dari penggunaan perangkat analisis dan pembuat pesan yang bersifar kriptologis.

Untuk memahami bagaimana sih kriptografi itu sebenarnya dalam kehidupan nyata? Maka dari itu, dutormasi akan memberikan beberapa film yang wajib kamu tonton dengan tema kriptografi. Ada 4 film yang wajib kamu tonton, diantaranya adalah : Mercury RisingBeautiful MindDa Vinci Code dan The Imitation Game.

1. Mercury Rising

Mercury rising merupakan film yang menceritakan tentang anak yang bernama simon berkebutuhan khusus (autis) yang memecahkan kode rahasia yang bahkan komputer pun tidak bisa memecahkannya, sehingga anak ini di buru oleh NSA. NSA adalah Badan Keamanan Nasional Amerika atau organisasi intelijen terbesar di seluruh dunia. Pemimpin NSA membuat kode yang super ketat yang bernama MECRUCY demi keamanan negara, yaitu keamanan agen atau spy yang sedang menyamar di berbagai penjuru dunia. Dan tak disangka anak yang berumur 9 tahun memecahkan kode tersebut dan menelepon pelayanan kuis teka-teki untuk mendapat hadiah dari sebuah majalah ternama. Demi keamanan pada sebuah organisasi NSA, Kudrow takut kode tersebut akan tersebar, sehingga mengutus agen agar membunuh anak itu dan orang tuanya. Namun simon yang saat itu bersembunyi di dalam lemari, membuat dia tidak ditemukan oleh agen tersebut, tapi sayang kedua orang tuanya yang tidak mengetahui apa-apa ditembak mati. Seorang agen FBI bernama Art Jeffries dikirim untuk menyeldiki kasus tersebut, dan dialah orang yang menemukan simon yang bersembunyi di dalam lemari. Karena perbedaan tujuan dari seorang FBI Art Jeffries yang ingin menjaga anak tersebut dengan organisasi NSA yang ingin membunuh simon, sehingga terjadi konflik pada film mercury rising ini. Film ini bukan hanya saja menjelaskan kriptografi, tapi juga mengungkapkan kebenaran tentang autisme, bahwa autisme itu hanya bermasalah dengan emosi saja, karna sesungguhnya bisa saja seorang autis menjadi sangat jenius.

2. Beautiful Mind

Film ini diangkat dari kisah nyata yaitu seorang ahli matematika bernama John Nash yang menderita skizofrenia (memiliki halusinasi yang tidak berhubungan dengan dunia sekitarnya). John Nash memiliki kemampuan alami dalam memecahkan kode, sehingga dia direkrut untuk menjadi mata-mata sovyet oleh Wiliam Parcher (orang halusinasi). Namun dengan pekerjaan barunya ini Nash terobesi sampai ia lupa waktu dan hidup di dunianya sendiri. John Nash memang dikenal seorang yang jenius dan dia juga berhasil menciptakan kosep ekonomi sebagai dasar teori ekonomi kontemporer pada saat itu. Dengan konsep ini pula mengantarkan dia meraih gelar doktor, dan membuat Nash diterima menjadi peneliti dan pengajar di MIT. Ada 3 orang tokoh yang menjadi halusinasi John Nash, diantaranya Charles (teman kuliah), Marcee (keponakan charles) , dan Wiliam Parcher (agen sovyet). Sepertiga dari film ini menceritkan perjuangan dari John Nash dalam melawan penyakitnya, dan tentunya dengan dukungan dari istrinya. Akhir cerita Nash mendapatkan penghargaan nobel dalam bidang ekonomi pada tahun 1994, meskipun awalnya dia berpikiran bahwa orang yang memiliki penyakit seperti dia tidak mungkin akan mendapatkan penghargaan bergengsi itu.

3. Da Vinci Code

Film ini berawal dari Jacques Sauniere, kurator Museum Louvre dan Grand Master biarawan Sion, ditembak mati oleh seorang albino yang bernama silas yang berkenginginan menemukan lokasi sebuah barang penting yaitu “batu kunci” dalam pencarian Cawan Suci. Seorang profesor dari Harvard yang bernama Robert Langdon diminta oleh kapten polisi Bezu Fache untuk membantu memecahkan kode rahasia yang ditinggalkan kurator tersebut. Dan ternyata kode tersebut merupakan deret fibonacci yang tidak beraturan. Sophie Neveu, seorang kriptografer kepolisian, menejelaskan ke Robert Langdon, bahwa ia adalah cucu dari Sauniere, dan bahwa Fache menjadikan Robert Langdon sebagai tersangka pembunuhan. Dengan kode tersebut mengarahkan mereka ke kotak simpanan di Bank Penyimpanan Zurich cabang paris, dan mereka menemukan batu kunci yang di cari (sebuah cryptex berupa silinder dengan huruf-huruf). Kemudian Langdon dan Neveu membawa batu kunci tersebut ke rumah Sir Leight Teabing, seorang ahli dalam hal cawan suci. Disana dia menjelaskan kalau piala suci itu bukanlah sebuah cawan tetapi sebuah makam yang berisi tulang tulang Maria Magdalena. Dan kemudian mereka pun menyimpulan bahwa kombinasi dari huruf tersebut adalah “SOFIA”, yakni nama pemberian Neveu. Setelah membuka cryptex tersebut, megarahkan mereka ke makam Isaac Newton di Westmnister Abbey. Saat sampai , terungkap bahwa Teabing adalah guru dari Silas bekerja, dan berharap dapat memanfaatkan piala suci, untuk menetapkan bahwa Yesus menikahi Maria Magdalena dan melahirkan keturunan, untuk menghancurkan Vatikan. Teabing pun menodongkan senjata kepada mereka berdua, namun Langdon diam-diam dapat membuka cryptex tersebut, dan kata sandi yang ditemukan adalah “APPLE”. Pesan terakhir ini memandu mereka berdu ke Kapel Rosslyn, dan mengungkapkan bahwa Neveu adalah keturunan Yesus dan Maria Magdalena.

4. The Imitation Game

Film the imitation game ini mengisahkan seorang pria jenius yang menentukan jalannya perang paling terkenal sepanjang sejarah, dengan berbekal mesin canggih yang diciptakannya. Nama pria ini adalah Alan Mathison Turing, seorang perintis mesin komputer modern, dan membuat Inggris berhasil mengalahkan Jerman pada perang dunia kedua. Latar belakang film ini, kala itu Jerman berada diatas angin, karna pasukan NAZI sangat kuat dan banyak mengalahkan negara besar di daratan. Di tambah ada satu senjata yang membuat mereka tak bisa dikalahkan, namanya adalah mesin Enigma. Mesin ini memiliki kode rumit untuk dipecahkan, enigma digunakan untuk mengirim pesan perintah kepada tentara NAZI, Jerman. Hal ini membuat inggris kebingungan karena pesan yang disampaikan Jerman punya sandi yang sulit diretas, sehingga Inggris terlambat mengetahui apa yang akan dilakukan militer Jerman. Dengan alasan ini, Inggris mengumpulkan beberapa ahli pemecah sandi paling top untuk memecahkan mesin Enigma, dan salah satu yang terpilih adalah Alan Turing. Alan berencana menciptakan sebuah mesin yang dapat memecahkan semua masalah, ia berencana membuat otak elektrik, yaitu komputer digital. Namun mesin yang dia namai christoper ini, tidak dapat menentukan pengaturan Enigma sebelum jerman mengganti enkripsi Enigma setiap hari. Sehingga Alastair memerinthakan anak buahnya untuk memecar Alan, namun tidak jadi dipecat karna dibela oleh timnya. Kemudian suatu saat, alan nongkrong bersama helen yang merupakannya temannya Clark, dia memberitahu bahwa setiap orang Jerma itu ketikannya berbeda sehingga ia merasa aneh katena setiap pesan yang ditermanya berawal dengan kata yang sama setiap harinya. Alan pun akhirnya mendapatkan ide bahwa mesinnya, hanya harus di input dengan kata yang berulang agar bisa ditebak. Dan setelah dinyalakan, ternyata mereka berhasil memecahkan kodenya. Dan perlu diketahui bahwa Alan Turing adalah seorang biseksual, dan menajalani pengebirian kimia selama setahun dan diketagui bahwa Alan Turing bunuh diri pada tanggal 7 Juni 1954. Antara tahun 1886 sampai dengan tahun 1967 , sekitar 49.000 pria homoseksual dihukum karena ketidaksenonohan itu di bawah hukum Britania Raya. Para sejarawan memperkirakan bahwa memecahkan kode Enigma mempersingkat perang selama lebih dari 2 tahun dan juga menyelamatkan lebih dari 14 juta nyawa. Karya Alan Turing ini juga menginspirasi para ilmuwan muda yang menamai karyanya dengan “mesin turing” dan sekarang bisa kita kenal dengan komputer.
Jadi itulah 4 film kriptografi yang dapat kamu tonton. Dari film tersebut, bukan hanya bagaimana kriptografi saja yang kita dapatkan, namun ada banyak pesan moral yang kita dapatkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih!!
Salam Dutormasi!!
Baca Juga :  Game Engine Terbaik Untuk Developer Game | 2021